Ide Desain Kitchen Set Apartemen Studio Mungil yang Cerdas dan Hemat Ruang

Kreatif adalah kata kunci saat kita berbicara mengenai desain kitchen set apartemen studio yang memiliki ukuran mungil. Kreatif di sini mengacu pada pemilihan kitchen set yang fungsional, estetis, namun tetap hemat ruang sehingga tidak membuat area terlihat lebih sempit.

Daripada bingung dalam mencari ide, berikut kami sajikan beberapa contoh desain kitchen set apartemen studio untuk Anda jadikan sebagai sumber inspirasi:

 

Kitchen Set Hitam untuk Ruangan Mungil, Mengapa Tidak?
Kitchen set hitam yang serasi dengan tema apartemen, karya Co+in Collaborative Lab, via Arsitag.com

Desain ruangan mungil umumnya selalu dikaitkan dengan penggunaan warna-warna terang untuk membangun kesan lapang. Penggunaan warna gelap seperti hitam disebut-sebut dapat membuat ruangan terasa sesak. Hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar.

Lihat saja desain kitchen set apartemen studio berikut. Warna hitam menjadi tema utama pada desain kitchen set sekaligus apartemen. Desainnya super compact dengan kitchen cabinet atas dan bawah untuk menyimpan semua peralatan dan perlengkapan masak untuk menghindari clutter di area tersebut.

 

Kitchen Set dengan Sentuhan Klasik
Subway tile backsplash dan pola vertikal pada kitchen set yang memberi sentuhan klasik, karya Co+in Collaborative Lab, via Arsitag.com

Hal pertama yang menarik perhatian dari desain kitchen set apartemen studio ini adalah bentuk geometris persegi panjang yang muncul berulang. Susunan classic subway tile sebagai backsplash memberikan sentuhan klasik yang khas. Sementara, pola persegi panjang dalam bentuk vertikal pada kitchen cabinet bagian bawah mempertegas kesan klasik pada area dapur ini. Material kayu dalam warna asli sebagai kitchen table membangun atmosfer yang hangat dan nyaman.

Lembutnya Warna Pastel dalam Compact Kitchen Set

Desain kitchen set apartemen studio berikutnya terasa sangat lembut berkat perpaduan warna pastel pink dan ungu. Untuk menghindari clutter, sebagian besar peralatan makan dan perlengkapan masak disimpan di kitchen cabinet.

Beberapa item yang dihadirkan di atas meja lebih bersifat fungsional sekaligus visual dengan penggunaan warna pastel lembut pada peralatan makan dan hitam berkilat pada perlengkapan masak.

Dapur Mungil Abu-abu di Sudut Ruangan

Kitchen set apartemen studio yang mungil ini “ngumpet” di sudut ruangan. Kombinasi abu-abu dan putih terlihat segar dipandang. Dapurnya sendiri dilengkapi dengann kompor tanam, sink, dan area penyimpanan.

Ruang yang tersedia terbilang mungil, namun segala perlengkapan yang dibutuhkan tersedia di sana. Lemari tinggi di pojok serta kitchen cabinet bawah, berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Rak-rak terbuka di bagian atas menjadi unsur dekorasi dapur yang dilengkapi dengan ragam pot mungil tanaman hijau untuk menyegarkan pandangan.

 

Kitchen Set Serba Hitam yang Stand Out
Kitchen set hitam super shiny, karya Rootslab, via Arsitag.com

Untuk tampilan yang stand out dan menjadi focus of attention dalam ruangan, tidak ada salahnya menggunakan kitchen set dengan warna yang kontras dengan area sekitarnya. Dalam hal ini, warna yang dipilih adalah hitam mengkilat dengan sentuhan lis silver metalik pada sisi-sisinya.

Dapur U Compact dan Minimalis
Kitchen set kayu plywood yang hangat, karya Rootslab, via Arsitag.com

Dapur mungil berbentuk U ini dilengkapi dengan kitchen set dari kayu plywood dalam warna aslinya.  Penggunaan material ini disesuaikan dengan elemen lain dalam ruangan yang mengunakan material sama. Hasilnya adalah tampilan yang kohesif, hangat, nyaman, dan ringan tanpa kesan sempit walaupun berada dalam apartemen studio berukuran mungil.