Ide Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana Cantik Untuk Hunian Mungil

Memperluas hunian dengan menambah lantai secara vertikal adalah pilihan yang bijak. Akan tetapi, kamu juga mesti bijak membuat desain tangganya. Jangan sampai karena desain tangga tidak space-saving, ruangan di bawahnya justru makin terlihat sempit.

Membuat desain tangga rumah sempit sederhana juga nggak bisa asal-asalan. Hal ini karena pada konsepnya tangga bukan hanya fasilitas untuk naik turun antar lantai, melainkan juga akan menentukan tampilan interior rumah.

Jadi, model apa saja, ya yang cocok jadi desain tangga rumah sempit sederhana? Nggak perlu bingung, berikut Kania punya 8 inspirasi desain tangga rumah sempit sederhana yang bisa kamu tiru!

Tanggal Spiral Paling Space-Saving

inspirasi desain tangga rumah sempit sederhana bentuk spiral1001trappen.nl

Kalau bingung mencari desain tangga rumah sempit sederhana dan merasa sudah mentok, pilihlah tangga spiral. Desain tangga rumah sempit sederhana yang satu ini sangat space-saving karena nggak butuh banyak area ruang untuk membuatnya. Hanya saja, tingkat kecuraman tanggal spiral sangat tinggi sehingga kurang bersahabat bagi anak kecil maupun lansia.

Tangga Tanpa Terminal

inspirasi desain tangga rumah sempit sederhana tanpa bordesmoneysavingexpert.com

Idealnya, tangga memiliki bordes atau area terminal di bagian tengah untuk menghindari kecuraman. Akan tetapi, adanya terminal juga membuat luas ruangan yang diperlukan untuk tangga tersebut jadi bertambah. Kalau luas ruanganmu memang benar-benar terbatas, kamu bisa membuat desain tangga rumah sempit sederhana tanpa terminal, di mana tiap anak tangga nggak harus memiliki bentuk persegi panjang yang sempurna, tapi juga bisa sedikit melengkung.

Tangga Serba Putih Minimalis

inspirasi desain tangga rumah sempit sederhana warna putih minimalisdekoruma.com

Permainan warna-warna cerah di hunian mungil sudah bukan rahasia lagi. Dengan warna yang terang seperti putih, akan tercipta ilusi ruangan yang lebih luas. Warna ini pun bisa dihadirkan lewat berbagai elemen, mulai dari dinding, lantai, furnitur, hingga tangga rumah.

Seperti ide desain tangga rumah sempit sederhana di atas, ruangan di hunian jadi terasa lebih plong. Apalagi jika didukung dengan pencahayaan alami yang masuk melalui jendela di dekat tangga. Bakal terasa homey banget!

Tangga yang Melayang

inspirasi desain tangga rumah sempit sederhana model melayangtrabczynski.com

Model tangga yang melayang merupakan salah satu desain tangga rumah sempit sederhana yang estetik dan sangat fungsional. Model tangga yang melayang bisa membuat ilusi ruangan menjadi lebih luas dan tidak ada kesan area khusus buat tangga.

Untuk rumah dengan konsep minimalis, Japandi, maupun Skandinavian, desain tangga yang melayang seperti ini bakal cocok banget diaplikasikan. Tertarik membuat model desain tangga rumah sempit sederhana yang satu ini?

Tidak Harus Ada Pegangan

inspirasi desain tangga rumah sempit sederhana tanpa peganganfrocestergroup.co.uk

Kebanyakan tangga memang memiliki railing tangga atau pegangan. Akan tetapi, untuk menciptakan desain tangga rumah sempit sederhana, fitur pegangan tangga ini bisa ditiadakan, lho.

Nggak ada pegangan tangga membuat tangga lebih menyatu dengan ruangan sehingga nggak ada kesan terbatasi dan ruangan pun terlihat lebih lega. Namun, ide desain tangga rumah sempit sederhana ini sebaiknya hanya diaplikasikan oleh kamu yang di huniannya tidak ada anak kecil atau lansia karena cukup berbahaya bagi mereka. 

Desain tangga rumah sempit sederhana yang tanpa pegangan mungkin akan membuat suasana tangga terasa lebih “kosong”. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memasang beberapa lukisan di bagian dinding tangga. Pilih saja yang gambarnya sesuai selera atau konsep desain interior rumah kamu. Misalnya, lukisan abstrak yang estetik. Dijamin desain tangga rumah sempit sederhana di hunianmu jadi lebih atraktif dan menjadi pusat perhatian!

Tangga dengan Railing Garis Vertikal yang Rapat

inspirasi desain tangga rumah sempit sederhana ala Japandidekoruma.com

Nah, kalau di hunianmu ada anak kecil ataupun lansia, model desain tangga rumah sempit sederhana yang satu ini sangat cocok diaplikasikan. Berbeda dari inspirasi sebelumnya yang tanpa pegangan, desain tangga rumah sempit sederhana ini justru dilengkapi railing yang ramah anak dengan garis-garis vertikal yang rapat. Dengan demikian, akan meminimalisir risiko si Kecil atau lansia terjatuh dan molos dari samping tangga. 

Tangga di Atas Ruangan

inspirasi desain tangga rumah sempit sederhana di atas area kerjahousing.com

Kalau rumahmu mungil, sebenarnya nggak usah terlalu pusing soal desain tangga rumah sempit sederhana. Buatlah tangga yang biasa-biasa saja, tapi coba tempatkan di atas ruangan atau area tertentu, misalnya berada di atas kamar mandi atau area kerja. Jadi, nggak ada istilah tangga tersebut menyita luas ruangan yang lain. Kamu pun bisa mencari beragam inspirasi desain ruang kerja, dapur, atau bahkan kamar mandi di bawah tangga supaya tampilan hunian tetap menawan secara keseluruhan!

Tangga Lurus Tanpa Menyandar di Dinding

inspirasi desain tangga rumah sempit sederhana yang kecil dan unikaucklandhomeshow.co.nz

Model tangga lurus dengan satu lajuan vertikal sampai ke atas juga bisa jadi desain tangga rumah sempit sederhana. Supaya lebih estetik, usahakan desain tangga rumah sempit sederhana ini nggak menyandar ke dinding. Konsep ini multifungsi karena bisa membuat tampilan ruangan lebih cantik sekaligus memberi kesan yang lapang karena tangga tersebut seolah-olah menjadi semi partisi yang membatasi antar ruangan, tanpa terkesan terlalu tertutup.

Ketika memilih desain tangga rumah sempit sederhana, jangan hanya terpaku pada luas ruangan yang terpakai untuk tangga tersebut. Pedulikan juga soal keamanan tangga untuk digunakan penghuni rumah. Kalau masih bingung menentukan desain tangga rumah sempit sederhana yang cocok untuk hunianmu, kamu bisa berkonsultasi dengan desainer interior Dekoruma, lho! Kami siap melayani jasa desain interior untuk di berbagai daerah, mulai dari Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, hingga desain interior Surabaya.

Selain itu, kamu juga bisa beli aneka jenis furnitur secara online di Dekoruma untuk melengkapi hunianmu. Beberapa di antaranya ada sofa, meja makan, rak TV, nakas, bean bag, troli dapur, kursi kerja, kasur, bahkan rak sepatu juga tersedia.