Contoh Desain Rumah 3 Kamar Tidur

Sumber: pinterest (mungfali.com)

Contoh desain rumah 3 kamar tidur adalah model yang paling pas jika berbicara tentang penataan interior kali ini. Seperti yang terlihat pada contoh, Anda bisa membangun hunian dua lantai dengan elemen ruangan yang lengkap mulai dari ruang tamu, ruang makan, dapur, ruang keluarga, hingga penghijauan dalam hunian.

Desain Rumah 3 Kamar Sederhana

Sumber: pinterest (wajibbaca.com)

Model umum pada gambar desain rumah 3 kamar sederhana adalah dengan menempatkan ketiga kamar tidur serta dapur, ruang makan, ruang tamu, hingga carport pada satu lantai seperti gambar di atas.

Bangunan yang kurang lebih memiliki luas 102 meter persegi tersebut bisa Anda tiru untuk membangun rumah dengan anggota keluarga yang sedikit. Tiga kamar yang ada dalam hunian bisa Anda manfaatkan sebagai kamar tidur utama, anak pertama, dan anak kedua.

Jika Anda melihat pada contoh, penataan yang tepat masih bisa menghasilkan sisa halaman untuk digunakan sebagai ruang terbuka di lingkungan rumah. Coba bagi rata antara lahan kosong pada sisi depan dan belakang rumah. Anda bisa membuat taman kecil sebagai hiasan fasad dan taman belakang untuk menanam tumbuhan hiasan rumah.

Desain Rumah 3 Kamar 2 Kamar Mandi dan Kamar ART

Sumber: pinterest (lingkarwarna.com)

Selanjutnya adalah desain rumah 3 kamar 2 kamar mandi. Pada dasarnya penambahan ruang dalam hunian adalah pilihan masing-masing penghuni. Namun ada baiknya tetap memperhatikan keseimbangan fungsi antar ruang yang ada.

Kalau dalam satu rumah terdapat tiga kamar yang sengaja dibangun untuk masing-masing anggota keluarga, pastikan ruangan lainnya juga cukup digunakan untuk kebutuhan mereka. Misalnya dengan menyiapkan dua kamar mandi. Sehingga setiap anggota tidak perlu mengantri.

Di samping itu, jika Anda perhatikan dalam contoh ada satu kamar tambahan di belakang rumah. Ruangan itu biasanya difungsikan sebagai kamar ART. Hal ini menunjukkan bahwa desain rumah 3 kamar sebelumnya bisa dengan fleksibel Anda tambahkan ruangan tambahan.

Desain Rumah 3 Kamar 2 Lantai

Sumber: pinterest (mungfali.com)

Bagi sebagian orang mungkin penataan ruang dalam memenuhi kebutuhan tiga kamar dalam hunian masih sulit. Karena itu, coba pilih alternatif dengan membangun hunian berlantai dua seperti contoh yang satu ini.

Pada lantai pertama, Anda bisa menyusun kebutuhan ruang dengan leluasa tanpa harus repot menyisakan lahan untuk pembangunan kamar. Dengan kata lain, ruang di sisi samping garasi sifatnya opsional saja.

Kemudian lantai dua yang luas bisa dimanfaatkan untuk membuat kamar utama dan kamar anak lengkap dengan walk-in closet dan kamar mandi dalam. Jadi, privasi dari masing-masing anggota keluarga akan lebih terjaga. Dengan menerapkan teknik ini, setiap ruangan yang ada dalam rumah juga akan terasa lebih lega.

Contoh Desain Rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola

Sumber: leofurniture.net

Desain rumah 3 kamar juga bisa dibuat dengan menambahkan tempat ibadah. Seperti contoh desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola yang Anda lihat pada gambar di atas. Tanpa mengurangi lahan hijau dan kebutuhan ruang lainnya, mushola berukuran kurang lebih delapan meter persegi bisa Anda taruh di antara kamar tidur anak satu dan dua.

Tetapi bagaimana dengan tempat untuk berwudhu? Coba menuju sumber air terdekat dengan mushola, misalnya pada kamar mandi terdekat atau pada teras kebun. Atau jika Anda ingin lingkungan rumah lainnya tetap kering, coba sisakan sedikit lahan mushola untuk menaruh kran wudhu tersebut.

Desain Rumah 3 Kamar 1 Lantai

Sumber: pinterest (lingkarwarna.com)

Bagaimana dengan desain rumah 3 kamar 1 lantai lainnya? Anda bisa memilih opsi seperti contoh gambar di atas. Penataan rumah 1 lantai pada umumnya lebih simple. Salah satunya dengan menaruh ketiga kamar tidur segaris pada satu sisi yang sama pada rumah Anda.