7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Rumah minimalis menjadi pilihan populer bagi keluarga Indonesia pada masa kini. Gaya minimalis tidak sekadar menekankan kesederhanaan, tetapi mengutamakan fungsi dari setiap elemen dan furnitur dalam sebuah rumah. Setiap sudut dan ruang dalam rumah minimalis dimanfaatkan supaya memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Rumah dengan 3 kamar tidur sangat ideal dihuni oleh keluarga kecil Anda. Jumlah tersebut sudah cukup untuk menampung enam anggota keluarga, di mana satu kamar bisa dihuni hingga dua orang.

Anda berencana membangun rumah impian sebagai tempat tinggal keluarga tersayang? Cobalah melirik deretan inspirasi denah rumah minimalis 3 kamar tidur ini sebagai referensi. Anda tidak perlu membangun rumah 2 lantai karena semua denah di artikel ini bisa memuat semua ruang penting dalam sebuah rumah.

1. Kamar yang Saling Bersebelahan
Kamar yang Saling Bersebelahan
Desain rumah ini sangat pas jika anak masih berusia kecil dan butuh pengawasan saat beraktivitas. Rumah ini memiliki tiga kamar tidur yang saling bersebelahan sehingga Anda tidak perlu berjalan jauh untuk mengawasi anak di kamarnya.

Ruang makan, dapur, dan ruang keluarga dibuat menyatu, sehingga seluruh anggota keluarga bisa menghabiskan waktu berkualitas di area tersebut.

Salah satu hal menarik dari desain rumah minimalis 3 kamar ini adalah ruang parkirnya yang dapat memuat 3 mobil. Jadi tidak perlu khawatir lagi jika banyak tamu yang datang ke rumah.

2. Kamar Utama di Ujung Rumah
Kamar Utama di Ujung Rumah
Pada desain ini, kamar tidur utama terletak di bagian paling ujung dan jauh dari dua kamar tidur lainnya. Posisinya berada di dekat ruang makan dan ruang keluarga, jadi Anda bisa langsung beristirahat tanpa harus berjalan jauh setelah mengobrol bersama anggota keluarga.

Denah ini cocok bagi Anda yang mendambakan nuansa kamar utama lebih intim dan jauh dari gangguan anggota keluarga lainnya. Kamar mandi utamanya juga terletak di dalam kamar, jadi privasi Anda dan pasangan tetap terjaga di sisi hunian ini.

3. Kamar untuk Tiga Anak
Kamar untuk Tiga Anak
Jika keluarga Anda terdiri dari tiga orang anak, salah satu kamar anaknya bisa dihuni oleh dua orang. Denah rumah 3 kamar ini menampilkan ruang belajar yang terletak di depan salah satu kamar anak, jadi mereka bisa mengakses ruang tersebut tanpa harus berjalan jauh.

Meskipun tidak ada space belajar di kamar, ruangan ini sudah cukup untuk memberikan nuansa tenang selama mengerjakan tugas.

4. Denah Rumah Sejajar
Denah Rumah Sejajar
Denah minimalis ini dapat diterapkan pada lahan kecil lantaran bentuknya yang sejajar. Posisi kamar tidur berada di ujung rumah, sedangkan dua kamar lainnya terletak bersebelahan di bagian samping.

Anda bisa memodifikasi kamar WC di denah ini menjadi ruang cuci dan setrika pakaian. Ukuran ruang keluarganya cukup luas, jadi anak akan lebih leluasa bermain di sana.

5. Denah Rumah Memanjang
Denah Rumah Memanjang
Desain rumah ini juga tidak rumit dan Anda bisa menerapkannya apabila memiliki lahan yang kecil. Ukuran dua kamar lainnya cukup luas, jadi bisa dihuni oleh dua orang anak.

Jika diperhatikan, ada area bertanda nook alias sudut di dekat pintu depan rumah. Sudut tersebut dapat dimanfaatkan untuk membangun area kerja untuk Anda. Gambar denah ini tidak memiliki ruang tamu, jadi Anda bisa menjamu mereka di ruang keluarga.

6. Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Berbentuk L
Denah Rumah Tiga Kamar Berbentuk L
Contoh desain rumah minimalis 3 kamar tidur ini sangat menarik, karena saling berdekatan satu sama lain. Hampir mirip dengan desain rumah minimalis 3 kamar di No. 4, karena sama-sama memiliki kamar tidur di ujung.

Perbedaan mencolok lainnya yaitu desain rumah ini memiliki ruang kerja khusus. Ruang kerjanya cukup jauh dari kamar utama, namun dekat dengan dapur. Inilah salah satu keuntungannya karena Anda tidak perlu jauh-jauh bolak balik ke dapur untuk mengambil minum atau makanan jika sedang lapar.

Selain itu, Desain rumah minimalis 3 kamar ini memiliki 2 kamar mandi. Salah satunya terletak di dalam kamar utama dan 1 lagi terletak di luar. Privasi Anda bersama pasangan dapat lebih terjaga dan tidak perlu khawatir jika ada tamu yang datang, karena mereka dapat menggunakan kamar mandi yang berada di luar kamar.

Dengan menerapkan desain ini, keluarga Anda akan semakin harmonis karena memiliki ruang keluarga yang cukup besar. Dengan demikian, akan menjadi tempat untuk berkumpul dan bersantai bagi anggota keluarga inti Anda.

7. Ruang Kerja dekat Tiga Kamar
Ruang Kerja dekat Tiga Kamar
Denah ini sangat pas bagi orang tua workaholic tetapi ingin menghabiskan waktu bersama anak ketika mereka sedang belajar. Anda bisa bekerja sekaligus mendampingi anak selama belajar di ruang office yang dekat dengan tiga kamar tidur.