Lantai interior rumah Anda mungkin menjadi prioritas yang begitu dipikirkan jenis, bahan, dan warnanya. Akan teapi, bagaimana dengan lantai teras? Ya, lantai teras rumah tak boleh disepelekan pula agar rumah idaman benar-benar cantik, baik dalam maupun luar.

Berbeda dengan material lantai di dalam ruang, lantai untuk teras memiliki spesifikasi khusus. Oleh karena berada di ruang terbuka, material yang dipakai harus kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, baik panas maupun hujan.Sebagai referensi, berikut beberapa contoh material yang cocok untuk lantai teras rumah agar tampil cantik dan menarik.

  1. Keramik
Desain Rumah di Semarang Karya Tamara Wibowo via Arsitag

Material keramik memang menjadi salah satu favorit untuk dijadikan lantai karena tampilannya yang mewah. Lebih dari itu, keramik juga digemari karena perawatannya yang mudah, termasuk untuk dibersihkan jika lantai kotor. Secara harga, keramik juga banyak pilihan.

Namun, di balik kelebihannya itu, tentu ada juga kekurangan penggunaan keramik untuk teras. Permukaannya yang mulus akan mudah licin ketika cuaca hujan.

  1. Papan Kayu
Proyek W House Karya Studio Air Putih via Arsitag

Siapa yang tak jatuh hati dengan lantai kayu. Bahan kayu memang memikat karena tampilannya yang elegan. Apalagi, untuk rumah tropis, elemen kayu semakin mempercantik rumah. Kelebihan lain dari material kayu ialah bisa menyesuaikan suhu, apalagi ketika cuaca panas maka teras akan terasa lebih adem.

Hanya saja untuk perawatan, material kayu alami membutuhkan biaya ekstra. Apalag,i jika sering terkena cuaca ekstrim, kayu lebih mudah rusak. Tentu saja hal ini bisa diantisipasi dengan memilih material kayu dengan kualitas yang lebih tinggi.

  1. Granit
Proyek A 121 House Karya Erwin Kusuma via Arsitag

Ada banyak jenis keramik untuk lantai. Salah satu yang bisa menjadi pilihan untuk area teras ialah Keramik Pavers. Jenis keramik ini memiliki permukaan yang kasar sehingga lebih aman dengan kondisi luar ruang. Apalagi, jika rumah Anda memiliki anak kecil, keamanan dari licin karena tampias hujan bisa diminimalisasi. Pilihan warna keramik ini juga umumnya natural sehingga lebih mudah diaplikasikan untuk berbagai warna rumah.

  1. Kayu Komposit
Desain MM House Karya Studio TonTon via Arsitag

Berbahan dasar serat kayu, bambu, dan resin, material lantai yang dikenal dengan nama Kayu Komposit ini juga banyak digemari. Tampilannya memang seperti kayu alam, tetapi unggul lantaran lebih mudah dalam perawatan, termasuk tidak rusak atau busuk karena rayap. Kelebihan lain dari Kayu Komposit ialah lebih tahan api sehingga terbilang aman.

  1. Beton Poles dengan Pemanis Tegel
Desain Rumah Setapak Karya Pramudya via Arsitag

Lantai beton juga menarik dan cantik untuk beberapa desain rumah. Mudah dalam perawatan serta kuat dan tahan lama menjadi keunggulan yang tidak terbantahkan. Namun, jika Anda merasa lapisan beton saja membosankan, Anda bisa mencoba ‘merias’nya dengan keramik tegel. Motif tegel tentunya akan memberi warna tersendiri dan mempercantik teras.

  1. Batu Sikat
Desain Chris and Jennifer Villa Karya OG Architects via Arsitag

Material batu sikat memiliki banyak keunggulan untuk dipasang di teras. Permukaan yang kasar tentu akan membuat lantai lebih aman apalagi di teras yang sering terkena tampias hujan. Secara visual, lantai koral atau batu sikat juga sedap dipandang. Apalagi saat ini ada banyak variasi motif dan warna. Secara perawatan, lantai bermaterial batu sikat juga terbilang mudah untuk dibersihkan.

Itulah beberapa contoh material yang cocok dipakai untuk lantai teras. Pilihan terbaik tentu tergantung desain rumah dan suasana seperti apa yang Anda harapkan.