Inspirasi Contoh Denah Apartemen Terbaru

Mulai dari denah tipe studio 1 kamar, 4 kamar hingga apartemen berlantai dua ada semua di sini. Masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri.

Denah Apartemen 2 Lantai

denah apartemen 2 lantai Sumber : Pinterest

Pada denah apartemen ini, lantai kedua lebih bersifat privasi . Terdapat dua kamar tidur yang mendapat asupan cahaya dari dua jendela terpisah di sisi bangunan yang sama. Untuk memudahkan akses, posisi kamar mandi lantai dua diletakkan di dekat tangga.

Sementara lantai 1 memberikan keleluasaan bagi aktivitas terbuka, dengan penempatan ruang tamu atau ruang bersantai bagi keluarga di satu sisi dan tempat makan serta dapur di sisi yang lain. Anda bisa mengaturnya seefisien mungkin agar ruangan tidak terasa sempit dan masih leluasa untuk bergerak. Toilet juga tersedia di area bawah tangga, hal ini akan membuat privasi di lantai atas tetap terjaga.

Denah Apartemen Tipe Studio untuk Mahasiswa

denah apartemen tipe studio Sumber : Pinterest

Secara imajiner, denah apartemen tipe studio bisa diterapkan dengan membagi empat ruangan meskipun tidak dengan rasio yang seimbang. Bagian pertama ruang tamu atau tempat bersantai, kedua kamar tidur, ketiga dapur, keempat kamar mandi dan ruang penyimpanan.

Antara dapur dan ruang tamu tak perlu ada sekat penuh, cukup dengan partisi yang dapat berfungsi pula sebagai meja makan. Agar ruang tidak terasa pengap, pemilihan perabot juga mesti selaras. Tidak perlu memasang banyak furniture, karena hal tersebut dapat mengurangi kenyamanan.

Ruang cuci bisa ditempatkan di dekat balkon, sehingga tidak perlu membuat kamar mandi terasa sesak. Tempatkan beberapa tanaman di ruangan paling luas sehingga memberikan sentuhan kesegaran alami.

Denah Apartemen Keluarga Besar 4 Kamar

denah apartemen 4 kamar Sumber : Pinterest

Agar pembagian ruang menjadi efektif, bagilah denah apartemen ini menjadi dua bagian horizontal. Pada bagian memanjang yang satu dialokasikan khusus untuk kamar, sementara di bagian lain untuk dua kamar mandi, dapur, ruang makan, dan ruang bersantai.

Anda bisa memasang jendela pada setiap dinding kamar, sehingga tiap kamar mendapatkan cahaya dan sirkulasi udara dengan baik. Kamar mandi bisa ditempatkan di dua ujung horizontal mengapit dapur dan ruang bersantai.

Partisi antara dapur dengan ruang bersantai dapat dimanfaatkan sebagai meja makan. Dengan pengaturan yang baik, ruang bersantai dan dapur tetap dapat menjadi ruang aktivitas bersama yang cukup lega.

Denah Apartemen 3 Kamar untuk Keluarga

denah apartemen 3 kamar Sumber : Hunter Crossing

Pada rancangan ini, penempatan ruang-ruang tak sesederhana denah sebelumnya yang dialokasikan untuk 4 kamar. Namun, pada denah ini, tiga kamar tidur yang ada memperoleh ruang lebih banyak dengan sekat-sekat kecil dan mebel berukuran kecil.

Konsep lapang masih dapat dirasakan dengan memberikan satu titik pusat kegiatan, yakni ruang tamu atau ruang bersantai yang menjadi satu dengan meja makan. Jika perlu, pilih mebel dan barang-barang yang mudah digeser di ruangan tersebut. Tujuannya agar mudah dipindahkan jika butuh ruang lebih lapang untuk beraktivitas.

Namun, karena banyak sekat, akan tercipta lorong-lorong pendek yang sempit. Pada bagian itu, upayakan pencahayaan diatur dengan baik sehingga tidak mengganggu mobilitas di dalam ruangan.

Baca juga: Cari Apartemen di Jakarta? Ini 10 Pilihan Terbaik & Harganya

Denah Apartemen 1 Kamar Tidur

denah apartemen 1 kamar Sumber : dirumahku.com

Ini jenis apartemen yang lebih lapang dibandingkan depan tipe studio. Dengan rancangan yang pas dan presisi, Anda dapat memperoleh keleluasaan pada dapur dan ruang tamu. Agar gerak di dapur lebih leluasa, meja makan bisa ditempatkan di ruang tamu. Pengaturan ini memungkinkan kursi di ruang tersebut bertambah untuk menampung orang lebih banyak.

Kamar tidur, dapur, dan ruang tidur ditempatkan pada satu sisi yang sama sehingga ketiganya memperoleh akses ke balkon melalui pintu kaca. Pemakaian kaca pada pintu membuatnya dapat berfungsi sebagai jendela, menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Denah Apartemen 2 Bedroom

denah apartemen 2 bedroom Sumber : Pinterest

Tipe ini pas untuk keluarga muda. Dua kamar tidur mendapat porsi luas yang hampir sama, meski hanya satu yang memperoleh akses terhadap cahaya dari jendela.

Lalu, kegiatan keluarga dapat berlangsung di ruang tamu yang mendapatkan alokasi ruangan paling luas dibanding ruang-ruang lain, bersisian dengan ruang makan yang juga mendapat keistimewaan karena mendapatkan cahaya dari jendela.

Denah Apartemen Minimalis Mewah

denah apartemen minimalis mewah Sumber : Pinterest

Kemewahan tercipta lewat selera. Karena itu, ruang apartemen yang memiliki luas terbatas tetap bisa didesain dengan mewah. Kuncinya adalah penataan ruang dan pemilihan barang.

Penataan ruangan seperti dapur, ruang makan dan ruang tamu disusun tanpa sekat sehingga terasa seakan-akan berada di sebuah ruang luas. Beri sentuhan warna stylish pada bagian tersebut, perabot multifungsi, juga pemakaian panel kaca pada dinding.

Pengaplikasian lantai kayu, atau permadani yang dikombinasikan dengan lampu gantung kristal di ruang tamu juga memunculkan kesan lux. Tentunya, semua mesti didukung dengan tata cahaya mumpuni.

Denah Apartemen Loft

denah apartemen loft Sumber : Pinterest

Memiliki langit-langit tinggi, apartemen tipe loft memberikan area tambahan yang dapat dimanfaatkan untuk ruangan lain, misalnya kamar tidur. Dengan langit-langit tinggi pula, perputaran udara juga akan berlangsung lebih baik.