Desain Rumah Minimalis yang Tampil Adem dengan Beton Ekspos

Desain Rumah Minimalis yang Tampil Adem dengan Beton Ekspos | Foto artikel Arsitag

Fasad rumah minimalis beton ekspos dengan tirai bambu di lantai dua, karya Dhanie Sal via arsitag.com
Desain rumah minimalis yang lekat dengan fungsionalitas dan kesederhanaan dapat dihadirkan dengan beberapa pendekatan. Salah satunya adalah memadukannya dengan elemen khas dari gaya desain lain seperti gaya industrial. Hunian karya Dhani Sal ini menjadi contoh perpaduan tersebut, dengan menghadirkan rumah minimalis beton ekspos.

Dalam desain ini, material ekspos yang dikenal sebagai ciri khas desain industrial dipergunakan untuk menonjolkan gaya minimalis sekaligus memberikan kesan adem dan nyaman.

 

Beton Ekspos di Area Eksterior
Roster beton sebagai dinding di teras hunian, karya Dhanie Sal, via arsitag.com

Roster beton sebagai dinding di teras hunian, karya Dhanie Sal, via arsitag.com
Beton ekspos menjadi material utama dalam hunian. Sejak memasuki gerbang rumah, material yang satu ini sudah terlihat mendominasi. Dimulai dengan dinding luar hunian dan jejeran roster beton persegi panjang sebagai penghantar untuk memasuki pintu rumah.

Jejeran roster tersebut bersama dengan tanaman hijau di pojok teras, memberikan tekstur visual dan warna, di antara dominasi tampilan beton ekspos di area tersebut.

 

Area Terbuka Minimalis dengan Material Alam
Material alam kayu pada furnitur yang membawa kesan hangat dalam hunian, karya Dhanie Sal, via arsitag.com

Material alam kayu pada furnitur yang membawa kesan hangat dalam hunian, karya Dhanie Sal, via arsitag.com
Tak jauh dari pintu masuk, terlihat sebuah area terbuka yang dilengkapi dengan meja makan. Sebuah bukaan lebar di sisi seberang menjadi akses masuk udara dan cahaya matahari.

Hal menarik dari area dalam rumah minimalis beton ekspos ini adalah penggunaan berbagai material alam yang memberikan sentuhan kehidupan di dalamnya.  Material alam yang dapat ditemukan di area tersebut adalah kayu sebagai furniture, batu alam sebagai meja dapur, dan ragam tanaman di beberapa titik strategis ruangan.

 

Area makan dan ruang keluarga dalam satu area yang sama dengan pembedaan warna dan material sebagai pemisah visual, karya Dhanie Sal, via arsitag.com

Area makan dan ruang keluarga dalam satu area yang sama dengan pembedaan warna dan material sebagai pemisah visual, karya Dhanie Sal, via arsitag.com
Dari sisi ini terlihat bahwa ruang terbuka tadi dimanfaatkan sebagai dapur, ruang keluarga, sekaligus ruang makan.

Warna abu-abu mendominasi area tersebut, seperti terlihat pada sofa dan karpet lantai ruang keluarga. Penggunaan warna ini dilakukan menyesuaikan dengan tema yang diusung desain rumah minimalis beton ekspos tersebut.

Di sisi lain, penggunaan kayu sebagai furnitur makan menjadi pembeda visual yang memisahkan dengan jelas fungsi area tersebut dengan area lainnya.

Bukaan pada salah satu sisi dinding merupakan pintu kaca lipat yang dapat dibuka tutup sesuai kebutuhan tanpa menghalangi masuknya cahaya matahari. Pada saat yang bersamaan, pintu kaca tersebut menghadirkan manfaat lain, yaitu memberikan kesan lapang dan lega untuk area tersebut.

Dapur Abu-abu Minimalis
Dapur abu-abu mungil di samping tangga, karya Dhanie Sal, via arsitag.com

Dapur abu-abu mungil di samping tangga, karya Dhanie Sal, via arsitag.com
Desain rumah minimalis beton ekspos ini memiliki dapur mungil dengan tema warna yang sama dengan beton ekspos hunian. Warna abu-abu dan hitam dipilih sebagai warna utama kitchen set dan appliance. Sebagai penyeimbang, batu alam pada meja dapur dan backsplash memiliki warna utama putih dengan pola vein abu-abu yang sekali lagi menunjukkan tema warna hunian secara keseluruhan.

 

Area Outdoor Mungil di Belakang Rumah
Area outdoor mungil yang berbatasan dengan ruang keluarga dan dipisahkan oleh pintu kaca lipat, karya Dhanie Sal, via arsitag.com

Area outdoor mungil yang berbatasan dengan ruang keluarga dan dipisahkan oleh pintu kaca lipat, karya Dhanie Sal, via arsitag.com
Tepat di samping ruang keluarga terdapat area outdoor mungil dengan dinding beton ekspos acian kasar dan bangku beton. Tetap pada tema yang sama, area ini dapat dimanfaatkan sebagai area bersantai di sore hari ataupun untuk aktivitas lainnya. Jejeran bilah-bilah kayu menjadi lantai yang nyaman di kaki sekaligus membuatnya terlihat lebih hangat.

Kamar Mandi Minimalis
Dominasi warna abu-abu beton dalam kamar mandi, karya Dhanie Sal, via arsitag.com

Dominasi warna abu-abu beton dalam kamar mandi, karya Dhanie Sal, via arsitag.com
Desain rumah minimalis beton ekspos ini menerapkan tema yang sama untuk setiap area, termasuk kamar mandi. Kamar mandi dalam hunian ini terlihat super simple dengan area shower dibatasi dinding kaca dan sebuah toilet.

Tak terlihat adanya pernak-pernik ataupun dekorasi tambahan lainnya dalam ruangan, hanya sebuah celah pada dinding kamar mandi yang dipergunakan sebagai tempat penyimpanan ragam perlengkapan mandi.