Setiap orang memiliki rumah impiannya yang berbeda-beda, semua itu tergantung pada selera masing-masing. Salah satu desain rumah favorit yang paling disukai oleh banyak orang adalah konsep desain rumah minimalis elegan.
Salah satu model rumah elegan yang kini paling mudah untuk diwujudkan adalah rumah sederhana dengan tampilan elegan. Rumah sederhana ini tidak membutuhkan budget yang besar dan Anda pun bisa dengan mudah mengubah tampilan rumah yang sederhana menjadi rumah elegan sesuai dengan keinginan Anda. Berikut kami bahas satu persatu.

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan
Sumber: youtube.com
Desain rumah minimalis type 36 yang pertama ini dibangun diatas lahan seluas 60 m2. Pada gambar diatas terdapat 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu/ruang keluarga, 1 ruang makan/dapur, dan jemuran/halaman belakang.
Posisi kamar tidur pun sejajar di sebelah kiri dan di pisahkan oleh kamar mandi. Selain itu, kamar tidur utama juga memiliki ukuran yang lebih besar dari kamar tidur lainnya. Walaupun luas bangunan tidak terlalu besar, namun konsep ini masih ada area ruang makan digabung dengan dapur.

Desain Rumah Minimalis Sederhana Tapi Elegan

Desain Rumah Minimalis Sederhana Tapi Elegan
Houseplansservices.com
Memiliki rumah minimalis sederhana tapi elegan merupakan salah satu impian hampir setiap orang, namun bagaimana jika memiliki luas terbatas seperti rumah type 36? Atasi kendala itu dengan inspirasi desain rumah minimalis sederhana tapi elegan ini.
Garasi ini sengaja dibuat di dalam, sementara rumahnya dibangun tanpa teras yang besar untuk bersantai, sehingga tamu yang datang diharapkan bisa langsung masuk ke dalam rumah.
Untuk bagian lantai 2, sengaja dibuat agak memanjang dari atas garasi hingga teras rumah untuk memanfaatkan space lantai atas yang ada. Dengan begitu, rumah ini memiliki banyak ruang dengan sinar pencahayaan bagus karena memiliki jendela di setiap sisinya.

Desain Rumah Minimalis Elegan 1 Lantai

Desain Rumah Minimalis Elegan 1 Lantai
helloshabby.com
desain rumah minimalis elegan 1 lantai menggunakan konsep rumah type 36. Pada bagian fasad ini terlihat minimalis dengan tambahan space yang mungil untuk hunian dibagian depan. Sehingga biaya untuk hunian ini tidak seluruhnya habis di masa pembangunan rumah.
Anda pun bisa saja menyisakan space kosong untuk kegunaan lainnya. Eksterior rumah type 36 ini dominasi dengan warna putih dan pink untuk beberapa bagian saja, yang  memberikan kesan bersih dan airy.
Anda bisa aplikasikan pagar besi dengan kombinasi pasangan batu bata seperti yang terlihat di gambar, sangat memberikan penghematan pada material. Anda pun bisa membuat model pagar terbuka dengan jarak tralis besi yang agak renggang untuk penghawaan rumah lebih menyegarkan.

Desain Rumah Minimalis Elegan 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis Elegan 2 Lantai
homeshabby.com
Jika rumah Anda kebetulan berada di sudut, Anda bisa meniru desain rumah seperti gambar diatas. Rumah dengan konsep desain modern yang dilengkapi dengan taman minimalis dibagian depan dan carport ukuran sedang.
Rumah type 36 dengan 2 lantai ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai eksterior yang minimalis. Kombinasi dari 2 warna dari coklat dan cream ini akan sangat cocok diterapkan untuk desain rumah seperti ini.

