Pertimbangan Membeli Rumah bagi Milenial dan Keluarga Muda

Pertimbangan Membeli Rumah bagi Milenial dan Keluarga Muda | Foto artikel Arsitag

Rumah mungil untuk keluarga muda, karya Erwin Kusuma, via Arsitag
Sudah siap membeli rumah impian? Tunggu dulu, jangan terburu-buru. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui beberapa pertimbangan membeli rumah agar tidak salah dan menyesal di kemudian hari.

Apa saja sih pertimbangan membeli rumah yang perlu Anda perhatikan? Simak tips-tips berikut ini!

 

Tujuan Membeli Rumah
Pertimbangan dalam membeli rumah sesuai dengan tujuan, foto oleh Maria Ziegler, via Unsplash

Pertimbangan dalam membeli rumah sesuai dengan tujuan, foto oleh Maria Ziegler, via Unsplash
Apa tujuan utama Anda membeli rumah? Apakah untuk ditempati bersama keluarga, sebagai bentuk investasi, untuk dijual kembali, atau untuk disewakan? Tujuan yang berbeda akan berpengaruh besar dalam pemilihan rumah.

Untuk rumah yang ditempati, Anda dapat lebih bebas memilih dan menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan pribadi. Namun, untuk rumah yang akan dipergunakan sebagai investasi, Anda perlu memperhatikan prospek dan peluang jangka panjang.

Bila rumah tersebut akan disewakan kembali, sangatlah penting untuk memilih hunian di area yang dekat dengan pusat bisnis, sekolah, kampus, dan area perkantoran dengan tingkat permintaan yang tinggi.

 

Budget yang Tersedia
Hunian bergaya modern kontemporer sebagai salah satu pilihan tipe rumah, karya DP+HS Architects, via Arsitag

Hunian bergaya modern kontemporer sebagai salah satu pilihan tipe rumah, karya DP+HS Architects, via Arsitag
Tidak bisa disangkal, ketersediaan budget merupakan pertimbangan membeli rumah yang paling utama. Oleh karena itu, hitung terlebih dahulu berapa besar budget yang Anda miliki. Dari perhitungan tersebut, Anda bisa mencari jenis atau tipe-tipe hunian yang sesuai dengan dana yang ada.

Lokasi Hunian
Akses jalan yang mudah sebagai pertimbangan dalam pembelian rumah, foto oleh Neal E. Johnson, via Unsplash

Akses jalan yang mudah sebagai pertimbangan dalam pembelian rumah, foto oleh Neal E. Johnson, via Unsplash
Pertimbangan membeli rumah selanjutnya adalah lokasi. Aspek ini sangat berpengaruh terhadap harga hunian itu sendiri. Lokasi yang strategis, berada di kawasan elit, atau berada di tengah-tengah kota besar tentu saja akan jauh lebih mahal dibandingkan hunian di daerah pinggiran.

Pertimbangkan juga lokasi hunian dengan tempat kerja Anda. Bagaimana dengan layanan fasilitas publik seperti sekolah, rumah sakit, ataupun pusat perbelanjaan? Apakah lokasi hunian mudah untuk dikses? Bagaimana dengan sarana transportasi publik yang tersedia di sekitarnya?

Pertimbangan membeli rumah ini jangan diabaikan begitu saja demi faktor kenyamanan Anda dan keluarga di masa yang akan datang.

 

Developer Hunian
Hasil karya developer dalam bentuk rumah bergaya tropis, karya Bitte Design Studio, via Arsitag

Hasil karya developer dalam bentuk rumah bergaya tropis, karya Bitte Design Studio, via Arsitag
Untuk alasan kemudahan, sebagian besar orang memilih menggunakan jasa developer untuk mendapatkan hunian impian. Dalam hal ini, sangat penting bagi Anda untuk memilih developer terpercaya dengan latar belakang yang jelas.

Sebelum membeli rumah dari developer, kumpulkan informasi perihal developer tersebut dari berbagai sumber untuk memastikan bahwa developer itu mampu menjalankan tugas mereka dengan sebaik-baiknya dan tidak berniat melakukan penipuan.

 

Sistem Pembayaran
Penggunaan KPR umum dipergunakan untuk membeli rumah di area perumahan, foto oleh Artistic Operations, via Pixabay

Penggunaan KPR umum dipergunakan untuk membeli rumah di area perumahan, foto oleh Artistic Operations, via Pixabay
Pertimbangan membeli rumah selanjutnya adalah perihal sistem pembayaran. Anda bisa membayar lunas atau memilih cicilan kredit pembayaran rumah (KPR). Proses pengajuan KPR membutuhkan waktu tersendiri, jadi pastikan Anda melakukan pengajuan jauh hari sebelumnya.

Satu hal lagi yang berkaitan dengan sistem pembayaran ini adalah uang muka. Anda perlu menyiapkan dana sebagai uang muka pembelian rumah. Besaran uang muka ini bervariasi di berbagai tempat, namun umumnya berada di kisaran 10% dari harga hunian.

Bila Anda memilih KPR, lakukan riset terlebih dahulu dengan beberapa bank yang menawarkan jasa KPR. Dengan begini, Anda dapat memilih bank dengan sistem KPR yang paling sesuai dengan kemampuan finansial serta pilihan tenor yang tepat dengan kondisi Anda.

Cobalah menggunakan hitungan simulasi online yang disediakan oleh bank penyedia jasa KPR, seperti salah satu contohnya simulasi perhitungan KPR BTN ini.

 

Legalitas dan Kelengkapan Dokumen
Kelengkapan dokumen wajib menjadi pertimbangan pembelian rumah, foto oleh Kindel Media, via Pexels

Kelengkapan dokumen wajib menjadi pertimbangan pembelian rumah, foto oleh Kindel Media, via Pexels
Legalitas dan kelengkapan dokumen dari hunian yang akan dibeli merupakan poin penting yang tidak boleh Anda abaikan, utamanya untuk pembelian rumah yang tidak baru. Kelengkapan dokumen merupakan bentuk legalitas yang menyatakan bahwa hunian tersebut tidak memiliki masalah dari segi kepemilikan, penggunaan, ataupun dari aspek lainnya.

Material dan Kesehatan Rumah
Desain hunian bergaya industrial dengan banyak kaca untuk akses cahaya matahari agar ruangan terlihat terang dan sehat, rumah karya Antony Liu + Ferry Ridwan/ Studio TonTon, via Arsitag

Desain hunian bergaya industrial dengan banyak kaca untuk akses cahaya matahari agar ruangan terlihat terang dan sehat, rumah karya Antony Liu + Ferry Ridwan/ Studio TonTon, via Arsitag
Pemilihan bahan konstruksi sebagai material hunian menjadi faktor pertimbangan membeli rumah selanjutnya. Hal ini bukan hanya berkaitan dengan kualitas bangunan, namun juga dengan faktor kesehatan penghuninya nanti. Pastikan untuk menggali informasi ini sebelum Anda melakukan pembelian.