Memiliki rumah cluster seringkali menjadi penghalang bagi Anda untuk menghadirkan ruangan-ruangan tertentu. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari monotonnya denah rumah yang dibangun oleh developer, atau bahkan karena luas area yang terbatas.

Namun, tahukah Anda? Kedua faktor tersebut bukanlah sebuah alasan yang dapat menghentikan Anda untuk berkreasi dalam menghadirkan rumah impian. Seperti apapun jenis rumah cluster yang dimiliki, Anda tetap dapat menghadirkan sentuhan personal bahkan ruangan-ruangan yang seakan tidak lazim dihadirkan.

Kira-kira, ruangan atau area tak biasa apa saja yang dapat Anda hadirkan di rumah cluster? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Mini Garden

Lifetime Design (Instagram: @lifetime.design)
Terbatasnya lahan di rumah cluster seringkali membuat Anda berpikir untuk mengubah semua areanya menjadi bangunan. Sebenarnya sah-sah saja, namun desain cara ini secara tidak langsung Anda telah mengorbankan kehadiran ruang terbuka hijau di rumah.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menghadirkan taman mini dengan ukuran kurang lebih 2×2 meter. Selain menghadirkan deretan tanaman hijau yang dihias dengan batuan koral, Anda juga bisa menambahkan area bersantai kecil yang nyaman.

Kehadiran kolam renang mungkin belum terlalu lazim di rumah-rumah Indonesia. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari perawatannya yang terbilang cukup sulit, biaya pembangunan yang tidak murah, hingga luas lahan yang dinilai kurang memadai.

Namun, jika tertarik menghadirkan kolam renang di rumah cluster, Anda bisa menggunakan dua jenis kolam yang tidak terlalu memakan banyak lahan. Pertama adalah lap pool, kolam persegi panjang yang ukurannya bisa disesuaikan dengan lahan yang ada. Sementara yang kedua adalah plunge pool sebuah kolam kecil yang ditujukan untuk berendam dan berenang kecil.

Tempat Ibadah

Memiliki tempat ibadah khusus yang nyaman di rumah tentunya merupakan impian banyak orang. Untuk menghadirkannya, Anda bisa mencari sebuah dead-end space atau area tidak terpakai dan menyulapnya menjadi tempat ibadah dengan suasana yang menenangkan. Anda pun tidak memerlukan area yang sangat besar, bahkan luas 2×3 meter saja sudah cukup, lho.

Entertainment RoomLifetime Design (Instagram: @lifetime.design)
Anda dan keluarga memiliki satu hobi tertentu yang gemar dilakukan bersama-sama? Tidak ada salahnya menghadirkan ruangan untuk menunjang hobi tersebut. Misalnya, untuk Anda yang gemar menonton film, Anda bisa menyisakan satu ruangan khusus dan menyulapnya menjadi home theater. Dengan begini, Anda dan keluarga bisa lebih banyak menghabiskan quality time bersama.

Gym Room

Lifetime Design (Instagram: @lifetime.design)
Agar kebugaran tetap terjaga, olahraga menjadi satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Jika Anda malas untuk ke gym ataupun area olahraga, Anda dapat menghadirkannya di rumah. Jika memiliki ruangan yang tidak terpakai, Anda bisa menyulapnya sebagai gym room. Cukup hadirkan beberapa alat seperti treadmill, sepeda statis, hingga beberapa alat sederhana lainnya.

Memiliki rumah cluster bukanlah sebuah penghalang bagi Anda untuk menghadirkan ruangan-ruangan yang tidak biasa. Jika didesain dengan tepat, bukan tidak mungkin seluruh area di rumah Anda dapat dimaksimalkan dengan baik. Jadi, ruangan mana yang paling Anda ingin hadirkan di rumah?