Inspirasi Desain Rumah Jepang Minimalis

Setelah mengetahui elemen-elemen penting dari rumah ala Jepang, sekarang saatnya Anda melihat beberapa inspirasi untuk diadaptasi ke hunian tercinta.

1. Rumah Jepang tradisional

rumah jepang tradisional

Rumah ala Jepang memiliki bentuk khas yang tidak bisa dilepaskan. Secara keseluruhan, desain Jepang tradisional menggunakan bahan kayu. Di contoh ini, beberapa elemen tradisional jelas terlihat, seperti koridor engawa dan atap miring yang lebar. Pintu shoji juga mengedepankan prinsip open space design yang ditemukan di gaya rumah tradisional.

2. Desain rumah Jepang kuno

rumah jepang kuno

Contoh desain ini menggunakan tipe atap irimoya-zukuri. Jenis atap ini memadukan atap hip dan gable untuk memberi kesan mewah. Jenis atap ini sering ditemukan di tempat penting seperti istana dan kuil Jepang. Desain ini bisa Anda temukan dalam film-film Jepang bertema kerajaan. Meski seringnya terbuat dari kayu, tapi Anda juga bisa membangun desain rumah bambu Jepang berkonsep rumah Jepang kuno seperti ini.

3. Desain rumah Jepang minimalis modern

rumah jepang minimalis modern Anda bisa memadukan elemen-elemen arsitektur Jepang dengan desain modern. Contoh desain ini memadukan koridor engawa dengan desain terbuka sehingga rumah tidak terkesan sumpek. Pintu geser shoji juga digunakan untuk menciptakan sirkulasi udara di rumah yang lancar. Mirip dengan desain rumah bambu Jepang namun versi masa kini, bukan?

Baca juga: 11 Desain Rumah Asri dan Sejuk: Hunian Nyaman Idaman

4. Desain rumah Jepang minimalis dengan loteng

rumah jepang minimalis dengan loteng

Rumah ala Jepang berkonsep minimalis modern ini menggunakan loteng untuk melihat pemandangan sekitar. Area atap yang melebihi area lantai dasar memberi atap untuk engawa gaya modern. Selain kayu, bahan beton juga bisa digunakan untuk gaya arsitektur Jepang modern.

5. Desain rumah Jepang Zen Garden

desain rumah jepang zen garden Anda bisa menerapkan prinsip-prinsip desain gaya Jepang dengan bahan dan gaya modern. Seperti contoh ini, denah rumah Jepang modern ini tetap mematuhi gaya tradisional Jepang. Elemen khas Jepang seperti koridor engawa, zen garden dan pintu geser shoji tetap ada namun dibuat dengan gaya modern.

6. Desain rumah Jepang minimalis berbahan beton

desain rumah jepang minimalis berbahan beton Jika Anda ingin membangun rumah Jepang di Indonesia, bahan beton lebih cocok dibanding bahan tradisional seperti kayu dan bambu karena beton tidak dipengaruhi oleh kelembaban iklim tropis Indonesia. Bahan kayu dapat mudah lapuk di iklim tropis dan memakan biaya pemeliharaan yang cukup tinggi. Desain ini juga terlihat modern dan unik, bagusnya lagi, rumah dengan bahan beton akan terkesan mahal dan mewah.