Banyak yang berpikir bahwa memiliki rumah minimalis lebih banyak keuntungannya. Manfaat rumah minimalis sederhana ternyata juga berdampak bagi kesehatan penghuninya. Memiliki rumah minimalis sederhana juga lebih mudah diatur. Selain itu dengan desain yang tepat untuk rumah minimalis, maka daftar perabot yang ada dalam sebuah ruangan juga bisa lebih ringkas.

Sedangkan ruangan lainnya disetting agar lebih lapang untuk menimbulkan efek rileks, dan tidak membuat sesak. Ruangan ini juga akan memberi banyak nafas segar untuk penghuni rumah, dan menghindari berbagai virus penyakit akibat debu yang menempel di perabotan.

Tinggal di rumah minimalis ternyata juga mampu membuat penghuninya lebih positive thinking. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa otak bereaksi positif terhadap hal yang bersifat simetris. Maka dari itu, keseimbangan rumah dipastikan menjadi penentu reaksi otak penghuninya.

Selain itu jika rumah terlihat rapi dan bersih, otomatis anggota keluarga akan merasa tenang dan betah di dalamnya. Salah satu kunci utama untuk interior rumah minimalis adalah pencahayaan. Karena instalasi lampu yang benar bisa membuat perasaan pemilik rumah lebih santai.

Hunian yang praktis dan sederhana kini semakin banyak diminati. Dibandingkan rumah yang mewah dan megah, sebagian besar masyarakat lebih memilih rumah dengan gaya minimalis ini. Rumah minimalis juga banyak digemari masyarakat yang tinggal di pusat kota. Ada banyak alasan mengapa para pengembang ataupun masyarakat menggunakan konsep minimalis.

Keuntungan memiliki rumah minimalis
Satu di antara kelebihan dan kekurangan rumah minimalis ini adalah cukup membutuhkan luas tanah yang tak begitu besar. Namun, hunian ini bukan hanya sekadar minim dan kecil saja, berikut sejumlah kelebihan dan kekurangan rumah minimalis:

Kelebihan rumah minimalis yang pertama adalah lebih hemat biaya, karena konsepnya yang sederhana namun tetap menarik, sehingga tak memerlukan perabotan mewah. Anda cukup mengisinya dengan ornamen-ornamen sederhana yang menarik dan elegan.

Aspek yang ditekankan dari rumah minimalis adalah desain eksterior atau bentuk rumahnya saja, juga bukan dari ornamen atau interior megah seperti rumah mewah di kompleks-kompleks hunian elit. Pastinya rumah minimalis cocok buat yang tidak memiliki banyak uang dalam membangun rumah, namun ingin tetap elegan.

Keuntungan rumah dengan konsep minimalis ini adalah bisa diatur dengan mudah. Perlu kemampuan khusus dalam menata ruangan agar tidak terlihat sempit dan berantakan. Karena itu desain rumah minimalis hanya memanfaatkan barang-barang yang simpel dan praktis, dibandingkan barang-barang yang berukuran besar dan sulit untuk dipindah.

Tidak perlu repot membersihkan rumah minimalis
Dengan rumah yang ukurannya tidak terlalu besar, tentu Anda tidak akan cepat lelah saat membersihkannya. Bayangkan jika rumah Anda berukuran besar dan luas, apalagi jika rumah tersebut bertingkat. Tenaga Anda pastinya akan cepat terkuras jika membersihkannya sendiri tanpa dibantu asisten rumah tangga. Selain tidak perlu repot saat membersihkannya, Anda juga tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk membenahi rumah.

Kelebihan rumah minimalis lainnya adalah biaya perawatannya yang murah. Dengan lebih sedikitnya ruangan yang dibersihkan, Anda tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk membeli peralatan-peralatan pembersih. Selain itu, Anda juga tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk memperbaiki perabot yang rusak dan menambahkan berbagai dekorasinya. Tidak hanya dalam hal perawatan barang-barang, biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan serta renovasi rumah pun lebih minimalis.

Rumah minimalis lebih mudah dijual
Rumah kecil akan lebih mudah terjual karena harganya yang murah dan terjangkau oleh orang-orang kebanyakan. Apalagi rumah dengan desain minimalis masih menjadi favorit banyak orang. Selain itu, alasan-alasan di atas seperti biaya untuk membayar listrik, air, dan perlengkapan lainnya juga lebih minimalis dan tidak bikin boros biaya.

Beberapa Kekurangan Rumah Minimalis
Setelah mengetahui beberapa manfaat dan kelebihannya, kini kita bahas apa saja yang menjadi kekurangan rumah minimalis. Yang pertama adalah rumah minimalis hanya bisa digunakan untuk keluarga kecil. Karena luas tanah yang tak begitu luas, rumah hunian ini cocok bagi yang masih single ataupun keluarga kecil. Rumah model ini hanya cocok untuk keluarga kecil yang terdiri ayah, ibu, dan satu atau dua anak saja.

Kekurangan rumah minimalis adalah hanya dilengkapi dengan beberapa kamar saja. Rumah yang tidak terlalu besar juga membuat Anda tidak bisa membuat banyak kamar. Karena jumlah anggota keluarga tentu saja akan mempengaruhi jumlah kamar yang dibutuhkan.

Kekurangan lainnya dari rumah minimalis adalah Anda dituntut untuk mampu mengatur furnitur dengan baik. Jika kurang jeli dalam mengatur perabot dan furniture rumah, rumah akan terasa sempit. Jadi hunian ini tidak cocok bagi Anda yang kurang bisa mengatur atau menata ruangan. Ketika seharusnya rumah sederhana dan terlihat elegan, ia malah terkesan kaku, sempit dan membosankan. Anda juga tak bisa sembarang memilih perabot, semisal ukurannya harus disesuaikan dengan ruangan. Dari beberapa kelebihan dan kekurangannya, semoga Anda bisa menentukan pilihan matang sejak awal membeli rumah. (*)