Fungsi Rooftop di Rumah

Sebelum melihat macam macam desain rooftop yang sedang populer dan bagus untuk ditiru, ada baiknya anda mengetahui apa saja fungsi dari rooftop rumah tersebut. Sebab fungsi bagian rumah ini ternyata tidak boleh disepelekan. Karena dapat memberikan banyak manfaat bagi pemilik rumah. Berikut di antaranya.

1. Dijadikan Ruang Makan Outdoor

Salah satu fungsi rooftop rumah adalah dapat dijadikan sebagai ruang makan outdoor. Sesekali mendapatkan sensasi yang berbeda saat menikmati makan malam dan berkumpul bersama memang dapat menjadi cara alternatif menghilangkan penat. Tidak perlu harus makan di luar seperti di restoran atau cafe, area atap rumah anda bisa dimanfaatkan sebagai tempat makan outdoor bersama keluarga.

 

Anda bisa menambahkan furniture seperti meja dan kursi makan supaya sensasinya seperti makan di atas rooftop hotel berbintang. Tambahkan berbagai dekorasi lainnya jika perlu, seperti lampu tumblr, dan lain sebagainya. Jika ingin yang lebih sederhana dan terkesan santai, meja kecil dengan sofa sudah cukup. Jadi anda bisa sekaligus menikmati waktu snack time di sini.

2. Dijadikan Ruang Santai Outdoor

Fungsi yang paling utama dan ideal dari rooftop adalah dijadikan sebagai ruang santai outdoor. Di sore hari jika anda ingin bersantai dan menikmati pemandangan matahari terbenam, area ini adalah pilihan yang tepat. Apalagi jika desain rooftop rumah telah dirancang sedemikian rupa untuk menunjang waktu santai dan untuk berkumpul bersama keluarga.

 

Anda bisa menambahkan sofa dengan bantal bantal supaya semakin menambah kenyamanan. Jadi pada sore atau pagi hari anda bisa duduk di sana sambil menikmati udara di sekitar yang sejuk. Tidak hanya sekadar bersantai, anda bisa sekaligus melakukan aktivitas membaca hingga minum kopi atau teh. Jangan lupa tambahkan meja kecil agar lebih mudah meletakkan gelas minuman.

3. Dijadikan Ruang Pertemuan

Sering mengundang kolega kantor atau teman untuk datang ke rumah ? Rooftop bisa dijadikan sebagai ruang pertemuan yang menyenangkan. Bahkan suasana santai yang ada di rooftop dapat membantu membuat pikiran menjadi lebih jernih. Bisa jadi anda atau kolega menemukan ide kreatif saat berdiskusi di sini, ketimbang melakukan pertemuan di dalam ruangan dengan dibatasi dinding di sekeliling.

4. Bisa Dijadikan Tempat Barbeque

Bukan hanya sekadar ruang makan outdoor, namun desain rooftop rumah yang telah ditata sedemikian rupa dapat dijadikan tempat barbeque. Jadi tidak perlu bingung apabila ingin mengadakan pesta yang menyenangkan bersama keluarga atau teman. Karena anda dapat membuat pesta barbeque yang seru di rooftop rumah.

 

Supaya suasana semakin semarak, bisa ditambah lampu lampu sebagai pemanis yang membuat rooftop anda semakin cantik. Acara seperti ini paling pas jika dilakukan pada malam hari. Memanggang daging ditemani lampu cantik kelap kelip dan cahaya rembulan, ditambah bersama orang orang terdekat. Terdengar sangat menyenangkan bukan ?

Jenis – Jenis Rooftop Berdasarkan Gayanya

Terdapat berbagai macam jenis desain rooftop yang dapat anda terapkan di rumah. Berdasarkan gayanya, setidaknya ada 6 jenis rooftop yang kini populer dan banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat. Anda dapat memilihnya sesuai selera untuk mendapatkan kesan yang diinginkan. Tidak perlu berlama lama, berikut jenis jenis yang dapat menjadi inspirasi desain rooftop rumah untuk ditiru.

1. Rooftop Minimalis

Karena desain rumah minimalis memang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat, maka desain rooftop minimalis pun banyak dipilih. Gaya ini sangat pas diterapkan apabila anda membangun rumah di lahan yang terbatas. Karena meskipun areanya tidak begitu luas, desain yang tepat akan membuat ruangan tetap terasa nyaman.

