1. Model Desain Rumah Bali di Era Modern

Desain rumah Bali bisa diaplikasikan dengan mudah pada era modern saat ini. (Foto: Niara Space)
Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam budaya dan cukup populer di mata dunia. Menjadi tempat wisata yang mendunia, membuat segala aspek budaya semakin dikenal masyarakat. Jika berkunjung ke sana, tentu Anda akan menembukan bangunan rumah bali yang sangat khas. Desain arsitektur itu mengadopsi budaya Bali yang berasal dari agama Hindu.
Budaya itu bisa diterapkan tidak hanya dalam cerminan kehidupan, tetapi juga dalam arsitektur bangunan. Di era modern ini, tidak semua orang ingin mengubahnya benar-benar modern. Banyak yang mengadopsi desain tradisional dengan modern karena beberapa faktor, misalnya nilai filosofis bangunan, penggunaan material alami, dan suasana yang didapatkan.
Tidak heran, mulai banyak arsitektur rumah bali yang diterapkan dalam bangunan rumah. Tentu saja dipadukkan dengan gaya modern saat ini. Misalnya, penggunaan gerbang pintu berukiran bali atau batu alam yang ditempel pada fasad depan rumah. Apapun itu, segala unsur budaya di dalam rumah adat bali bisa Anda terapkan dengan gaya modern.
Cara Jual Rumah dalam Waktu Singkat

2. Ciri Khas Arsitektur Bali

Ciri khas arsitektur Bali sangat kental dan bisa dibedakan dengan mudah oleh desain arsitektur lainnya. (Foto: Pinterest)
Arsitektur Bali dibuat dengan berdasarkan prinsip yang memiliki nama Tri Hita Karana. Prinsip tersebut Memiliki tiga poin penting, yakni dimulai dari menjaga relasi yang baik antara manusia dan Tuhan, antara manusia dengan alam sekitar, dan antara manusia dengan manusia lainnya untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia. Prinsip Tri Hita Karana diaplikasikan pada seluruh bagian kehidupan masyarakat Bali, salah satunya adalah arsitektur. Prinsip tersebut bisa dilihat dari adanya tempat di rumah seperti natah dan pamerajan sebagai tempat yang digunakan untuk beribadah.
Tentu memiliki rumah dengan nilai-nilai filosofis yang berkesinambungan dengan alam bisa menciptakan harmonisasi hunian Anda. Tidak kaku dan terbatas, justru Anda bisa menerapkan gaya tradisional rumah bali di tengah modernisasi saat ini. Untuk mengetahui lebih lengkap ciri khas arsitektur Bali, di bawah ini adalah penjelasan lengkap yang bisa Anda ketahui:
  • Salah satu karakter dari arsitektur desain rumah Bali yang bisa langsung Anda kenali adalah adanya sebuah Angkul-Angkul. Angkul-Angkul ini merupakan sebuah gerbang rumah adat Bali yang memiliki desain megah dan sangat menarik untuk dilihat. Secara spiritual, Angkul-Angkul dipercaya dapat menangkal berbagai bentuk ilmu hitam dan gangguan dari roh jahat yang ingin masuk ke dalam rumah.
  • Desain arsitektur rumah Bali lainnya, yaitu memiliki halaman yang luas. Halaman rumah merupakan sebuah aspek penting karena bisa membentuk keharmonisan yang baik bagi rumah.
  • Berdasarkan filosofi yang kuat maka otomatis pembagian ruangan di rumah akan menjadi tiga buah tingkatan. Bagian utama dari rumah disebut sebagai kepala, bagian tengahnya disebut sebagai madya, dan bagian belakang atau kotor akan disebut sebagai nista.
  • Bangunan dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami supaya terlihat menyatu dengan alam dan tampak lebih menarik untuk dilihat. Umumnya, terdapat beberapa bagian rumah yang dibuat dengan menggunakan batu gunung, seperti pada pondasinya. Selain itu, Anda juga akan menemukan bagian rumah lainnya yang terbuat dari kayu dan bambu. Kedua ini memiliki makna khusus yakni supaya tercipta keharmonisan antara alam dengan manusia.

