Menempatkan jendela pada hunian jelas tidak boleh sembarangan, ada perhitungan dan perkiraan yang harus pas sehingga pencahayaan alami bisa memasuki ruangan dengan optimal.

Namun, tidak semua bangunan rumah bisa “ditempeli” jendela seenaknya. Ada beberapa kondisi yang membuat penempatan jendela seolah sulit bahkan tidak mungkin.

Misalnya dinding rumah yang saling menempel dengan hunian tetangga, tentunya kita jadi tak bisa membuat jendela di bagian tersebut.

Belum lagi jika rumah berukuran kecil dan tidak tersorot matahari, rasanya penggunaan jendela juga menjadi tidak maksimal.

Nah, salah satu solusi agar hunian nampak terang adalah dengan atap skylight.

Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah ini, atap skylight adalah teknologi atap transparan yang mampu memberikan penyinaran dan sirkulasi udara pada ruangan.

Atap skylight terbuat dari plastik, kaca bahkan fiber, tergantung dari kebutuhan dan preferensi pemilik rumah.

Tertarik menggunakan atap skylight? Mari simak kelebihan, kekurangan, dan inspirasi desainnya berikut ini.

Kelebihan Atap Skylight

Kelebihan Atap SkylightFoto : townandcountryus.com

Memaksimalkan Cahaya Matahari

Sudah jelas, fungsi dari atap skylight adalah sebagai perantara pencahayaan alami, agar bisa masuk ke dalam ruangan dengan lebih optimal.

Jika memasang jendela tidak memungkinkan, skylight bisa jadi solusi untuk penerangan ruangan di siang hari.

Lebih Hemat Energi

Hunian yang sepanjang hari diterangi lampu tentu ada lho, itu dikarenakan kekurangan ventilasi atau posisi rumah yang tidak tersinari oleh matahari.

Efeknya tentu biaya listrik jadi lebih boros dan tagihan juga membengkak. Namun jika menggunakan atap skylight, kondisi ini bisa dihindari.

Menambah Estetika Hunian

Menambah Estetika HunianFoto : prefixsystems.co.uk

Salah satu kelebihan dari menggunakan atap skylight, ialah dapat menambah keindahan pada ruangan.

Anda bisa dengan lebih jelas menatap langit biru, hadirnya material kaca pada atap juga bisa membuat ruangan jadi lebih elegan.

Bagi kamu yang ingin memperkuat kesan modern pada hunian, maka penggunaan skylight bisa jadi pilihan.