Tips Renovasi Rumah Minimalis Hemat Biaya

Renovasi tak hanya dilakukan ketika ada kebutuhan menambah ruangan atau ada bagian-bagian rumah yang mengalami kerusakan disebabkan faktor usia atau musibah saja. Banyak pemilik rumah yang menjadikan kegiatan renovasi sebagai agenda berkala menjelang tahun baru atau hari raya. Rumah memiliki masa guna yang panjang, oleh karena itu renovasi juga sering dilakukan sebagai bagian dari upaya perawatan. Agar renovasi rumah minimalis berjalan efektif dan hemat biaya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Simak pembahasan selengkapnya.

Memahami Konsep Rumah Minimalis

Sebelum melakukan renovasi rumah minimalis, pahami dulu konsep rumah minimalis. Rumah jenis ini berbentuk geometris dan menggunakan dekorasi sederhana. Material dan struktur bangunan juga bersahaja tanpa mengurangi esensi dan keindahan bangunan. Bagian interior rumah minimalis pun biasanya menerapkan tata letak sederhana dan minim fungsi. Sementara untuk pemilihan warna didominasi warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu.

Tips Merenovasi Rumah Minimalis

Merenovasi rumah minimalis tidak jauh berbeda dengan rumah dengan konsep lainnya. Semuanya berkaitan dengan anggaran yang harus digunakan semaksimal mungkin. Supaya proses renovasi berjalan sesuai keinginan dan tidak melebihi bujet, lakukan hal-hal berikut.

1. Rencanakan dengan Matang

Buatlah perencanaan dengan cara menghitung estimasi bujet, mencatat material-material yang diperlukan beserta harganya, serta furnitur yang diperlukan. Hal ini untuk mengantisipasi bujet membengkak di tengah proses renovasi. Selanjutnya, tentukan ruangan atau bagian mana yang diutamakan untuk direnovasi. Bila perlu, konsultasikan dengan arsitek untuk mendapatkan saran renovasi terbaik bagi rumah Anda.

2. Gunakan Pembayaran Secara Borongan

Jika rencana renovasi sudah jelas, lebih baik gunakan pembayaran secara borongan daripada harian. Membayar secara borongan, Anda tidak akan dibebani biaya harian pekerja seperti makan, minum, dan rokok.

3. Membeli Furnitur dengan Cermat

Sebelum membeli furnitur, buatlah perbandingan harga dari beberapa toko. Usahakan mencari furnitur dengan harga lebih murah supaya menghemat anggaran. Tidak ada salahnya juga membeli furnitur bekas yang masih bagus. Jangan lupa juga, sesuaikan furnitur dengan desain dan tema yang Anda inginkan supaya hasilnya serasi.

4. Maksimalkan Tempat Penyimpanan

Salah satu aspek penting dalam renovasi rumah minimalis yaitu tempat penyimpanan yang dimanfaatkan semaksimal mungkin. Misalnya, di ruang keluarga Anda bisa memilih sofa yang dapat dibuka untuk menyimpan bantal duduk di dalamnya atau rak buku yang bisa difungsikan sekaligus sebagai sekat ruangan.

5. Pilih Material Berkualitas

Material yang berkualitas memang harganya lebih mahal. Namun, untuk jangka panjang ternyata bisa menjadikan Anda lebih hemat karena tidak harus sering menggantinya. Untuk bagian eksterior carilah material yang tahan hujan dan panas, sedangkan bagian interior pilih cat dinding yang dapat dibersihkan dengan mudah dan keramik lantai yang tidak gampang pecah.