Desain Rumah Elegan Minimalis

Desain Rumah Elegan Minimalis
source: pinterest
Desain rumah elegan minimalis yang sempit adalah salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri, hal ini juga akan membuat penghuni rumah memiliki keterbatasan gerak dalam beraktivitas. Maka dari itu ruang yang sempit ini harus bisa Anda akali dengan menempatkan barang atau furniture dengan tepat dan bisa menggunakannya sesuai dengan fungsinya.
Layout rumah minimalis tipe 36 ini umumnya terdiri dari ruang tamu, dua kamar tidur, satu kamar mandi dan dapur. Meskipun sempit, Anda bisa mengakalinya agar selalu terlihat luas dan rapi.

Desain Rumah Minimalis Mewah Dan Elegan

Desain Rumah Minimalis Mewah Dan Elegan
parboaboa.com
Desain rumah minimalis mewah dan elegan lain yang bisa Anda temui saat ini terdapat pada unit dengan tipe 36. Umumnya unit-unit dengan tipe ini memiliki luas 6x6m atau 9x4m2.
Tipe rumah ini pun cukup untuk membuat 2 kamar tidur, satu buah ruang tengah yang bisa juga difungsikan menjadi area keluarga yang sekaligus area makan.  Rumah dengan tipe 36 memang memiliki lahan yang terbatas, untuk itu kita harus pintar-pintar dalam memanfaatkan setiap lahan yang ada. Karena jika tidak mau memanfaatkan lahan depan, artinya kita akan mengurangi alokasi lahan di bagian belakang.
Sementara jika ketika ingin memaksimalkan halaman belakang, maka kita harus mengurangi area taman bagian depan, atau area garasi agar hunian bisa tetap maksimal.

Desain Rumah Minimalis Modern Elegan

Desain Rumah Minimalis Modern Elegan
homeshabby.com
Tampilan eksterior pada desain rumah minimalis modern elegan ini bisa didominasi dengan perpaduan antara warna gelap dan netral, salah satunya seperti ini yang bisa jadi contoh.
Tata layout pada bagian fasad ini tidak dihabiskan menyeluruh untuk bangunan, karena memberikan efek segar berkat hadirnya taman. Detail dinding batu alam warna hitam yang menyatu dengan pemilihan kusen kayu antara jendela dan pintu utama akan menghadirkan kesan rumah yang hangat.

Desain Rumah Minimalis Tapi Elegan

Desain Rumah Minimalis Tapi Elegan
Sumber: Pinterest
Desain rumah minimalis tapi elegan selanjutnya konsepnya yang dipadukan dengan rumah gaya modern. Sebenarnya desain minimalis ini menciptakan paduan rumah nyaman dengan suasana terbuka namun tetap memperhatikan estetika. Pada umumnya, desain rumah minimalis tapi elegan ini berusaha untuk mengoptimalkan ruangan yang ada.
Oleh karena itu, ada susunan interior yang banyak menggunakan konsep hidden storage untuk menjaga kerapian ruangan dan menciptakan kesan yang lebih luas. Material yang digunakan pun cenderung memakai kaca, kayu, batu, dan logam.

Desain Cat Tembok Elegan Berkelas Depan Rumah Minimalis

Desain Cat Tembok Elegan Berkelas Depan Rumah Minimalis
hargadepo.com
Desain cat tembok elegan berkelas depan rumah minimalis ini menggunakan aarna cream, yang merupakan salah satu warna yang bersifat netral. Warna ini diyakini mampu memberikan suasana klasik, vintage dan hangat pada bangunan.
Dalam penggunaan warna cream pada interior ataupun eksterior rumah juga bisa Anda tambahkan dengan ornamen tertentu yang bisa membuat warna cream Anda terlihat semakin modern dan stylish.

Desain Rumah Minimalis Elegan 2 Kamar

Desain Rumah Minimalis Elegan 2 Kamar
Source: Homeshabby.com
Jika Anda tipe seseorang yang minimalis dan tidak ingin ribet, Anda bisa membentuk rumah dengan denah yang sederhana yaitu dengan desain rumah minimalis elegan 2 kamar.  Hal ini bisa mengurangi biaya pembangunan. Walaupun sederhana, Anda juga bisa memberi sentuhan estetik pada balkon dan pagarnya. Anda bisa lihat sendiri konsepnya pada gambar diatas.

