8 Furniture Penting untuk Rumah Pertama Anda Jadi Super Nyaman

8 Furniture Penting untuk Rumah Pertama Anda Jadi Super Nyaman | Foto artikel Arsitag

Furniture pilihan di ruang keluarga, foto oleh fromitaly, via unsplash.com
Berencana untuk segera menempati rumah pertama Anda? Salah satu hal yang perlu dipikirkan demi menciptakan kenyamanan di rumah baru adalah keberadaan furniture. Tentu saja ada tantangan tersendiri yang harus Anda hadapi untuk menentukan furnitur rumah pertama. Mulai dari desain furniture, warna, fungsi, penataan hingga anggaran biayanya.

Nah, untuk memudahkan menjatuhkan pilihan furniture, berikut ini 8 rekomendasi furniture penting yang bisa membuat rumah pertama Anda jadi super nyaman!

 

1. Kasur yang nyaman
Kasur yang nyaman di kamar tidur utama 11 A Residence, karya Sontani Partners, via Arsitag.com

Kasur yang nyaman di kamar tidur utama 11 A Residence, karya Sontani Partners, via Arsitag.com
Kenyamanan beristirahat sangat penting karena bisa mempengaruhi kesehatan dan mood. Masalahnya, dengan suasana yang benar-benar baru, tak sedikit penghuni rumah yang merasa tak nyaman di malam-malam pertama tidur di rumah baru.

Untuk mengurangi rasa canggung itu, sebaiknya pilih kasur yang benar-benar nyaman. Tak hanya mempertimbangkan ukuran kasur saja tetapi juga tingkat keempukannya. Misalnya saja, jika Anda memiliki keluhan nyeri di punggung, sebaiknya pilih kasur yang sedikit keras dan menghindari kasur yang terlalu empuk. Pilih pula perlengkapan kasur dan dipan yang tepat agar tidur semakin lelap.

 

2. Furniture rumah pertama untuk ruang keluarga, sofa atau couch?
Sofa dan kursi di ruang keluarga di Kembang Murni House, karya RAW Architecture, via Arsitag.com

Sofa dan kursi di ruang keluarga di Kembang Murni House, karya RAW Architecture, via Arsitag.com
Untuk bersantai bersama keluarga dan sekaligus untuk menerima tamu yang datang ke rumah pertama Anda, tentu seperangkat furniture untuk ruang keluarga menjadi kebutuhan penting. Setidaknya, ada dua macam furnitur yang bisa dipilih yakni sofa dan couch.

Sofa tersedia dalam berbagai ukuran, warna dan model. Sofa umumnya dilengkapi dengan bantalan yang nyaman dan juga penyangga lengan di sisi-sisinya. Furniture ini menawarkan kenyamanan untuk bersantai bagi penghuni rumah dan sekaligus menyediakan tempat duduk yang cukup jika ada tamu yang datang.

Sedangkan, couch berkesan kasual dan lebih cocok untuk bersantai, sekadar berbaring sambil menonton televisi. Couch biasanya tak memiliki penyangga lengan dan ukurannya tak sebesar sofa.

Dengan memahami kedua perbedaan couch dan sofa ini, Anda bisa memilih furniture untuk ruang keluarga yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Meja makan yang bisa berfungsi ganda sebagai pilihan ideal
Meja makan mungil di Inset House, karya Delution, via Arsitag.com

Meja makan mungil di Inset House, karya Delution, via Arsitag.com
Untuk menyiasati anggaran belanja furniture rumah pertama, Anda bisa memilih meja makan yang berfungsi ganda. Artinya, meja makan ini kelak tak hanya berfungsi sebagai meja makan saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai meja kerja atau meja belajar anak-anak.

Untuk itu, Anda perlu memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Berinvestasi pada meja makan seperti ini akan sangat bermanfaat untuk kenyamanan keluarga di rumah pertama.

 

4. Pencahayaan yang sesuai untuk rumah pertama
Pencahayaan yang artistik di ruangan, karya Arkitekt.id, via Arsitag.com

Pencahayaan yang artistik di ruangan, karya Arkitekt.id, via Arsitag.com
Pencahayaan yang tepat dan cukup akan sangat berpengaruh pada suasana dan kenyamanan rumah pertama Anda. Untuk itu, perhatikan elemen pencahayaan mulai dari pilihan lampu meja, lampu-lampu di plafon hingga keberadaan lampu-lampu hias.

