Tiada yang paling membahagiakan dalam hidup kita selain tinggal di rumah milik sendiri. Rumah yang kita wujudkan melalui kerja keras banting tulang siang malam, yang menjadi naungan keluarga kecil kita hingga nanti.

Masing-masing keluarga punya kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang tinggal di hunian mewah di kawasan elit, ada pula yang tinggal di gang sempit dengan lahan seuprit.

Apapun kondisi rumah kita, mau besar atau kecil, mau luas atau sempit, bangunannya moderen atau klasik, yang paling penting adalah kenyamanan. Karena bila rumah kita nyaman, kita bakal kerasan di rumah.

Bila rumah yang kita tinggali saat ini terasa kurang nyaman, maka perlu percikan semangat untuk membuatnya nyaman. Berikutnya tinggal mensiasati waktu beberes, bisa di tanggal merah atau pun akhir pekan.

Setelah semangat sudah terkumpul, sembari menunggu hari libur, ada baiknya menonton tiga channel YouTube yang membahas tentang tata-menata rumah berikut ini. Menurut saya, ketiga channel berikut paling menarik dan inspiratif.

Siapa tahu konten-kontennya memantik semangat yang lebih besar lagi untuk mewujudkan hunian yang nyaman buat diri kita atau pun keluarga kecil kita. Sehingga hunian nyaman tidak hanya sekadar angan.

Setiap konten videonya menarik dan inspiratif. Ada banyak hal yang bisa kita petik sebagai bahan untuk menata tempat tinggal kita agar lebih nyaman.

Fokus konten channel ini adalah bagaimana mengoptimalisasi hunian minimalis demi mencapai kenyamanan penghuninya. Meski hunian berukuran kecil, area atau ruang-ruang di dalam hunian mengakomodasi kebutuhan pemilik hunian sehari-hari.

Penjelasan tentang hunian dilakukan oleh arsitek, atau desainer interior, atau pemilik hunian, atau pun berkolaborasi. Penjelasan fokus pada hal terpenting dari hunian yang dibahas.

Kita bisa mengamati bagaimana penataan interiornya, pemilihan furnitur atau mebelnya, perkakas rumah tangga hingga pernak-pernik yang dipajang. Semua itu bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita untuk menata tempat tinggal kita agar lebih nyaman.