3. Tips Membangun dan Desain Rumah Bali yang Modern

Apabila Anda tertarik untuk membuat arsitektur desain rumah bali pada hunian Anda, tentu ada hal-hal yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya berupa desain, namun juga aspek bangunan lainnya. Inilah tips membangun desain rumah Bali yang modern.
  • Rumah Bali dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba membuat rumah material utama alami, seperti kayu dan bambu. Untuk pondasi rumah, gunakanlah batuan alam untuk melengkapi tampilan dari rumah tersebut.
  • Dalam rumah Bali, umumnya Anda akan menemukan bahwa rumah tersebut memiliki sistem ventilasi yang baik. Anda bisa membangun sebuah rumah dengan jendela yang berukuran besar dan memanfaatkan bagian dalam rumah yang tidak menggunakan plafon supaya udara bisa mengalir dengan lebih baik.
  • Rumah Bali biasanya memiliki sebuah Angkul-Angkul yang terdapat pada bagian depan rumah. Anda bisa membuat sebuah pagar dan membangun Angkul-Angkul yang bisa digunakan sebagai pintu masuk ke dalam halaman rumah Anda.
Bali merupakan salah satu wilayah dengan suasana yang indah dan tenang. Apabila Anda tertarik untuk tinggal di Bali dengan suasananya yang tenang tersebut. Cek pilihan properti status hak milik di Bali berikut ini yang bisa Anda miliki.

Tips Rumah.com

Rancanglah rumah Bali yang modern tanpa mengurangi nilai-nilai tradisional yang ada.

4. Lima Contoh Model Desain Rumah Bali

Angkul-Angkul terdapat pada bagian depan dari sebuah rumah Bali. (Foto: Kintamani)
Membangun rumah modern dengan menerapkan desain rumah Bali adalah hal yang bisa Anda coba lakukan. Sebuah rumah bisa menjadi terlihat sangat unik apabila Anda menerapkan desain yang berbeda dari rumah orang lain di sekitar. Di bawah ini adalah lima contoh model desain rumah Bali yang bisa Anda jadikan referensi terbaik:

1. Desain Rumah Bali dengan Atap Tinggi dan Frame Kaca dari Kayu

Rumah Bali bisa dibuat dengan model atap tinggi dan memanfaatkan frame kaca dari kayu. (Foto: Bramble Furniture)
Salah satu kelebihan dari desain rumah Bali adalah fleksibilitasnya. Keluwesan desain rumah bali bisa mudah menyesuaikan dengan desain modern yang ada saat ini. Anda bisa merancang supaya bagian belakang rumah memiliki pintu kayu kaca sebagai pengganti tembok. Desain ini membuat rumah menjadi lebih luas dan udara bisa mengalir dengan baik ke dalam rumah. Jadinya, rumah menjadi sejuk dan segar.

2. Desain Rumah Bali Modern dengan Memanfaatkan Tembok Kayu

Rumah bali biasanya memiliki tembok yang terbuat dari kayu. (Foto: Arsitag)
Apabila Anda tertarik untuk memperkuat kesan natural pada rumah, maka Anda bisa membangun tembok dengan menggunakan kayu ini. Kombinasikanlah tembok yang dipasangi bilah-bilah kayu untuk menciptakan kesan tradisional dalam rumah Anda.

3. Desain Rumah Bali Tradisional dengan Menggunakan Tembok Bata Merah

Gabungkan nuansa rumah modern dan tradisional dengan menggunakan tembok bata merah. (Foto: Deagam Design)
Tembok bata warna merah adalah salah satu desain tradisional rumah Bali yang bisa Anda coba terapkan pada rumah modern saat ini. Supaya terlihat menarik, Anda bisa memadukan tembok bata tersebut dengan pintu kayu agar lebih tradisional.

4. Desain Rumah Bali dengan Pagar Angkul-Angkul Modern

Anda bisa membuat sebuah Angkul-Angkul yang memiliki desain modern pada rumah tinggal Anda. (Foto: Kuisi)
Anda tidak perlu bingung bagaimana cara mengkombinasikan desain Bali tradisional dengan desain modern saat ini. Salah satu ciri khas dari desain rumah Bali adalah terdapat Angkul-Angkul pada pintu masuk utama ke dalam halaman rumah. Manfaatkanlah Angkul-Angkul tersebut, Coba ubah desainnya supaya terlihat modern dan minimalis tanpa mengurangi nilai tradisional yang ada.

5. Desain Rumah Bali Modern dengan Halaman Belakang Luas

Rumah Bali selalu memiliki halaman yang luas dan indah dilihat. (Foto: Furnizing)
Rumah Bali biasanya dibuat dengan memiliki halaman yang luas. Namun, tidak semua orang bisa memiliki halaman yang luas di rumahnya. Jika Anda memiliki lahan halaman yang cukup luas, cobalah membuat bagian belakang lebih terbuka. Caranya dengan memanfaatkan jendela kayu besar yang bisa dilipat atau pintu geser. Akan lebih alami jika dikombinasikan dengan lantai kayu. Rumah dengan konsep terbuka ini bisa menciptakan suasana sejuk dan alami yang menghubungkan ruang keluarga dengan area outdoor rumah.
Itulah 5 desain rumah bali yang modern, lengkap dengan ciri khas arsitekturnya yang bisa Anda coba terapkan pada hunian Anda kelak.