5 Tips Merawat AC Rumahan Agar Tetap Awet dan Dingin

Air conditioner atau yang lebih dikenal dengan AC merupakan alat untuk mendinginkan ruangan baik di perkantoran maupun di rumah.

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia pastinya membuat pemilik rumah memilih untuk memasang AC pada hunian mereka. Dengan adanya AC dapat membuat rumah menjadi dingin dan lebih sejuk sehingga aktivitas di rumah jadi lebih nyaman dilakukan.

Namun, tahukah kamu seringkali AC mudah rusak, tidak tahan lama, dan tidak dingin. Oleh karena itu, berikut ini Medcom.id merangkum tips merawat AC rumahan yang bisa kamu lakukan.

1. Rutin membersihkan filter AC

Jika kamu merasakan udara yang keluar dari AC sudah tak sedingin biasanya, maka itu bisa menjadi tanda AC di rumah kamu kotor. Hal ini biasanya terjadi karena masalah filter AC-nya yang kotor.

Nah untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan bagian filter AC ini. Bersihkan filter AC secara rutin minimal 1-2 bulan sekali. Debu yang menumpuk pada filter dapat menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC terganggu dan cepat rusak.

2. Jangan mengatur suhu dibawah 22 derajat celcius

Sebaiknya jangan sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat Celcius. Pemakaian di bawah 22 derajat Celcius dapat membuat mesin AC cepat panas.

3. Rutin membersihkan kumparan kondensor AC

5 Tips Merawat AC Rumahan Agar Tetap Awet dan Dingin

Cara merawat AC agar awet berikutnya adalah rajin membersihkan kondensor AC. Selain filter, kumparan AC juga perlu diperhatikan kebersihannya setiap tahun sebab debu juga kerap kali menumpuk di bagian ini. Debu yang menumpuk pada kumparan dapat mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas.

4. Servis AC secara berkala

Ini mungkin salah satu hal yang agak sulit jika kita kerjakan sendiri dan kita biasanya memanggil tukang service AC. Baiknya kamu melakukan cuci AC secara rutin selama 3 bulan sekali, sembari mencuci AC kamu bisa minta pada tukang service AC untuk memeriksa freon AC apakah sudah kosong, sudah perlu di isi kembali atau mungkin juga ada kebocoran.

5. Gunakan timer pada AC

Cara merawat AC agar awet pertama adalah rajin menggunakan timer. Gunakan fitur timer saat menyalakan AC sehingga barang elektronik ini dapat mati secara otomatis pada waktunya.

Demikianlah beberapa tips merawat AC agar tetap awet dandingin, hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah agar selalu matikan AC saat tidak digunakan. Selain dapat mengistirahatkan kompresor AC agar tidak cepat rusak, kamu juga sudah menghemat listrik. Selamat mempraktekkan, semoga tips ini bermanfaat!