4 Hal Penting yang Wajib Banget Mengenai Desain Ruang Tamu Minimalis

1. Ruang tamu open space

Guna menghemat ruang dan memberi kesan lega dan lebih luas maka biasanya ruang tamu pada suatu bangunan bergaya minimalis akan dibuat menyatu dengan ruang keluarga. Dengan begitu desainnya adalah open space (ruang terbuka) tanpa dinding yang membuatnya menjadi satu kesatuan ruang.

Jika pun ada pembatas, maka itu hanya akan berupa rak pembatas atau dinding penyekat yang terbuat dari kayu/alumunium besi/tirai kain/hiasan plastik baik yang transparan atau tidak/susunan conblok/atau bahan yang membuat ruang terlihat luas lainnya. Jangan lupa sesuaikan dengan pilihan bahan dan warna furniture lainnya agar nampak serasi dan pilih yang sederhana minimalis.

2. Pilihan ukuran, model, warna kursi, dan meja ruang tamu

Pilih kursi sofa ruang tamu dan meja yang juga bergaya minimalis. Yakni yang lebih menonjolkan pada fungsi tanpa ornamen estetis yang terlalu banyak sehingga membuat kesan terlalu ramai. Pilih model yang sederhana, rapi, dan berkesan modern.

Bahan material dari kaca dan aluminum juga akan lebih mudah untuk menonjolkan gaya minimalis. Lalu selain model yang sederhana dan fokus pada fungsi, maka ukurannya juga tidak terlalu besar karena hanya memberi kesan tebal.

Usahakan juga agar sofa dan ruang tamu nampak ‘ringan’ dan tak membuat kesan ruang tamu menjadi terlalu penuh. Bisa juga Bunda menggunakan meja kaca dan pilih warna yang netral dan senada dengan warna dinding. Atau paling tidak samakan dengan warna interior perabotan lainnya.

3. Perabotan multifungsi

Selain bisa menghemat tempat, maka perabotan multifungsi juga menjadi ciri dari suatu gaya minimalis. Sehingga bisa memanfaatkan sofa yang pada bagian bawahnya bisa ditarik lalu menjadi laci tempat menyimpan majalah misalnya. Atau pilih sofa bed yang bisa juga difungsikan sebagai tempat tidur untuk tamu.

Kemudian alih-alih menggunakan meja sudut maka Bunda bisa memasang saja rak tinggi. Pilih juga meja yang bisa dilipat menjadi lebih ringkas saat tidak diperlukan.

4. Ukuran, model, warna, motif karpet

Guna menunjukkan kesan minimalis, maka jika Bunda mau memasang karpet yang akan menutup seluruh lantai ruang tamu, pilih karpet tak bermotif. Usahakan karpet bermotif polos dan warnanya natural, sesuaikan juga dengan warna dinding ruang tamu.

Namun, akan lebih baik jika memilih karpet dalam ukuran seluas meja tamu saja. Dan, pilih motif yang tidak terlalu ramai dengan warna yang natural sesuai warna sofa atau kursi tamu dan tanpa hiasan rumbai.

Bunda juga bisa memilih motif asimetris, bergaya modern, ataupun abstrak. Hal ini akan mampu menimbulkan kesan gaya minimalis modern.

Itulah antara lain hal yang perlu diperhatikan dalam memilih desain ruang tamu minimalis. Coba Bunda sesuaikan dengan rancang yang ada sekarang, adakah yang tidak sesuai dengan pakem di atas? (PK)