Ukuran kolam renang umum

Ukuran kolam renang umum Ukuran kolam renang umum tentunya bisa jauh lebih besar dari ukuran kolam renang rumah. Secara umum, kolam renang untuk publik memiliki ukuran lebar dan panjang minimal 5 x 25 meter dengan kedalaman mulai 1-4 meter disesuaikan dengan tujuan pengguna kolam.

Ukuran kolam renang standar nasional

Ukuran kolam renang standar nasional Di Indonesia sendiri memiliki beberapa ukuran kolam renang standar yang terbagi dua, yaitu standar nasional dan internasional. Untuk kolam renang standar nasional biasanya dipergunakan untuk sarana pertandingan olahraga akuatik. Ukuran kolam renang standar nasional ini berdasar atas Peraturan Menteri Pemuda Republik Indonesia No.0636/2014. Berikut adalah spesifikasinya:

Spesifikasi Keterangan
Ukuran resmi 50 m x 21 m
Kedalaman kolam 1,35 m – 3 m
Jumlah lintasan 8
Suhu air 25 – 28°C

Ukuran kolam renang standar internasional

ukuran kolam renang standar nasional Berbeda dari standar nasional, ukuran kolam renang standar internasional memiliki skala yang lebih lebar. Ada dua dasar yang bisa dipakai, yakni standar Permenpora dan standar FINA atau Federasi Renang Internasional, berikut detailnya:

Spesifikasi Keterangan
Ukuran resmi (Menpora) 50 m x 26 m
Ukuran kolam ( aturan FINA) 50 m x 25 m
Kedalaman kolam 3 m
Jumlah lintasan 10
Suhu air 25 – 28°C

Ukuran kolam renang di rumah

ukuran kolam renang dirumah Kolam renang di rumah disiapkan untuk kalangan lebih terbatas dengan skala yang lebih sedikit. Ukuran kolam renang rumah minimalis biasanya beradaptasi dengan luas lahan yang dialokasikan untuknya. Semakin besar ukuran lahan yang tersedia, maka ukuran kolam renang rumah juga akan semakin besar. Ada beberapa tipe kolam renang rumah yang disesuaikan dengan penggunanya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Ukuran kolam renang pribadi

ukuran kolam renang pribadi Mungkin sejak jauh hari sudah bisa dirancang kolam renang di rumah akan bertempat di mana. Halaman belakang, atau halaman depan, atau halaman samping, atau bahkan mengambil posisi di dalam rumah agar lebih privat. Namun, tetap ingat, di manapun lokasinya, ukuran dan bagaimana menyiasati bentuk jika ukuran lahan terlalu sempit mesti dipertimbangkan. Ukuran kolam renang pribadi rumah biasanya adalah 3 x 7 m, 3 x 8 m, 4 x 10 m, atau 5 x 12 m. Kedalamannya dapat diciptakan berjenjang pada titik terendah dengan ketinggian 60 cm dan titik tertinggi 2,5 m. Ukuran-ukuran yang baru saja ditampilkan itu akan cocok dipakai di luar ruang. Sedangkan untuk indoor, akan disesuaikan dengan bagaimana bentuk kolam renang yang Anda mau. Misalnya, Anda bisa membentuknya dengan setengah lingkaran, huruf L, atau persegi, dan seterusnya. Karena lokasinya di dalam ruang, pertimbangkan untuk memperhatikan fitur keamanan jika memiliki anak kecil.

Ukuran kolam renang bayi dan anak di rumah

ukuran kolam renang bayi dan anak di rumah Kolam renang untuk bayi dan anak-anak tentu berukuran lebih kecil, dan biasanya pula berbahan dasar karet dan dapat digelembungkan dan dikempeskan (inflatable). Anak dan bayi yang belum pandai berenang akan kegirangan dengan fitur ini. Keluarkan kolam inflatable dari penyimpanan di hari yang panas, lalu masukkan udara lewat pompa. Tempatkan di halaman dan isi dengan air secukupnya. Ragam ukurannya bisa ditemukan dengan mudah di marketplace. Paling kecil memiliki dimensi 80 x 120 cm, dan ukurannya yang sedang adalah 1,5 x 2 m dengan kedalaman yang bisa disesuaikan dengan pengguna kolam. Jika bayi, mungkin air dengan ketinggian 30 cm akan cukup. Tetapi jika anak-anak yang akan memakai, cakupan ketinggian air sekitar 60 – 80 cm takkan membahayakan selama Anda mendampingi mereka.

Ukuran kolam renang rumah minimalis

ukuran kolam renang rumah minimalis Pecinta konsep minimalis tentu akan menyukai jenis kolam satu ini, kolam renang minimalis. Ukuran kolam renang rumah minimalis yaitu 8 x 2 m. Namun, jika dirasa ukuran tersebut tidak dapat dicapai karena ketersediaan lahannya betul-betul minimal, Anda bisa memanfaatkan teknologi yang bisa dipasang di kolam renang seperti membuat kolam berarus.

Ukuran kolam renang mini

ukuran kolam renang mini Ukuran kolam renang mini idealnya yakni 6 x 2 m. Kolam renang mini akan memberikan sensasi berlibur tiap hari di villa dari rumah. Dengan sistem pengairan yang tepat, Anda pun bisa meminimalisasi frekuensi untuk melakukan pengurasan sehingga lebih hemat air dan tagihan. Agar lebih indah, kolam renang mini bisa dihias dengan ornamen air terjun atau air mancur dari batu alam sehingga tampak alami.