Adapun pencahayaan yang tepat dan cukup dipengaruhi oleh pemilihan bola lampu yang tepat, posisi atau penempatan lampu, jumlah lampu, warna lampu, serta juga ukuran bola lampu.

 

5. Rak-rak penyimpanan
Rak penyimpanan di ruang kerja, karya Erwin Kusuma, via Arsitag.com

Rak penyimpanan di ruang kerja, karya Erwin Kusuma, via Arsitag.com
Anda tentu ingin agar rumah pertama yang begitu istimewa ini tampak rapi dan bersih, bukan? Untuk itu, pertimbangkan untuk membeli rak-rak atau lemari penyimpanan.

Rak-rak atau lemari penyimpanan ini nantinya digunakan untuk menyimpan aneka koleksi Anda seperti buku-buku, dokumen, CD, dan benda-benda penuh kenangan lainnya.

Dalam memilih rak atau lemari penyimpanan ini, pertimbangkanlah desain, warna, dan ukurannya. Sebab, nantinya keberadaan tempat-tempat penyimpanan ini akan mempengaruhi interior dan suasana rumah secara keseluruhan.

 

6. Meja rias, tak hanya untuk merias diri
Dresser di Puri Matahari Residence, karya Helloembryo, via Arsitag.com

Dresser di Puri Matahari Residence, karya Helloembryo, via Arsitag.com
Keberadaan meja rias sering kali diabaikan dan dianggap bukan sebagai furniture penting untuk rumah pertama. Padahal, meja rias ini sangat dibutuhkan, lho. Tak hanya untuk menyimpan kosmetik dan peralatan rias saja tetapi juga untuk menyimpan aksesoris, perhiasan, dan koleksi barang fashion lainnya.

Tentu Anda perlu mempertimbangkan ukuran kamar tidur dan ukuran meja rias sebelum memutuskan untuk membeli. Sebab, nantinya meja rias ini akan ditempatkan di salah satu sudut kamar tidur. Pertimbangkan pula kesesuaian desain dan warnanya dengan nuansa kamar tidur agar kamar tidur tetap nyaman.

 

7. Tempat penyimpanan di kamar mandi
Tempat penyimpanan di kamar mandi, karya HelloEmbryo, via Arsitag.com

Tempat penyimpanan di kamar mandi, karya HelloEmbryo, via Arsitag.com
Sebagai pemilik rumah, Anda dituntut untuk kreatif dalam memilih dan meletakkan tempat penyimpanan di kamar mandi ini. Anda bisa memilih model rak melayang, meja berlaci, menambahkan ruang penyimpanan di bagian bawah wastafel, atau hanya memilih sebuah keranjang yang diletakkan di sudut kamar mandi. Tentunya, kebutuhan dan ukuran kamar mandi menjadi pertimbangan yang utama.

8. Karpet: hiasan sekaligus tempat bersantai
Karpet di ruang keluarga, foto oleh spacejoy, via unsplash.com

Karpet di ruang keluarga, foto oleh spacejoy, via unsplash.com
Keberadaan karpet bisa mengubah suasana rumah dalam sekejap. Cobalah memilih karpet berwarna netral untuk dipadukan dengan sofa yang colorful. Atau pilihlah karpet bermotif multiwarna untuk dikombinasikan dengan sofa polos.

Tak hanya mengubah dan mempercantik suasana rumah, karpet juga menawarkan tempat bersantai ekstra selain di sofa. Anak-anak pun bisa bermain dengan nyaman beralaskan karpet yang empuk.

Nah, dengan mengandalkan rekomendasi furniture penting untuk rumah pertama ini, kini waktunya Anda mulai berburu furniturfurnitur tersebut. Ingat, tak perlu tergesa-gesa memutuskan untuk membeli. Lakukan survei yang cukup untuk setiap furniture rumah pertama agar Anda mendapatkan furnitur terbaik dangan harga sesuai anggaran!