 

Dimana model yang satu ini didominasi oleh warna netral dan natural, baik pada lantai maupun furniture yang digunakan. Umumnya lebih banyak menggunakan warna putih dan abu abu yang identik dengan gaya minimalis. Furniture yang dihadirkan pun tidak banyak, cukup kursi dan meja kecil untuk menikmati waktu santai.

2. Rooftop Bergaya Kayu

Rooftop bergaya kayu juga cocok cocok saja digunakan di rumah minimalis, sehingga anda pun dapat menjadikan jenis ini sebagai pertimbangan. Yang mana materialnya tentu didominasi oleh unsur kayu yang terkesan manis dan hangat. Semakin hangat apabila dibuat dengan tata pencahayaan yang tepat, seperti menggunakan lampu dengan cahaya kuning.

 

Hadirnya pencahayaan kuning dari lampu downlight maupun indirect lamp tersebut akan menambah keindahan suasana di sekitar. Membuat rooftop menjadi area yang menyenangkan untuk bersantai. Dan untuk mempermanis keseluruhan tampilan yang ada, anda bisa memberi sentuhan tema asri dengan menghadirkan tanaman hias dan kerikil putih.

3. Rooftop dengan Taman (Roof Garden)

Rooftop adalah bagian rumah yang paling tepat untuk menciptakan area hijau di hunian. Khususnya jika anda tidak mempunyai halaman di depan atau di belakang rumah, maka area hijaunya bisa dipindahkan di atap. Dan ada kelebihan tersendiri membuat rooftop dengan taman seperti ini.

 

Sebab pemandangan yang ditawarkan sangatlah berbeda bila dibandingkan dengan pemandangan taman yang ada di halaman depan atau belakang rumah. Pasalnya selain dapat melihat segarnya taman, anda bisa sekaligus memandang langit biru yang menenangkan. Bahkan di malam hari terdapat taburan bintang bintang yang membuat pemandangan semakin cantik.

4. Rooftop dengan Ayunan

Baik memiliki anak kecil atau tidak, desain rooftop rumah dengan ayunan seringkali menjadi favorit banyak orang. Karena orang dewasa pun merasa duduk di atas ayunan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Sambil menikmati angin semilir, ayunan yang bergoyang pelan akan membuat anda merasa nyaman dan tenang. Bahkan anda dapat menikmati waktu tidur siang seperti ini.

5. Rooftop Ala Resort

Banyak resort yang dibuat dengan rooftop mewah. Anda pun bisa mencoba desain seperti ini untuk dihadirkan di rumah, sehingga setiap saat rasanya seolah seperti liburan. Tentu desain tersebut akan membantu melepas penat setelah lelah beraktivitas. Contohnya anda bisa mengadopsi rooftop dengan desain resort ala Santorini.

 

Resort ala Santorini yang menjadi tempat liburan impian banyak orang, terkenal dengan area atap yang memiliki kolam dan kursi pantai. Kolam tidak perlu terlalu luas, bisa dibuat menyesuaikan ukuran bangunan. Meskipun mini, tapi desain seperti ini benar benar membuat anda seperti sedang berlibur dan tampilannya sangat instagramable.

6. Rooftop untuk Bersantai

Terakhir, rooftop untuk bersantai sebenarnya tidak memiliki desain yang pakem. Desain rooftop rumah ini memungkinkan anda bebas mendesainnya sesuka hati untuk bersantai. Misalnya dengan menghadirkan kursi, sofa, meja kecil, karpet, bantal berbulu, sampai taman mini. Letakkan sesuai keinginan untuk membuatnya senyaman mungkin.

 

Jika anda sedang berencana mendesain dan membangun rumah, tidak ada salahnya mempertimbangkan menyediakan area rooftop. Karena area ini dapat memberikan banyak fungsi seperti yang telah dijelaskan di atas. Dimana ada banyak desain yang bisa anda terapkan untuk membuatnya menjadi area yang nyaman dan menyenangkan untuk bersantai. Temukan pilihan desain interior terbaik yang cocok dengan konsep rooftop Anda di Saniharto.com .