Cantiknya Kamar Mandi Bergaya Japandi, bikin Adem dan Tenang

Cantiknya Kamar Mandi Bergaya Japandi, bikin Adem dan Tenang | Foto artikel Arsitag

Kamar mandi desain Japandi dengan dominasi putih, karya Lukemala Creative Studio, via Arsitag
Desain kamar mandi Japandi merupakan sebuah tren baru dan diperkirakan dapat bertahan untuk waktu lama. Gaya desain yang cantik dan fungsional menghadirkan suasana adem dan tenang, cocok dengan kebutuhan kaum modern saat ini. Tidak heran, bila popularitasnya semakin menanjak belakangan ini.

Berikut ini adalah beberapa ide inspirasi desain kamar mandi Japandi untuk proyek pembangunan atau renovasi rumah Anda selanjutnya:

 

Kamar Mandi Japandi Outdoor
Kayu sebagai material utama kamar mandi, karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon, via Arsitag

Kayu sebagai material utama kamar mandi, karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon, via Arsitag
Kamar mandi Japandi ini berada di area outdoor yang terasa sangat lekat dan dekat dengan alam. Unsur bumi terasa kental dengan penggunaan bilah-bilah kayu sebagai lantai dan dinding. Tidak lupa, bathtub kayu yang terlihat sangat keren.

Untuk area shower sendiri beralaskan bebatuan putih untuk tampilan kontras dengan area sekitarnya, sekaligus menjadi pembatas visual antara shower dan bathtub.

 

Warna Kalem nan Bersih
Skylight di atas area shower membuat kamar mandi menjadi terang benderang, karya Erwin Kusuma, via Arsitag

Skylight di atas area shower membuat kamar mandi menjadi terang benderang, karya Erwin Kusuma, via Arsitag
Tampilan yang bersih dan kalem dalam kamar mandi Japandi ini hadir berkat perpaduan warna netral dan elemen kayu dalam balutan cokelat lembut yang hangat. Area shower dengan kaca frameless membuat ruangan terlihat lapang dan lega. Skylight di atas area shower menjanjikan ruangan yang terang benderang dan bermandikan cahaya matahari sepanjang hari.

Putih dan Minimalis
Kamar mandi mungil memanjang dengan dominasi putih dan bingkai hitam, karya HelloEmbryo, via Arsitag

Kamar mandi mungil memanjang dengan dominasi putih dan bingkai hitam, karya HelloEmbryo, via Arsitag
Desain Japandi menggunakan pendekatan minimalis yang cocok dipergunakan untuk ruangan dalam berbagai ukuran. Kamar mandi Japandi dengan ukuran mungil dan memanjang ini menerapkan desain Japandi dengan menarik.

Putih menjadi warna dominan untuk membangun kesan lapang. Sementara itu, warna hitam yang dihadirkan sebagai kontras dipergunakan sebagai frame dinding shower dan jendela kamar mandi.

 

Japandi yang Menenangkan
Kerai pada dinding kaca kamar mandi untuk memenuhi kebutuhan privasi, karya RAW Architecture, via Arsitag

Kerai pada dinding kaca kamar mandi untuk memenuhi kebutuhan privasi, karya RAW Architecture, via Arsitag
Warna yang lembut dan menenangkan menjadi tema dari kamar mandi Japandi ini. Kamar mandi ini terasa lapang dengan pemanfaatan warna lembut dan frameless shower door.

Hal menarik dihadirkan melalui dinding jendela kaca dengan tirai yang dapat dibuka tutup sesuai keinginan dan kebutuhan privasi.  Setiap bagian kamar mandi menggunakan desain dengan garis lurus dan sederhana, dengan sedikit sentuhan bentuk oval lembut pada basin.

 

Kamar Mandi Semi Terbuka
Desain kamar mandi Japandi yang mengintegrasikan antara elemen alam dengan hunian, karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon, via Arsitag

Desain kamar mandi Japandi yang mengintegrasikan antara elemen alam dengan hunian, karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon, via Arsitag
Kamar mandi Japandi ini menawarkan konsep semi terbuka dengan keberadaan pohon yang menjadi bagian dari interiornya.  Konsep ini semakin terasa dengan keberadaan atap dari bilah-bilah kayu di atas bathtub dan dinding dengan kisi-kisi vertikal yang dapat dibuka. Material alam kayu yang terlihat mendominasi plus bebatuan putih, memperkuat kesan seakan-akan berada di area outdoor.

 

Desain yang Lurus dan Tegas
Area shower dan bathtub dalam bentuk memanjang, karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon, via Arsitag

Area shower dan bathtub dalam bentuk memanjang, karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon, via Arsitag
Desain kamar mandi Japandi ini didominasi oleh garis lurus dan tegas pada setiap elemennya. Bathtub dan area shower berada pada satu area memanjang dengan pembeda visual pada atap langit-langit. Elemen alam kayu hadir dalam kontras warna berbeda pada bathtub dan plafon ruangan.

Desainnya membangun kesan efisien sekaligus lapang, berkat dinding kaca yang membuka langsung ke area outdoor di kedua sisi ruangan.

Desain Monokrom
Kontrasnya hitam dan putih dalam kamar mandi Japandi, foto oleh R Architecture, via Unsplash

Kontrasnya hitam dan putih dalam kamar mandi Japandi, foto oleh R Architecture, via Unsplash
Paduan cantik hitam dan putih dalam desain kamar mandi Japandi monokrom ini menghadirkan kesan adem dan tenang. Kontras utama terlihat pada washtub putih dan basin hitam ganda. Sementara, warna abu-abu pada dinding dan lantai ruangan seakan menjadi kanvas dasar untuk perpaduan kontrasnya kedua warna tersebut.