7 Inspirasi Desain Rumah Kecil Agar Terlihat Lebih Luas

Kamu punya rumah berukuran kecil? Tapi tetap ingin tinggal nyaman dengan peletakan dekorasi rumah yang terorganisir? Hal ini pastinya jadi banyak impian semua orang, ya!

Jangan bingung! Dengan 7 inpirasi design rumah yang satu ini. rumah minimalismu akan terasa lebih luas dan nyaman. Penasaran? Langsung simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Lantas, Bagaimana Cara Menata Ruang Sempit Terlihat Luas?

Nah, daripada bingung, mari lihat tips menata rumah sempit jadi terlihat lebih luas berikut ini.

1. Pertimbangkan Konsep Ruangan Terbuka

Jika kamu memiliki rumah dengan area luas terbatas, cobalah menggunakan konsep ruangan terbuka tanpa banyak penyekat  di dalamnya. Soalnya, terlalu banyak ruangan dan sekat, justru akan membuat rumah jadi lebih sempit.

Namun, bila kamu tetap ngin membatasi ruangan satu dengan yang lain, cukup gunakan perabot. Misalnya, kamu ingin memberikan batas antara dapur dan ruang tamu. Nah, kamu dapat menggunakan sofa atau rak sebagai pembatas.

2. Gunakan Perabot Multifungsi

Perabot multifungsi menjadi salah satu solusi untuk menata ruangan sempit. Sebab, kamu dapat memaksimalkan fungsi dari beberapa perabot hanya dengan satu furnitur.

Sebagai contoh, kamu dapat menempatkan sofa tidur untuk duduk dan bersantai. Selain itu, kamu juga bisa meja yang dilengkapi tempat penyimpanan pada ruang tamu

3. Tambahkan Cermin

Penggunaan cermin rupanya mampu memberikan efek luas pada ruangan. Kamu bisa memilih cermin berukuran sedang hingga besar dengan warna senada tema ruangan untuk memberikan kesan yang harmonis.

Agar lebih menawan, gunakanlah cermin dinding dengan gaya dekorasi unik, seperti berikut ini.

4. Manfaatkan Penggunaan Rak Dinding

Daripada menambah lemari untuk menempatkan buku atau barang lainnya, kamu dapat memaksimalkan area dinding dengan memasang rak dinding, lho! Jadinya, hunian pun tampak lebih rapi tanpa adanya barang berserakan.

Namun, pilihlah rak dengan gaya minimalis, tetapi tetap cantik, seperti berikut ini.

5. Pasang Mezzanine

Jika rumah kamu memiliki atap yang cukup tinggi, kamu dapat mempertimbangkan untuk membangun mezzanine di dalam rumah.

Mezzanine ini nantinya dapat kamu gunakan untuk kamar tidur, ruang kerja, dan ruangan lainnya yang kamu butuhkan.

6. Gunakan Cat Tembok dengan Warna Cerah

Cat tembok dengan warna cerah seperti putih  dapat memberikan kesan lapang dan terang pada ruangan karena memantulkan cahaya.

Selain itu, cat ini dinilai cukup netral sehingga bisa dipadukan dengan berbagai jenis perabot.

7. Hindari Terlalu Banyak Hiasan Dinding dan Buat Jendela

Kamu suka memasang dekorasi dinding pada ruangan? Jika ya, sebaiknya hindari hal tersebut karena akan membuat ruangan terkesan penuh dan padat.

Alih-alih menggunakan dekorasi dinding, pasanglah jendela agar sirkulasi udara jadi lebih segar dan membuat ruangan tampak lebih luas.

Kemudian, kalau kamu tetap ingin menggunakan dekorasi dinding, pilihlah dekorasi berukuran kecil dengan desain minimalis supaya ruangan lebih menawan.

Nah, itu tadi beberapa tips menata ruangan berukuran sempit.