Lifetime Design (Instagram: @lifetime.design)

Masyarakat Indonesia mungkin lebih tertarik dengan desain modern yang kekinian dan mengikuti perkembangan zaman. Namun sebenarnya, desain modern dapat dipadukan dengan desain lainnya agar menghasilkan kesan dan suasana yang tak biasa. Salah satu yang bisa dijadikan opsi adalah menyatukan desain modern dan klasik dalam satu atap yang sama.

Desain modern dan klasik mungkin terlihat begitu bertolak belakang. Desain modern biasanya menonjolkan kesederhanaan dengan tetap menampakkan ketegasan lewat aplikasi garis dan bentuk-bentuk geometris. Sementara desain klasik begitu kental dengan detailnya yang rumit, penggunaan elemen serta furniture grande, hingga akhirnya menghasilkan visual yang mewah, megah, dan elegan.

Secara logika, kedua gaya desain ini rasanya sangat sulit untuk disatukan. Namun jika didesain dengan tepat, bukan tidak mungkin kalau rumah Anda bisa mendapatkan tampilan yang mewah, elegan, kekinian, dan tak lekang dimakan oleh waktu. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menggabungkan gaya modern dan klasik? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Eksterior Modern, Interior Modern KlasikDewasa ini, default perumahan di Indonesia lebih banyak menggunakan tampilan fasad yang modern. Jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya dengan mengubah seluruh tampilan fasad, Anda bisa mempertahankan tampilan tersebut dan bermain pada area interiornya.

Di area interior, Anda bisa menggunakan desain modern klasik yang merupakan perpaduan dari kedua gaya tersebut. Di dalam interior modern klasik, ada beberapa ciri khas yang bisa Anda tampilkan.

Mulai dari permainan warna netral yang dapat dipadukan dengan warna aksen mewah seperti gold, platinum, hingga bronze, atau aplikasi detail yang disesuaikan dengan kebutuhan—tidak terlalu rumit, namun juga tidak sederhana.

Tidak hanya itu, kombinasi material juga memiliki peran penting untuk menghadirkan tampilan modern klasik yang sempurna. Anda dapat menghadirkan beberapa material dari alam seperti kayu hingga marmer untuk mendapatkan visual yang tak lekang dimakan oleh waktu.

Namun kuncinya, Anda juga harus menyesuaikan furniture atau dekorasi di dalamnya dengan gaya yang lebih modern agar tidak meninggalkan kesan kaku dan berat.

menyatukan desain modern dan klasik dalam satu atap yang sama tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi banyak orang. Pasalnya jika kurang tepat, Anda malah akan menonjolkan satu gaya saja dan membuat perpaduannya menjadi kurang menarik.

Secara garis besar, terdapat beberapa elemen yang dihadirkan di rumah menonjolkan kesan modern dan klasik yang seimbang.

Contohnya di ruang tamu, terdapat area dinding yang diisi full batuan onyx yang untuk melambangkan kesan klasik, mewah, dan megahnya. Namun, kesan tersebut berhasil diredam dan disesuaikan dengan penggunaan furniture serta dekorasi yang tampilannya lebih modern.

Dari contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa kunci dari menciptakan desain modern klasik yang sempurna adalah dengan mengkombinasikan dua gaya tersebut dalam porsi yang sama.

Anda harus benar-benar mengetahui seberapa besar porsi aplikasi masing-masing gaya agar tidak timbul ketimpangan atau bertabrakan satu dengan lainnya.

 

Sumber :
https://www.kompasiana.com/lifetimedesigngroup/62d67e2fce96e570b40cc6a8/menyatukan-desain-modern-dan-klasik-dalam-satu-atap?page=all#section1