Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu yang Welcoming dan Menawan | Foto artikel Arsitag

Warna cat ruang tamu yang nyaman, foto oleh Elena Popova, via Unsplash
Warna cat ruang tamu memiliki pengaruh terhadap tampilan dan atmosfer ruangan. Bagi Anda yang sedang mencari ide warna cat ruang tamu untuk menyegarkan tampilan atau untuk mendapatkan suasana baru, maka kumpulan inspirasi berikut adalah jawaban pencarian Anda.

Anda bakal menemukan pilihan warna yang beragam. Mulai dari warna terang yang super ceria, hingga warna gelap dan moody namun elegan, ataupun sesuatu yang bold untuk menunjukkan kepribadian Anda. Satu hal yang pasti, tampilan ruang tamu akan terlihat lebih menawan ketika menyambut siapa saja yang datang.

 

Dinding Hitam di Ruang Tamu All White
Ruang tamu all white dengan dinding aksen hitam, karya Cipta Desain Arsitektur Mandiri, via Arsitag.com

Ruang tamu all white dengan dinding aksen hitam, karya Cipta Desain Arsitektur Mandiri, via Arsitag.com
Anda tidak akan pernah salah dalam memilih cat ruang tamu putih untuk menciptakan tema all white. Untuk menjaga tampilan agar terasa welcoming dan tidak kaku, mainkan elemen lain seperti lapisan tekstur serta letupan-letupan warna lembut. Dinding aksen hitam bertekstur di ruangan ini memecah dominasi putih ruangan.

 

Warna Biru sebagai Bentuk Pernyataan
Panel-panel biru yang berpadu dengan putih lembut untuk ruang tamu cemerlang, karya PT Dekorasi Hunian Indonesia, via Arsitag.com

Panel-panel biru yang berpadu dengan putih lembut untuk ruang tamu cemerlang, karya PT Dekorasi Hunian Indonesia, via Arsitag.com
Warna biru terang dapat dijadikan sebagai cat ruang tamu sebagai bentuk pernyataan. Untuk tampilan yang bold namun tetap lembut dan tidak overwhelming, hadirkan warna tersebut sebagai bingkai-bingkai cantik dalam ruangan. Padukan dengan warna biru dalam shade berbeda dalam elemen ruangan lainnya.

Abu-abu Lembut
Warna dasar abu-abu untuk mempertegas detail ruangan, karya PT Desain Kreasi Cemerlang, via Arsitag.com

Warna dasar abu-abu untuk mempertegas detail ruangan, karya PT Desain Kreasi Cemerlang, via Arsitag.com
Menggunakan cat ruang tamu warna abu-abu lembut seperti ini membawa banyak keuntungan. Paling utamanya, saat Anda ingin menonjolkan detail-detail ruangan seperti molding dan pajangan karya seni di dinding.

 

Warna Asli Kayu dalam Ruang Tamu
Material dan warna kayu yang hangat di ruang tamu, karya Parametr Indonesia, via Arsitag.com

Material dan warna kayu yang hangat di ruang tamu, karya Parametr Indonesia, via Arsitag.com
Material alam kayu merupakan pilihan populer dalam hunian berkat kemampuannya dalam menciptakan suasana hangat dan nyaman. Jadi, alih-alih menggunakan cat ruang tamu dalam warna tertentu, mengapa Anda tidak menggunakan material alam ini dalam balutan warna aslinya?

Desain ruang tamu yang satu ini memadukan dua tampilan dinding kayu dalam warna yang kontras sebagai pemisah fungsi area yang berbeda. Cat dinding abu-abu digunakan pada area tempat menaruh televisi. Walaupun berbeda, tampilan hangat, nyaman, dan menawan tetap terasa kental.

 

Soft Pink yang Cantik
Atmosfer yang lembut dan chic dengan dinding soft pink, foto oleh Beazy, via Unsplash

Atmosfer yang lembut dan chic dengan dinding soft pink, foto oleh Beazy, via Unsplash
Cat ruang tamu dalam warna soft pink memberikan kesan lembut dan feminin. Sofa abu-abu lembut dan berbagai pernak-pernik aneka warna membuatnya terlihat lebih chic dan keren.

 

Hijau Gelap Nuansa Alam
Elemen alam melalui material dan warna dinding, foto oleh Jane Duursma, via Unsplash

Elemen alam melalui material dan warna dinding, foto oleh Jane Duursma, via Unsplash
Cat ruang tamu hijau gelap layaknya hutan di pegunungan memberikan sumbangan energi untuk setiap suasana. Warna ini seakan membawa kesegaran alam dalam ruangan. Untuk mempertegas suasana alam, tambahkan juga unsur alam lainnya seperti tanaman hijau, bunga, hingga anyaman bambu.

 

Biru Navy untuk Keseimbangan Warna dan Elemen
Dinding blue navy yang elegan sebagai warna dasar ruangan, foto oleh Beazy, via Unsplash

Dinding blue navy yang elegan sebagai warna dasar ruangan, foto oleh Beazy, via Unsplash
Anda ingin menggunakan warna gelap selain hitam dan abu-abu sebagai cat ruang tamu? Mengapa tidak memilih warna biru navy? Kesan gelap dan elegan yang diberikan dapat menyeimbangkan warna dan elemen lain dalam ruangan.  Anda dapat memainkan ragam warna dan pola untuk elemen lain dalam ruang tamu. Kemudian, dinding navy tersebut akan meredamnya dengan lembut sehingga tidak terlihat berlebihan.

Krem Lembut yang Cocok untuk Semua
Dinding krem lembut untuk tampilan yang lembut dan hangat, karya Teddy Koo, via Arsitag.com

Dinding krem lembut untuk tampilan yang lembut dan hangat, karya Teddy Koo, via Arsitag.com
Krem lembut menjadi warna cat ruang tamu yang populer karena mampu membaur dengan segala jenis elemen di sekitarnya. Warnanya yang lembut memberikan sambutan hangat bagi setiap orang yang datang. Pada saat yang bersamaan, warna ini menjadi warna dasar yang cocok dipadukan dengan warna lainnya, alias dapat dipergunakan dalam segala jenis desain interior.