Bagaimana Membuat Peredam Suara?

Hingga saat ini, material PET memang paling baik diinstalasikan untuk peredam suara. Tapi, pemanfaatan PET juga sangat dipengaruhi oleh penataan material di dalam ruangan. Banyak cara lain yang kamu lakukan untuk mengatasi kebisingan di ruangan tanpa peredam suara. Berikut ini, cara mengatasi kebisingan suara tanpa peredam suara ruangan rekomendasi dari SpaceStock.

1. Pemanfaatan Pintu dan Jendela Ruangan

PINTEREST

Ketika kamu ingin mengurangi keadaan bising suara di dalam ruangan, maka kamu perlu memperhatikan kondisi pintu dan jendela. Pintu dengan motif lekukan mesti disingkirkan dan sangat disarankan agar kamu menggunakan pintu dengan desain solid. Pintu yang solid dinilai lebih tenang dibandingkan pintu dengan hiasan berukir.

Selain pintu kondisi jendela juga harus diperhatikan untuk memastikan suara bising tidak menyelinap melalui sela-sela jendela. Sebaiknya, kamu memasang weather stripping di setiap jendela rumah. Weather stripping merupakan metode mengisi setiap celah yang ada di jendela atau pintu yang diberi karet khusus. kamu bisa mengganti setiap jendela dengan kaca tiga panel untuk meredam suara dari luar ruangan dengan lebih efektif.

2. Pemilihan Cat Interior

FLOKQ

Cat ternyata dimanfaatkan sebagai peredam suara. Tapi, kamu harus memilih dengan benar. Cat yang berfungsi meredam suara dari luar ruangan adalah cat yang yang memiliki formulasi khusus sebagai melapisi dinding. Biasanya cat ini bisa mengurangi kebisingan sampai dengan 30%. Cat jenis ini memang masih sangat langka dan sulit ditemukan. Tapi ada perusahaan cat multinasional, seperti serenity coating, yang mulai memproduksi cat khusus peredam suara untuk mengurangi suara dari luar yang tidak diinginkan.

3. Memeriksa Kondisi Lantai

Peredam Suara Ruangan
PINTEREST

Lantai merupakan bagian dari bangunan yang tergolong solid dan sangat keras sehingga perlu kamu sadari kalau lantai bisa menjadi pemantul suara yang hebat. Oleh karenanya, kamu harus memeriksa kondisi lantai. Beberapa jenis keramik yang digunakan untuk lantai ternyata bisa bermasalah dalam mengatasi kebisingan. Beberapa jenis lantai ada yang menimbulkan suara berdecit dan akan terdengar sangat menyebalkan. Maka itu, kamu perlu mengganti lantai tersebut dengan yang baru. Bacalah spesifikasi lantai dan material yang digunakan. Tanyakan kepada ahli bangunan untuk pilihan lantai yang cocok untuk meredam suara.

4. Manfaatkan Rak Buku

peredam suara ruangan
GETTYIMAGES

Kalau kamu orang yang gemar membaca dan banyak mengoleksi buku, maka kamu sangat beruntung. Buku yang disusun untuk rak buku ternyata bisa meredam suara. Kamu hanya perlu menyusun buku-buku di dalam rak. Pastikan kamu menyusun secara rapat, tidak ada renggang, dan kalau bisa upayakan ukuran buku pas dengan tinggi lantai rak buku.

5. Manfaatkan Gorden dan Karpet

peredam suara ruangan
GETTYIMAGES

Sejauh ini, gorden hanya dimanfaatkan untuk mencegah cahaya matahari yang berlebihan masuk ke dalam ruangan. Tapi, ternyata gorden juga berfungsi untuk mengurangi suara bising yang mungkin masuk ke dalam ruangan. Namun, pemilihan bahan harus diperhatikan. Pilihlah gorden yang terbuat dari bahan cukup tebal seperti brokat bermotif, bludru, ataupun wol. Pemasangan gorden perlu diperhatikan untuk hasil yang optimal, misalnya dipasang mengelilingi dinding ruangan dan dipasang pada setiap jendela. Kamu juga bisa menambahkan karpet lantai berbahan tebal untuk meredam suara lebih baik.

6. Insulasi

Peredam Suara Ruangan
THIS OLD HOUSE

Insulasi merupakan cara paling efektif untuk mencegah masuknya suara bising ke dalam ruangan. Insulator tidak hanya berfungsi sebagai peredam saja, tetapi juga bisa mengurangi panas matahari yang merambat ke dalam ruangan. Beberapa perumahan dan apartemen di Indonesia sudah sudah mulai mengaplikasikan insulasi. Caranya adalah melapisi dinding dengan rockwool dan penggunaan kaca jendela ganda.

Itulah solusi menghilangkan kebisingan tanpa harus menggunakan peredam suara ruangan dari SpaceStock. Saat ini, hunian yang memiliki tingkat kebisingan rendah dan mendekati nol adalah apartemen. Dengan desain dan arsitektur berkelas, apartemen menjamin kamu akan bebas dari segala bentuk kebisingan. Jadi, apartemen merupakan hunian yang cocok buat kamu yang sibuk bekerja di rumah. Untuk berbagai macam pilihan unit apartemen,