Desain Rumah Minimalis Elegan 3 Kamar

Desain Rumah Minimalis Elegan 3 Kamar
homeshabby.com
Dengan padatnya perumahan di perkotaan, banyak sekali yang kini hijrah atau pindah ke perkampungan, karena lahan di perkotaan sekarang sudah semakin sempit dan tentunya jalanan di perkotaan pun sudah padat dan macet.
Bila Anda sedang ingin merencanakan membangun rumah, ada baiknya lihat konsep desain di atas, karena desain tersebut merupakan desain rumah minimalis tipe 54 dengan tampilan yang elegan dan sangat cocok di terapkan di perkampungan maupun perkotaan.
Untuk tampilan pada eksterior rumah ini memang dibuat dengan gaya yang elegan dengan penggunaan warna yang netral dan tidak mencolok. Sedangkan bagian pagarnya  bisa tampil minimalis, ditambah lagi dengan sentuhan kayu dan dikombinasikan dengan pagar tembok dan besi.
Sedangkan untuk warna temboknya diberi warna putih karena warna putih ini adalah warna yang akan memberikan tampilan yang elegan dan cerah, kusen kayu yang warna coklat pun nanti akan tampil lebih elegan dan tentunya sangat nyaman.

Desain Rumah Minimalis Elegan 4 Kamar

Desain Rumah Minimalis Elegan 4 Kamar
helloshabby.com
Fasad rumah ini tampil terbuka dengan penggunaan desain tanpa pagar. Namun, Anda tetap bisa mendesain pagar ini jika ingin area rumah Anda bisa lebih terjaga privasinya. Area depan rumah pun memiliki taman hijau agar rumah memberikan suasana yang sejuk dan jauh dari kata gersang.
Dinding eksterior pada fasad ini juga tampil menarik dengan memanfaatkan material dan bentuk. Misalnya saja pada dinding eksterior lantai satu ini yang menampilkan dinding semen ekspos yang diberi aksen warna putih.
Di samping dindingnya juga diletakkan warna merah yang tampil sebagai kontras. Sedangkan pada area lantai duanya, disulap agar cantik dengan menggunakan kisi-kisi berongga yang terlihat ciamik.

Denah Rumah Minimalis Elegan 1 Lantai

Denah Rumah Minimalis Elegan 1 Lantai
Sumber: Ruang Interior
denah rumah minimalis elegan 1 lantai ini memiliki ukuran yang luas sehingga Ada bisa isi dengan 3 kamar tidur. Pada konsep denah ini, kamar tidur ini memiliki 2 kamar mandi  dan 1 toilet pribadi.
Adapun, satu kamar mandi lainnya berada di area luar untuk digunakan bersama-sama.
Area ruang tamu dan ruang makan dibuat menyatu dalam satu ruangan tanpa sekat, sedangkan dapurnya berada terpisah dan bersebelahan dengan area ruang cuci.

Denah Rumah Minimalis Elegan 2 Lantai

Denah Rumah Minimalis Elegan 2 Lantai
sumber: rhdesainrumah.com
denah rumah minimalis elegan 2 lantai ini menempatkan kamar tidur utama pada lantai 1, sehingga lantai 2 rumah bisa menjadi lebih luas. Anda pun bisa memanfaatkan ruang keluarga pada lantai 2 sebagai ruang televisi dan ruang keluarga di lantai 1 digunakan sebagai ruang tamu.
Desain ini juga menambahkan area ruang cuci yang berada di pekarangan rumah. Pekarangan yang luas juga bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk berkebun dengan tambahan tanaman minimalis yang mudah perawatannya.
Semoga bermanfaat dan diharapkan Anda tidak bingung lagi kedepannya, saat ingin desain rumah minimalis elegan sesuai selera.
Sumber : https://www.rumahminimalisdepok.com/2022/09/desain-rumah-minimalis-elegan-pasti.html