memiliki lahan sempit memanjang dan ingin membuat rumah di atasnya? Biasanya rumah dengan lahan sempit ini bisa digunakan untuk dua kamar tidur berukuran kecil. Jika memiliki lahan sempit yang memanjang, Moms harus mengisi rumah dengan furnitur multi fungsi.

Namun tak jarang juga yang berpikir rumah dengan lahan memanjang sangat tidak nyaman digunakan. Sebab ruang gerak jadi sedikit, serta tak banyak ruang luar ruangan yang bisa dimanfaatkan.

Berikan sisa lahan di bagian depan untuk jadi halaman

Di halaman ini Anda bisa menanam beberapa tanaman hias untuk mempercantik. Tak hanya itu halaman depan juga bisa Anda manfaatkan sebagai lahan parkir motor atau mobil mungil. Kemudian letakan pintu di sudut rumah dan berikan sedikit lantai yang lebih tinggi dibandingkan halaman.

Bagian depan berikan ruang tamu sekaligus pantry

Ruang Tamu

Moms bisa menggunakan meja bulat kecil dan kursi kayu minimalis. Nantinya meja dan kayu ini bisa digunakan untuk makan maupun berbincang dengan tamu. Lalu buat dapur bersih memanjang dengan kabinet dan meja bar kecil. Gunakan furnitur berwarna putih untuk membuat ilusi luas pada dalam rumah.

Pasang rak-rak permanen di dinding

Ini berguna untuk menyimpan barang-barang sehingga rumah tetap terlihat rapi. Anda bisa memilih rak yang tertutup.

Buat ruang terbuka di bagian tengah rumah

Rumah satu lantai

Ruang terbuka di rumah ini berada di bagian tengah setelah dapur dan meja tamu. Ruang terbuka diletakan bersampingan dengan ruang kerja. Ruang terbuka hijau ini membuat sirkulasi udara di dalam rumah bagus. Anda bisa menggunakan pintu kaca sebagai sekat dan menjaga agar nyamuk tak masuk di malam hari atau hujan tak membasahi rumah di siang hari.

Letakan kamar tidur di bagian belakang

kamar tidur

Anda bisa meletakan kamar tidur dengan tema minimalis di bagian belakang, dan tentunya kamar mandi. Anda juga bisa memberikan sedikit sisa ruang terbuka di belakang kamar tidur untuk dijadikan kolam outdoor untuk sekedar berendam saat lelah dengan pekerjaan.

Kamar mandi outdoor

Gimana, desainnya cantik ya? Desain rumah secantik ini tak hanya cocok untuk Anda tinggali sendiri. Bisa Anda gunakan untuk tempat tinggal utama bersama pasangan dan satu anak dengan mengorbankan ruang terbuka hijau di bagian tengah rumah. Anda juga bisa menyewakan rumah ini lho!

 

Sumber : https://www.momsmoney.id/news/intip-inspirasi-rumah-satu-lantai-di-lahan-sempit-kekinian