Kesalahan saat pindah rumah. Ilustrasi: Shutterstock

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Pindah Rumah

Pindah rumah sangatlah melelahkan dan bisa membuat stres. Tak hanya butuh tenaga, pindah rumah juga memerlukan biaya yang tak sedikit.

Saat pindah rumah, ada banyak persiapan yang perlu dilakukan. Persiapan tersebut perlu dilakukan dengan baik agar proses pindah rumah berjalan lancar tanpa adanya penyesalan.

Ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan saat pindah rumah. Di bawah ini beberapa kesalahan yang bisa Anda hindari jika berencana pindah rumah.

Kesalahan saat pindah rumah

1. Tidak melakukan perencanaan

Pindah rumah merupakan hal besar yang sebaiknya Anda persiapkan dengan secara matang dan detail. Misalnya, saat pindah apakah Anda akan melakukan sendiri atau menggunakan jasa pindahan profesional.

etelah menentukannya, jangan lupa untuk mengalokasikan biaya pindah rumah. Jangan lupa untuk memastikan kendaraan yang digunakan saat pindah rumah, apakah kendaraan tersebut bisa memuat semua barang.

Selain itu, pastikan jika semua barang yang dibawa pindah telah tersusun dengan rapi dan tidak ada barang yang tertinggal.

2. Tidak sesuai anggaran

Sebelum memutuskan untuk memilih perusahaan jasa pindahan, sebaiknya Anda lakukan survei yang sesuai dengan anggaran. Hal ini akan membantu Anda membuat anggaran dan meminimalisir anggaran yang tidak dibutuhkan.

3. Tergesa-gesa

Saat pindah rumah, ada banyak hal yang perlu dikerjakan. Anda perlu membungkus semua peralatan dengan sangat teliti agar tak ada barang yang tertinggal di rumah lama.

Namun, banyak orang yang menyepelekan dan melakukannya di menit-menit terakhir sehingga proses pengemasan menjadi tidak terkendali.

Jika mencicil berkemas saat pindah rumah, Anda bisa memisahkan barang berdasarkan ruangan atau penghuninya.

4. Tidak membersihkan rumah baru

Membersihkan ruangan kosong akan lebih maksimal dibandingkan saat sudah terisi furnitur. Sebelum pindah ke rumah baru, pastikan bahwa Anda telah membersihkannya.

Anda perlu menyapu, mengepel, dan membersihkan dinding rumah. Pastikan bahwa rumah sudah bersih sebelum Anda menempatinya, meskipun Anda akan membersihkannya kembali setelah mengisinya dengan furnitur baru.

5. Tidak memeriksa kerusakan

Saat menemukan rumah baru, Anda cenderung menyukainya dari bagian fasad saja. Namun, pastikan bahwa rumah tersebut memiliki bangunan yang kokoh.

Ada banyak masalah yang tidak terdeteksi mata saat melakukan melihat rumah pertama kali, misalnya apakah rumah tersebut ada kebocoran, saluran air yang baik, atau masalah dengan rayap dan hama.

Jika tak memeriksanya dengan benar, hal tersebut  akan menjadi masalah dikemudian hari. Biaya perbaikan rumah bisa lebih mahal dari yang Anda perkirakan.