Ide Dekorasi Taman Rumah Cantik untuk Tempat Nongkrong Asyik

Ide Dekorasi Taman Rumah Cantik untuk Tempat Nongkrong Asyik | Foto artikel Arsitag

Desain taman rumah nyaman untuk bersantai, karya WOSO Studio,viarsitag.com
Berkumpul dan nongkrong bersama keluarga atau sahabat akan terasa lebih spesial jika dilakukan di rumah. Taman rumah menjadi lokasi ideal karena suasananya yang asri dan sejuk dikelilingi tanaman hijau.

Melengkapi hal tersebut, dekorasi tambahan juga bisa diberikan untuk memberi pengalaman yang lebih menyenangkan. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, dekorasi taman bisa dilakukan dengan menata ulang atau berkreasi dengan barang yang sudah ada.

Ingin juga mendekorasi taman rumah dengan elemen dekoratif menarik? Berikut beberapa ide dekorasi taman rumah cantik untuk tempat nongkrong asyik.

 

1. Decking kayu yang natural
Desain taman rumah dengan dek kayu, karya WOSO Studio, via arsitag.com

Desain taman rumah dengan dek kayu, karya WOSO Studio,via arsitag.com
Salah satu hal yang sering membuat orang malas nongkrong di taman adalah harus menginjakkan kaki ke rumput atau tanah. Apalagi, jika habis hujan sehingga becek. Mengatasi hal ini, penggunaan deck kayu sebagai pelapis lantai menjadi salah satu solusi efektif.

Decking kayu seperti ini tidak hanya fungsional untuk membuat nyaman, tetapi juga sebagai elemen dekorasi melalui tampilan tekstur kayunya yang khas. Suasana taman dijamin akan terasa lebih sejuk dan natural.

 

2. Memandangi indahnya taman
Taman minimalis dalam rumah, karya OG Architects, via arsitag.com

Taman minimalis dalam rumah, karya OG Architects,via arsitag.com
Penataan taman dengan menempatkan kursi santai bisa dilakukan dengan mengorientasikan pandangan ke arah sisi terbaik dari taman. Untuk itu, Anda perlu meletakkan elemen dekorasi seperti tanaman hias pada sisi yang ingin ditonjolkan.

Area terbuka berupa lawn bisa juga disediakan jika Anda suka nongkrong malam dengan gaya berbeda seperti lesehan, pesta makan outdoor, dan lainnya.

3. Teduh dengan kolam ikan dan pulau buatan
Desain taman rumah dengan kolam, karya Rakta Studio, via arsitag.com

Desain taman rumah dengan kolam, karya Rakta Studio,via arsitag.com
Berbeda lagi jika Anda suka nongkrong untuk healing atau menenangkan diri. Konsep dekorasi taman satu ini mungkin sangat cocok.

Area taman disulap menjadi kolam ikan dan diberi pulau kecil buatan di tengahnya. Pulau kecil ditanami Philodendron dan pohon kamboja bali sebagai pusat perhatian. Sedangkan, tempat nongkrong berada di sisi teras, bisa dibuat lesehan atau menggunakan kursi santai.

 

4. Dekorasi rooftop garden dengan roster
Desain taman rumah di balkon, karya Ifd Architects, via arsitag.com

Desain taman rumah di balkon, karyaIfd Architects,via arsitag.com
Area atap sangat potensial untuk dijadikan tempat nongkrong yang seru. Nongkrong di taman atap akan memberi pengalaman berbeda karena view dari atas mempengaruhi suasana hati.

Dekorasinya sendiri bisa dilakukan dengan memberi dinding pembatas menggunakan roster. Roster dengan motifnya yang beragam bisa disesuaikan dengan selera Anda sehingga rooftop menjadi identitas rumah yang khas.

 

5. Dekorasi pencahayaan gazebo tepi kolam renang
Desain taman rumah samping kolam renang, karya Das Quadrat, via arsitag.com

Desain taman rumah samping kolam renang, karyaDas Quadrat,via arsitag.com
Menciptakan suasana nongkrong dengan nuansa romantis cukup dengan sentuhan kecil dekorasi, yaitu menata pencahayaan. Pencahayaan berupa lampu sorot ini bisa diletakkan di gazebo dan sekeliling taman. Apalagi, jika gazebo rumah Anda berada di tepi kolam renang, nuansa romantis itu akan semakin kental lantaran pantulan cahaya yang timbul di permukaan air.

 

6. Gemericik air yang menenangkan
Desain taman rumah dengan gazebo, karya inspiratio, via arsitag.com

Desain taman rumah dengan gazebo, karyainspiratio,via arsitag.com
Menambahkan fitur air seperti air mancur menjadi dekorasi yang menarik untuk menghiasi taman rumah Anda. Fitur air seperti ini tidak hanya mempercantik tetapi juga memberi efek psikologis bagi orang yang berada di sana. Pengalaman nongkrong pun tentunya menjadi lebih menenangkan dan terasa nyaman.

7. Dekorasi taman tropis
Taman selayaknya ruang tamu, foto oleh Sonnie Hiles, via unsplash.com

Taman selayaknya ruang tamu, foto olehSonnie Hiles,via unsplash.com
Taman yang dipenuhi aneka tanaman tropis tentu akan memberi suasana alami yang mengasyikkan. Suasananya yang teduh akan membuat betah ketika nongkrong bersama orang-orang terdekat. Sembari menyeruput kopi, rasanya nongkrong asyik benar-benar bisa terwujud.

Mendekorasi taman untuk nongkrong asyik ternyata tidak merepotkan bukan? Anda bahkan bisa berkreasi dengan barang-barang yang ada disekitar dan menatanya sesuai konsep yang diinginkan.