Keuntungan Rumah Hook Dibandingkan Rumah Lain

Jika Anda berencana untuk membeli rumah yang posisinya tepat di sudut jalan, maka beberapa keuntungan rumah hook berikut tak boleh dilewatkan.

Lebih Besar dan Lebih Luas

Rumah jenis ini umumnya memiliki ukuran lahan yang luas. Hal tersebut dikarenakan lahannya tidak dibatasi oleh dinding rumah tetangga. Dengan lahan yang besar, tentunya Anda dapat merancang tempat tinggal idaman tanpa batas.

Memiliki Lebih Banyak Lahan untuk Hiburan yang Menyenangkan

Dengan lahan yang cukup luas, Anda dapat memanfaatkannya untuk dijadikan tempat berkebun, olahraga atau tempat berkumpul keluarga.

Kemudahan Renovasi Rumah

Karena letaknya di sudut atau pojok jalan, maka Anda bisa melakukan renovasi tanpa mengganggu tetangga.

Sirkulasi Udara yang Lancar

Di kompleks perumahan yang berderet, udara hanya bisa masuk dari depan dan belakang rumah. Dengan dua sisi yang terbuka, sirkulasi udara akan lebih lancar.

Hemat Listrik dan Penerangan

Dengan lahan yang terbuka, tempat tinggal model hook jauh dari kesan sumpek. Dengan area samping dan depan terbuka, sirkulasi udara yang bagus dapat membawa hawa sejuk. Selain sirkulasi udara, cahaya alami juga lebih mudah masuk. Rumah jenis ini tidak membutuhkan AC atau lampu yang banyak, sehingga bisa hemat listrik dan penerangan.

Potensial sebagai Lokasi Bisnis

Dengan lokasi yang strategis, rumah berjenis hook memiliki potensi yang bagus sebagai lokasi bisnis skala kecil maupun besar. Anda dapat memulai berbagai jenis usaha seperti toko, warung makan atau juga perkantoran.

Nilai Investasi yang Semakin Naik

Harganya memang tinggi dan terus melambung karena lahan yang lebih luas. Maka dari itu, rumah tipe hook cocok dijadikan sebagai sebuah investasi dengan pangsa pasar dan permintaan yang tinggi. Anda juga bisa menyewakannya dengan harga yang cukup menguntungkan.

Kekurangan Rumah Hook

Setiap kelebihan selalu diikuti oleh kekurangan, tak terkecuali rumah tipe hook. Berikut adalah beberapa kekurangannya.

Area Rawan Kecelakaan

Karena lokasinya yang strategis di ujung ruas perumahan, rumah jenis hook lebih rentan kecelakaan. Namun, ini bisa dihindari dengan pagar yang cukup kuat.

Harga Rumah di Atas Rata-Rata

Lahan di ujung perumahan memang lebih mahal dibanding dengan rumah biasa karena ukuran lahannya cukup besar dibanding yang lain. Namun jangan terintimidasi dengan harga yang tinggi, karena ini adalah kesempatan investasi yang baik. Harganya akan terus naik sehingga Anda dapat menjualnya lagi dengan harga yang menguntungkan.

Tingkat Keamanan yang Rendah

Katanya, hunian di ujung perumahan lebih mudah kemalingan. Namun ini bisa dicegah dengan langkah-langkah seperti memasang CCTV dan pagar tinggi.

Mitos Rumah Hook Menurut Feng Shui

Bagi yang percaya dengan Feng Shui, rumah sudut atau hook seringkali dihindari. Ini karena posisinya dianggap kurang baik dan dipercaya dapat mengurangi keberuntungan pemiliknya.

Rumah hook menurut Feng Shui tidak memberuntungkan bagi pemiliknya karena huniannya memiliki 2 akses, sehingga hal tersebut mendorong rezeki mudah keluar. Namun, Feng Shui juga memberikan solusi kepada kelemahan tersebut. Untuk menambahkan energi Qi yang positif, water feature seperti air mancur bisa ditambahkan.

Contoh Desain Rumah Hook

Jika Anda sudah yakin untuk memiliki tempat tinggal model hook, maka desain-desain di bawah ini bisa menjadi inspirasinya.

Desain Rumah Hook 2 Lantai dengan Taman Zen

Desain Rumah Hook 2 Lantai dengan Taman Zen

Dengan lahan sisa yang cukup luas, Anda dapat membangun taman sesuai dengan tema. Di contoh ini, pemiliknya membangun taman Zen dengan Gaya Jepang.

Desain Rumah Hook 1 Lantai Gaya Modern Minimalis

Desain Rumah Hook 1 Lantai Gaya Modern Minimalis

Dengan lahan yang cukup besar, Anda bisa membangun segala macam gaya. Selain memanfaatkan lahan yang cukup besar untuk membuat taman, ukuran bangunan juga bisa dilebarkan. Seperti contoh di bawah ini yang memaksimalkan ukuran bangunan untuk akses mudah ke jalanan sehingga ada 2 akses ke dalam rumah. Membuat taman kecil pun masih cukup di desain rumah tipe hook 2 lantai ini.

Desain Rumah Hook 2 Lantai dengan Gaya Americana

Desain Rumah Hook 2 Lantai dengan Gaya Americana

Anda bisa mengatur denah rumah hook dengan macam-macam cara. Di contoh ini, lahan digunakan untuk membuat halaman rumput yang identik dengan gaya rumah Americana.