nvestasi bisa dilakukan dengan berbagai instrumen. Misalnya saham, reksadana, forex, emas, obligasi, cryptocurrency, hingga properti. Seperti halnya semua investasi, semua memiliki peluang keuntungan dan risiko. Properti diyakini sebagai salah satu instrumen investasi dengan risiko paling kecil.

Ada tiga sebab kenapa investasi properti dinilai paling aman, alias faktor yang menopang keuntungan investasi properti. Pertama, hunian adalah kebutuhan primer manusia. Selama manusia hidup ia butuh tempat tinggal. Jelas properti memiliki nilai fungsi. Kedua, jumlah manusia yang tinggal di bumi cenderung naik terus. Sehingga jumlah kebutuhan akan makin naik. Ketiga, luas tanah tak bisa lagi ditambah. Maka, ruang di muka bumi terbatas. Adanya keterbatasan ini bisa mendorong kenaikan harga properti.

Tapi apakah dengan sembarang investasi properti pasti akan menguntungkan? Belum tentu. Sebab, selalu ada faktor-faktor risiko yang membuat investasi merugi.

Secara garis besar, investasi properti yang merugi memiliki dua kesamaan. Pertama, tanpa disertai rencana keuangan yang matang. Kita tahu, properti adalah salah satu barang yang harganya tinggi. Maka, perlu direncanakan karena sifatnya jangka panjang. Selain itu, properti juga bukan instrumen investasi yang likuid. Jika anda ingin investasi yang mudah cair, instrumen saham atau emas bisa jadi pilihan.

Kedua, tanpa didahului riset yang komprehensif. Nilai properti sangat dipengaruhi oleh kebijakan tata ruang yang disusun pemerintah. Kebijakan ini ada perubahan pada masa tertentu. Selain itu, investasi ini dilakukan dengan proses jual beli, akan ada pajak yang tidak sedikit nilainya.

Untuk menghindari kerugian investasi properti, maka ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

Pertama, rencanakan investasi dengan matang. Misalnya, dana apa yang akan Anda pakai untuk membeli properti? Apakah dana cash atau Anda hanya memiliki uang muka saja? Jika Anda membeli properti dengan tunai, apakah Anda memiliki dana darurat? Jika Anda membeli dengan KPR, apakah Anda memiliki keamanan dalam pendapatan?

Kedua, riset terkait tata ruang dan pajak. Sebuah properti akan makin naik nilainya jika di kemudian hari properti itu berada di wilayah yang strategis. Kondisi strategis saat ini, bisa berubah dalam jangka lima tahun kemudian karena perubahan tata ruang pada kebijakan pemerintah. Untuk itu, perlu Anda riset bagaimana rencana tata ruang ke depan.

Untuk pajak, juga perlu Anda ketahui. Kebijakan pajak progresif bagi kepemilikan properti lebih dari satu unit juga akan membebani keuangan Anda. Di sisi lain, pajak-pajak lainnya perlu Anda tahu agar tak menyesal kemudian.

Ketiga, prinsip investasi adalah beli murah, jual mahal. Maka, carilah properti dengan harga yang murah. Ingat harga yang murah, bukan harga yang rendah. Harga yang murah ini bisa Anda tahu dengan membandingkan dengan rata-rata harga pasar. Jika lokasi properti itu strategis dan harganya di bawah harga pasar, maka perlu dipertimbangkan.

Keempat, ketahui pula bagaimana legalitas properti yang hendak Anda beli. Banyak properti memang dijual dengan harga rendah karena memang masih dalam sengketa atau tak disertai legalitas. Di sisi lain, Anda perlu juga memastikan bagaimana lingkungan di sekitar properti tersebut. Apakah dekat dengan fasilitas strategis. Misalnya kantor pemerintah, kampus, sekolah, pusat perbelanjaan, atau akses tol. Apakah bebas banjir, bagaimana angka kejahatan di lingkungan sekitar, atau adakah pencemaran lingkungan di daerah tersebut. Sebab permasalahan berikut akan menentukan likuiditas investasi properti Anda.

Kelima, susun skema investasi Anda. Apakah Anda membeli memang untuk langsung dijual kembali. Jika skemanya seperti ini, berapa nilai kenaikan properti per tahunnya. Apakah lebih tinggi dari instrumen lain. Jika Anda mau mengambil keuntungan dengan cara menyewakannya, sekarang bisa dikelola dengan investasi properti online. Tapi ingat, perlu Anda hitung apakah nilai sewanya sebanding dengan dibandingkan dengan nilai pembelian properti lebih kecil dari bunga deposito. Jika Anda nilai sesuai, maka bisa pilihan menyewakan bisa anda ambil.