Keindahan Batu Alam untuk Finishing Dinding Rumah yang Unik

Keindahan Batu Alam untuk Finishing Dinding Rumah yang Unik | Foto artikel Arsitag

Batu alam untuk dinding rumah, karya Hg Architects & Designers Associates, via Arsitag

 

Mau membuat tampilan dinding rumah Anda lebih menarik dan unik? Ada banyak pilihan material yang bisa Anda gunakan untuk melapisi permukaan dinding, seperti cat, wallpaper, hingga batu alam. Batu alam menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang suka dengan suasana alami di dalam rumah. Motif dan bentuknya yang unik akan membuat tampilan rumah jauh dari kesan monoton dan lebih elegan.

Batu alam tersedia dalam berbagai pilihan warna, tekstur, dan pola. Selain itu, batu alam juga akan berfungsi sebagai pelindung untuk dinding rumah Anda dan menjaga suhu di dalam rumah. Dengan menggunakan dinding batu alam, Anda bisa mengubah suasana ruangan menjadi lebih segar dan baru. Tak hanya itu, batu alam juga memiliki nilai investasi karena tergolong tahan lama dan dapat menaikkan harga rumah.

Bagi Anda yang masih bingung harus menggunakan batu alam seperti apa untuk interior rumah, simak inspirasinya berikut ini.

 

Mewah dan Elegan dengan Dinding Marmer
Dinding dengan lapisan marmer, karya Arkilens, via Arsitag

Dinding dengan lapisan marmer, karya Arkilens, via Arsitag
Menggunakan marmer sebagai dinding batu alam akan membuat rumah Anda terlihat lebih mewah dan elegan. Warna dan pola marmer pun sangat beragam, ada yang putih, cokelat, abu-abu, hingga hitam. Banyaknya pilihan ini membuat Anda bisa dengan mudah menyesuaikan dengan keinginan dan desain yang dinginkan.

Marmer lebih cocok untuk digunakan pada bagian interior saja, karena termasuk batuan alam yang mudah rapuh jika terlalu sering terkena panas atau hujan.

 

Minimalis Alami dengan Dinding dari Batu Paras Jogja
Dinding dengan batuan alam berwarna krem, foto via pixnio.com

Dinding dengan batuan alam berwarna krem, foto via pixnio.com
Mau memberikan tampilan minimalis dan alami? Anda bisa memilih batu alam paras Jogja. Biasanya batu alam paras Jogja yang digunakan sebagai finishing dinding ada dua macam, yaitu batu paras Jogja krem dan putih.

Harga paras Jogja putih lebih mahal karena tampilannya yang indah dan elegan. Batu cantik ini cocok digunakan untuk menghias interior rumah karena teksturnya yang lembut.

Ruangan Lebih Sejuk dengan Dinding Granit
Dinding dari batu granit kamar mandi, karya Studio Kuskus, via Arsitag

Dinding dari batu granit kamar mandi, karya Studio Kuskus, via Arsitag
Selain marmer, batuan alam yang paling populer digunakan adalah batu granit. Batu granit ini juga menjadi salah satu batu alam yang mudah diaplikasikan di berbagai ruangan.

Namun, ruangan yang paling sering menggunakan batu granit pada dinding adalah ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Penggunaan dinding dari granit akan menciptakan kesan ruangan yang alami sekaligus sejuk pada interior rumah.

 

Tampilan Kokoh dan Tahan Lama dengan Dinding Andesit
Dinding batu andesit, foto via Pexels

Dinding batu andesit, foto via Pexels
Apabila dibandingkan dengan batu alam lainnya, batuan andesit merupakan batu yang tergolong paling keras. Bagian pori-pori dari andesit juga kecil sehingga tergolong kuat. Warna batu alam ini hanya ada hitam dan abu-abu, namun memiliki motif yang cukup beragam.

Beberapa motif yang paling populer antara lain motif alur, bakar, dan abstrak. Andesit memiliki banyak keunggulan seperti tahan terhadap cuaca, jamur, dan lumut. Maka dari itu, batu andesit cocok untuk digunakan pada dinding di dalam ataupun luar ruangan. Perawatannya pun cenderung mudah sehingga populer digunakan sebagai material rumah sejak dulu.

Natural dengan Dinding Sabak
Dinding dari batu sabak, foto via pixabay.com

Dinding dari batu sabak, foto via pixabay.com

Batu alam sabak sering juga disebut sebagai batu kali. Batuan sabak memiliki banyak keunggulan saat diaplikasikan pada rumah, di antaranya batu ini sangat kuat dijadikan sebagai pondasi bangunan. Selain itu, batu sabak mudah dibelah menjadi lempengan tipis sehingga mudah ditempelkan sebagai pelapis dinding. Dinding menggunakan batu sabak ini bisa diaplikasikan di berbagai area seperti kolam, pilar, tangga, hingga dinding di dalam interior rumah.

Itulah tadi beberapa pilihan batu alam yang bisa menambah keindahan rumah Anda. Anda juga dapat berkreasi dalam penyusunannya agar terlihat semakin unik dan menawan.