Apa itu Balkon Rumah?

Secara definisi bahasa, balkon adalah serambi atau teras lantai atas yang ada pada bangunan bertingkat. Balkon bisa diletakkan pada sisi depan, samping, maupun belakang pada lantai atas rumah tinggal Anda.

Pada dasarnya tidak semua hunian memiliki sisi bangunan yang satu ini. Karena memang balkon adalah ruang yang sifatnya opsional. Namun tidak ada salahnya menambahkan beranda atas untuk bersantai dengan keluarga.

Model Balkon Rumah

Balkon adalah ruang yang bisa Anda kreasikan sesuai selera. Coba jadikan sisi hunian ini sebagai ajang menuangkan ekspresi Anda. Sebagai inspirasi, ayo tengok sejumlah model balkon rumah yang bisa Anda tiru berikut ini!

Balkon Rumah Lantai 2

Balkon Rumah Lantai 2

Balkon rumah lantai 2 bisa Anda buat seperti contoh di atas. Beranda yang berukuran kurang lebih 2 x 4 meter tersebut dibangun dengan sederhana dan polos. Pagar teras atas terbuat dari rangka besi yang diwarnai cat pelapis tambahan. Sedangkan lantai diberi keramik polos berwarna cream.

Selain itu, tanaman kecil dalam pot berguna untuk menambah keasrian dan estetika balkon. Perpaduan antara seluruh elemen yang berwarna senada akan membuat tampilan terlihat semakin apik.

Desain Balkon Minimalis

Desain Balkon Minimalis

Secara definisi, konsep minimalis adalah aliran seni arsitektur yang mengutamakan fungsi objek desain itu sendiri. Sehingga bisa dikatakan jika balkon minimalis berfungsi sebagai tempat bersantai, maka hal itu lah yang diutamakan dalam pembangunannya.

Di samping itu konsep minimalis juga menerapkan pembuatan desain dengan mempertahankan elemen esensial saja. Model balkon minimalis pada gambar terlihat dari pembuatan balkon ‘seadanya’ dengan menambahkan pagar kaca dan satu meja kursi tanpa dekorasi tambahan lain. Terlebih pemilihan warna yang netral bisa mendukung kesederhanaan yang juga merupakan ciri khas lain dari konsep ini.

Balkon Minimalis di Atas Garasi Rumah

Balkon Diatas Garasi Rumah Minimalis

Balkon adalah sisi bangunan yang bisa Anda taruh mana saja, salah satunya di atas garasi rumah. Kebanyakan balkon minimalis di atas garasi rumah berukuran sebesar garasi itu sendiri. Sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk menuangkan kreasi dalam mendesain balkon rumah minimalis.

Ide Kursi Rotan untuk Balkon

Ide Kursi Rotan untuk Balkon

Banyak jenis kursi yang bisa Anda taruh sebagai dekorasi desain balkon minimalis di rumah, salah satunya adalah kursi berbahan rotan. Kelebihan bahan yang satu ini sebagai bahan kursi adalah ringan juga tahan beban berat.

Balkon Rumah Semi Terbuka

Balkon Rumah Semi Terbuka

Kebanyakan balkon adalah ruang yang sepenuhnya terbuka. Tetapi pastinya model tersebut bisa Anda modifikasi menjadi tempat semi terbuka. Upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberi partisi berupa sliding mirror.

Meja dan Pemanggang untuk Berkumpul bersama Keluarga Besar

Meja dan Pemanggang untuk Berkumpul bersama Keluarga Besar

Apakah Anda punya jumlah anggota yang cukup banyak? Manfaatkan balkon pada hunian Anda sebagai tempat berkumpul dengan mereka. Tambahkan meja dan pemanggang agar bisa dimanfaatkan ketika ingin makan bersama sekaligus.

Tanaman Hijau Penghias Balkon

Tanaman Hijau Penghias Balkon

Pada umumnya, orang-orang banyak memanfaatkan teras atas sebagai tempat menaruh kursi dan ngobrol bersama anggota keluarga. Namun apa jadinya jika lahan yang Anda miliki tidak cukup untuk sekedar menaruh bangku? Anda bisa memilah tanaman hias berukuran kecil sebagai pengisi beranda tersebut. Rumah dijamin terlihat lebih asri dan suasana lebih terasa sejuk.

Balkon Rumah dengan Kolam

Balkon Rumah dengan Kolam

Balkon bisa Anda kreasikan bukan sekedar berbentuk teras dengan pagar pembatas saja. Jika lahan beranda di lantai atas cukup luas, coba tambah kolam seperti contoh tersebut. Jangan lupa beri lampu berantai dan tumbuh-tumbuhan agar suasana menjadi lebih hangat dan romantis.

Rangka Pagar dari Stainless

Rangka Pagar dari Stainless

Rangka pagar balkon adalah salah satu bagian yang bisa dibuat dengan material apa saja. Mulai dari besi, stainless, kayu, hingga kaca bisa jadi pilihan Anda. Namun jika mencari bahan yang awet terhadap cuaca, lebih baik pilih stainless sebagai rangka pagar balkon pada rumah Anda. Sebab bahan tersebut tidak akan berkarat apalagi lapuk terkena perubahan suhu udara yang drastis.

Pagar Pembatas Kayu

Pagar Pembatas Kayu

Inspirasi terakhir adalah membuat balkon hunian adalah dengan pagar pembatas dari material kayu. Opsi yang satu ini sangat cocok jika konsep yang Anda terapkan dalam hunian adalah tropis. Sehingga rumah terasa lebih menyatu dengan alam.