Minimalisme sudah menjadi hal yang sangat populer selama bertahun-tahun dalam filosofi desain. Rumah minimalis adalah gaya desain tempat tinggal yang memiliki ciri kesederhanaan bentuk, ruang, material, detail, dan juga warna.

Dari dulu hingga kini, prinsip ruang terbuka dan bersih adalah untuk membuat arsitektur beserta furniture dalam ruang bisa ditata secara mudah. Jika Anda menyukai keindahan, ketenangan dan kehangatan, ruang minimalis adalah tempat yang sangat pas untuk Anda. Lantas, apa saja ciri dan kelebihannya sebagai gaya rumah?

Kesederhanaan dalam Bentuk serta Fungsi

ciri Rumah Minimalis

Kebanyakan rumah dengan desain minimalis memiliki denah rumah yang sederhana dan efisien. Hal tersebut menyangkut ketepatan dalam perencanaan ruang, dimana ruang dapat diprediksi dan tidak berbelit-belit. Dinding dengan interior yang minimal, denah lantai terbuka, tempat penyimpanan yang simpel namun elegan, juga penekanan pada pandangan dengan cahaya matahari merupakan ciri khas denah rumah minimalis.

Ventilasi rumah minimalis ini pun biasanya sangat sederhana. Secara keseluruhan, desain rumah sederhana tidak memiliki bentuk bangunan yang kompleks. Atap yang sederhana juga merupakan karakteristik rumah minimalis.

Ruang Terbuka dengan Cahaya

Ruang Terbuka dengan Cahaya

Desain rumah minimalis dengan rancangan terbuka antara ruang tamu dan dapur bisa menjadi ide yang sangat bagus. Jenis rancangan ini membuat cahaya melimpah masuk mengisi ruangan tersebut. Dinding dengan warna terang, detail yang bersih dengan desain modern, ruangan yang rapi serta palet berwarna netral ditambah dengan sedikit percikan warna berbeda akan memberikan daya tarik yang nyaman dan segar.

Kamar tidur luas yang dipenuhi dengan garis pandang cahaya yang besar merupakan ciri khas desain minimalis. Berlimpahnya cahaya alami ini menambah suasana ruang menjadi terasa lebih nyaman.

Detail Sederhana tanpa Dekorasi Berlebihan

Desain Flat Stock Trim

Sumber: pinterest

Kebanyakan rumah minimalis memasang interior dengan pilihan bentuk yang bersih dan polos. Detail jendela yang bersih dan jernih dirancang dengan baik, dan bagian-bagian yang tidak perlu sebaiknya disingkirkan. Kerangka jendela yang rata dengan sambungan bahan kelongsong memberikan tampilan bersih pada jendela, bisa juga ditambah sedikit gambar agar tidak terlalu polos.

BACA JUGA:  7 Inspirasi Model Gorden untuk Rumah Minimalis

Detail rumah dengan desain minimalis sederhana juga sangat menghemat biaya. Anda bisa menggunakan cara yang murah dan mudah untuk memangkas bagian pintu dan jendela dengan cara flat stock trim, untuk mempertahankan tampilan minimalis.

Bentuk Bangunan Kubus atau Kotak

bentuk bangunan kubus atau kotak

Sumber: homeworlddesign

Ciri utama dari arsitektur minimalis modern adalah bentuk denah yang kotak, bentuk bangunan kubus dan deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak. Jika dilihat dari luas, rumah minimalis modern memiliki bentuk geometris seperti persegi panjang atau kubus. Atapnya pun tidak berbentuk segitiga seperti rumah kebanyakan, melainkan datar. Desain ini membuat bentuk keseluruhan bangunan dari arsitektur minimalis modern terlihat sederhana, namun tetap elegan dan modern. Bagian fasad rumah juga dibangun tanpa dekorasi, berbeda dengan arsitektur rumah lainnya.

Minim Sekat Ruangan

minim sekat ruangan

Sumber: materialicious

Hampir tiap ruangan di dalam arsitektur minimalis modern biasanya tidak dilengkapi dengan dinding pembatas. Misalnya saja antara dapur dan ruang makan, atau antara ruang makan dan ruang keluarga. Pembatas atau sekat ruangan biasanya hanya digunakan untuk ruang-ruang yang sifatnya pribadi seperti misalnya kamar tidur dan kamar mandi. Selain itu, ruang lainnya biasanya hanya dipisahkan dengan menggunakan partisi seperti rak atau meja. Minimnya sekat membuat bagian dalam rumah akan terlihat lebih luas, nyaman, dan juga lebih terang.

Material Sederhana untuk Hasil Maksimal

Menggunakan material sederhana untuk hasil maksimal

Sumber: freshome

Dalam rumah minimalis modern, desain digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk dasar geometeris, tidak adanya banyak hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana serta pengulangan struktur merupakan ciri khas dari minimalis modern. Salah satu motto dari arsitek minimalis adalah “listen to figure”. Artinya, desain ini mencari esensi kesederhanaan dengan menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan yang sederhana dan umum.

Lihat saja, rumah minimalis modern selalu menggunakan material bangunan yang sederhana dan mudah ditemukan. Kebanyakan rumah menggunakan material bangunan fabrikasi seperti kaca, beton, dan baja. Material bangunan yang tidak rumit justru memberikan daya tarik tersendiri sekaligus menonjolkan sifat asli dari material bangunan tersebut.

BACA JUGA:  5 Rumah Adat Sulawesi Selatan yang Kaya akan Filosofi Budaya

Fokus pada Fungsi

ruangan minimalis

Sumber: freshome

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, rumah minimalis modern memiliki denah atau tata letak rumah yang sederhana, namun efisien. Furniture yang digunakan juga sangat sederhana dan sesuai fungsinya. Misalnya untuk ruang keluarga hanya ada sofa, meja tamu, dan mungkin sebuah rak pajangan untuk melengkapinya. Ruangan pun didekorasi dengan sederhana dan tidak rumit dengan banyaknya dekorasi, karena arsitektur minimalis modern selalu mengutamakan fungsi.

Minimnya furniture yang digunakan membuat ruangan terlihat lebih besar, meskipun luas sebenarnya sendiri tergolong sempit. Hal ini membuat kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan dengan lahan sempit lebih menyukai gaya desain yang satu ini.

Didominasi oleh Warna Putih, Hitam, dan Abu-Abu

dapur dengan ciri minimalis

Sumber: interiorzine

Warna monokrom yaitu putih, hitam dan abu-abu merupakan tiga warna yang paling sering mendominasi arsitektur rumah minimalis. Warna monokrom ini membuat tampilan rumah lebih sederhana, bersih, namun tetap modern dan elegan. Ketiga warna ini biasanya diterapkan pada bagian dinding, lantai, furniture, dekorasi, dan lainnya. Namun, Anda tetap bisa berkreasi dengan warna lainnya sebagai aksen pemanis interior agar tidak terlihat monoton.

Dilengkapi dengan Taman Minimalis

ciri taman minimalis

Sumber: thesweethouseofmadness

Tak hanya desain rumahnya saja yang sederhana, tetapi desain taman pada rumah minimalis modern juga sederhana. Biasanya, taman pada rumah tidak memiliki pohon yang terlalu besar dan bagian tanah hanya ditutupi dengan rumput atau bebatuan agar terlihat rapi. Sangat sedikit yang menanam bunga berwarna mencolok untuk taman di rumah minimalis modern.