Ingin Pindah ke Rumah Cluster? Simak Tips Memilihnya di Sini

Ingin Pindah ke Rumah Cluster? Simak Tips Memilihnya di Sini

ILUSTRASI. Calon penghuni perlu cermat dalam memilih rumah cluster yang tepat untuk mereka.

 Rumah cluster merupakan salah satu jenis hunian tapak yang banyak diminati masyarakat Indonesia.

Dilansir dari Fabelio, rumah cluster adalah jenis hunian yang dibangun secara berkelompok di suatu wilayah, misalnya perumahan. Karena konsepnya yang berada di suatu kompleks yang dilengkapi beragam fasilitas, tidak heran jenis hunian ini cukup laku di Indonesia.

Memilih rumah cluster sebagai hunian tentu perlu kecermatan dari calon penghuninya. Pasalnya, rumah adalah tempat yang akan Anda huni dalam jangka waktu lama, sehingga pemilihan rumah yang tepat akan menjamin kenyamanan Anda selama tinggal di rumah tersebut.

Nah, kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih rumah cluster? Berikut tipsnya untuk Anda.

Cari informasi mengenai pengembang perumahan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari informasi terkait pengembang perumahan cluster yang diincar.

Mengutip Prospeku.com, ada beberapa informasi penting yang perlu Anda cari tahu mengenai pengembang, seperti rekam jejak, lisensi hukum, dan status tanah serta legalitasnya.

Hal ini akan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pembelian rumah, misalnya sengketa tanah dan legalitas IMB yang tidak diurus.

Perhatikan lokasi rumah

Selanjutnya, perhatikan lokasi rumah cluster yang Anda incar. Lakukan survei secara langsung supaya Anda bisa mengetahui lokasi rumah secara pasti beserta lingkungan di sekitar rumah tersebut.

Perhatikan juga akses ke rumah cluster tersebut, apakah strategis, mudah dicapai, dan lain-lain. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kehidupan Anda di rumah tersebut nantinya.

Perhatikan tipe dan desain rumah

Selain lokasi, tipe dan desain rumah juga cukup berpengaruh terhadap pemilihan rumah cluster. Jadi, pilihlah tipe dan desain rumah cluster yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki 3 anak, sebaiknya Anda memilih rumah dengan tipe yang lebih besar sehingga dapat memuat seluruh anggota keluarga dengan nyaman.

Melansir Pinhome, pada dasarnya tidak ada aturan khusus mengenai desain rumah cluster yang cocok. Pilihlah desain rumah sesuai dengan selera sambil tetap mempertimbangkan beberapa kemungkinan yang akan muncul ke depannya, seperti jika Anda ternyata ingin merenovasi tampilan rumah.

Perhatikan fasilitas dan keamanan di sekitar rumah

Hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah fasilitas dan keamanan yang tersedia di perumahan. Kedua hal ini pada dasarnya penting untuk menunjang kenyamanan Anda selama menempati perumahan cluster tersebut.

Dari segi keamanan, suatu perumahan cluster umumnya memiliki sistem keamanan yang cukup lengkap, mulai dari satpam 24 jam, akses satu pintu, hingga CCTV.

Sementara itu, karena fasilitas di rumah cluster sangat beragam, pilihlah perumahan cluster yang fasilitasnya dirasa cocok untuk Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih rumah cluster. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!