1. Rumah Tipe 21 ⁄ 24

Rumah tipe 2124 termasuk ke dalam kategori tipe rumah sederhana. Konsumen yang menjadi sasaran utama model rumah dengan luas bangunan 21 atau 24 meter persegi ada di segmen middle-low atau entry-level. Bujet yang sangat terbatas sulit membuat mereka membeli rumah berukuran lebih luas seperti tipe rumah 36, misalnya. Sebagian konsumen mengalokasikan anggaran untuk membeli tipe 21 ketimbang mengontrak karena harganya yang terjangkau dan cicilannya tergolong ringan. Tak jarang hunian berikut dibanderol mulai dari 100 juta-an.

Rumah Tipe <sup>21</sup>⁄<sub>24</sub>

Umumnya, tipe 21 memiliki ukuran 3×7 meter atau 5,25×4 meter, atau 6×3,5 meter dan berdiri di atas tanah seluas 50-60 meter persegi. Dalam variasinya, ada pengembang yang menawarkan tipe 24 atau bahkan 27 dan 30. Akan tetapi, tetap saja yang paling lazim adalah tipe 21.

Baca juga: Rumah Type 21 – Desain, Harga, Biaya Bangun, dan Keuntungan

2. Rumah Tipe 36

Tidak bisa dipungkiri bahwa sangat banyak konsumen yang menaruh minat pada model ini. Ukuran tipe rumah 36 tidak terlampau mungil dan harganya pun masih cukup terjangkau. Bagi pengembang yang memasang target segmen middle – middle low, model berikut jelas wajib dibangun. Tipe rumah 36 sangat pas bagi keluarga kecil yang telah dikaruniai seorang anak.

Rumah Tipe 36

Karena termasuk ke dalam kategori tipe rumah minimalis, biasanya dimensi tipe rumah 36 adalah 6×6 meter atau 9×4 meter dan didirikan di atas tanah seluas 60 – 72 meter persegi atau bahkan 90 meter persegi. Karena lebih besar dari tipe 21, tipe rumah 36 biasanya menawarkan 1 – 2 kamar tidur, sebuah kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dan dapur.

Baca juga: Rumah Type 36 – Inspirasi Denah, Harga, dan Dekorasi

3. Tipe Rumah 45

Model ini menjadi jalan keluar bagi yang merasa tipe rumah 36 sedang tapi belum cukup. Harganya yang di atas setengah miliar rupiah membuatnya masuk segmen middle-low. Ini juga tipe yang tertangkap radar para end user dan investor properti.

Rumah Tipe 45

Dimensi yang lazim diterapkan bagi model ini adalah 6×7,5 meter dengan luas tanah 72, 90, dan 96 meter persegi. Karena formatnya lebih luas, ruang yang bisa ditampung pun lebih banyak. Rumah tipe 45 akan cocok bagi taman dan garasi memadai. Dibandingkan dengan tipe 21 dan tipe rumah 36, tipe 45 memiliki kualitas bangunan yang lebih baik. Selain itu, untuk urusan kenyamanan, model ini mungkin menang dari ‘adik-adiknya’. Tentu saja kenyamanan itu juga mesti dibayar dengan harga setimpal.

Baca juga: Denah Rumah Type 45 Berbagai Gaya & Perkiraan Biayanya

4. Rumah Tipe 54

Rasanya, sebuah keluarga dengan dua anak cocok dengan model ini. Kemungkinan untuk mengembangkan bangunan secara vertikal amat didukung oleh luasannya. Dengan dimensi umum 9×6 meter dan 13,5×4 meter, tipe 54 nyaman ditinggali karena dapat menyediakan kamar cukup luas.

Rumah Tipe 54

Sudah begitu, rumah model ini berdiri di petak tanah yang lebih luas dari tipe tipe rumah sebelumnya, yakni 120 – 150 meter persegi. Anda dapat lebih bebas memanfaatkan lahan kosong tersedia untuk tujuan-tujuan lebih spesifik seperti membangun fasilitas untuk hidup sehat, atau hidup nyaman, atau hidup kreatif.

5. Rumah Tipe 60

Kalau hanya untuk menampung dua kamar tidur, tipe 60 terhitung luas, tentu saja dengan ragam dimensi seperti 6×10 meter atau 5×12 meter. Meski begitu, ini model rumah sedang. Maksudnya, lebih besar dari tipe 54 tapi tidak lebih luas dari tipe 70.

Rumah Tipe 60

Lingkup harganya pantas untuk segmen middle – middle up, yakni sekitar 500-700 juta-an. Dengan kemungkinan ruangan dan taman yang lebih luas dari tipe tipe rumah di bawahnya, tipe 60 menarik dimiliki. Jika Anda datang dari keluarga besar, rumah model ini takkan terasa terlalu sempit untuk menggelar acara kumpul-kumpul.

6. Rumah Tipe 70

Biasanya rumah model ini sudah tegak dengan dua lantai. Harga yang ditawarkan berkisar miliaran rupiah, dan karena itu tipe 70 layak masuk dalam segmen kelas atas. Selain itu, dengan ukurannya yang besar, rumah ini sanggup menampung lebih banyak anggota keluarga.

Rumah Tipe 70

Dengan konsep rumah tumbuh, tipe 70 bisa dikembangkan menjadi tipe 100. Dengan begitu, rumah akan sanggup mengakomodasi lebih banyak kepentingan seperti penambahan ruang, mebel, dan fungsi-fungsi lain yang sukar diwujudkan pada bangunan lebih kecil.

7. Rumah Tipe 120

Di kawasan elite, rumah type 120 sudah lazim. Ini merupakan tipe rumah mewah. Dengan dimensi 10×12 meter atau 8×15 meter dan berdiri di atas tanah seluas 150 meter persegi, tipe 120 jelas masuk dalam portofolio para pengembang yang terbiasa membangun perumahan mewah.

Rumah Tipe 120

Perihal kualitas bangunan, seharusnya tipe 120 sudah tak perlu disangsikan. Dengan tingkat harga yang menyasar segmen middle up, spesifikasi material bangunan biasanya sudah sangat menyesuaikan.