Banyak Taman

Alasan pertama orang mencari rumah dijual di Jakarta Selatan yang pertama adalah area Jakarta Selatan lebih adem dibandingkan wilayah ibu kota lainnya. Hal ini bisa jadi karena Jakarta Selatan memiliki banyak taman dan ruang terbuka hijau.

Tahukah Anda? Pengamat tata kota bernama Nirwono Joga bahkan pernah menyatakan bahwa Jakarta Selatan sebenarnya adalah kota yang kaya akan taman. Setidaknya ada kurang lebih sepuluh taman yang layak dikunjungi di kawasan ini.

Hal tersebut tentu berbeda jika dibandingkan dengan Jakarta Barat, Jakarta Utara, ataupun Jakarta Timur.

Menurut Nirwono, ada beberapa kriteria taman yang bisa dibilang layak kunjung.Taman yang layak kunjung sebaiknya memiliki aksesibilitas mudah (dekat dengan pemukiman penduduk) sehingga bisa diakses dengan jalan kaki setidaknya sepuluh menit dari rumah penduduk, terbuka 24 jam, memiliki sarana dan prasarana, komposisi taman yang 70 persennya adalah tanaman, dan kaya akan ekosistem. Kaya ekosistem maksudnya taman tersebut sebaiknya berisikan tanaman rimbun dan sehat.

Kawasan Elit dengan Konsep Kota Taman

Sejak awal kemerdekaan Republik Indonesia, area Jakarta Selatan sebenarnya termasuk dalam kawasan elit Ibukota Jakarta. Hal ini tampaknya terus menjadi ciri khas Jakarta Selatan sehingga membuat banyak orang mencari rumah dijual di Jakarta Selatan.

Tahukah Anda? Perumahan kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sudah dikembangkan sejak tahun 1914 oleh Pemerintah Belanda saat era penjajahan, maka area Kebayoran Baru merupakan perumahan tertua kedua setelah Menteng.

Konsep yang dipilih pun kota taman sebagai ruang terbuka hijau untuk public. Hal ini sejalan dengan konsep perumahan yang banyak digunakan oleh developer di era modern.

Zaenuddin HM dalam buku ‘212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe’ menyatakan bahwa area Jakarta Selatan, tepatnya Kebayoran Baru sudah didesain dengan konsep kota taman sejak tahun 1948. Kawasan ini dirancang oleh H.Moh. Soesilo selaku Arsitek pada tahun 1948.

Asal tahu saja, Soesilo merupakan murid Thomas Karsten. Karsten adalah Arsitek yang ikut merancang kota Bandung, Bogor, dan Malang pada masa penjajahan.

Kebayoran Baru pun dibangun dengan mengedepankan berbagai rumah yang dijual hingga pertokoan berdasarkan blok-blok (mulai dari Blok A hingga Blok S). Tak heran rasanya jika Kebayoran Baru pun berkembang pesat dan banyak orang mencari rumah dijual di Jakarta Selatan.

Pengembangan Jakarta Selatan pun berlanjut ke area Kemang. Pada masanya, warga asli Kemang banyak bekerjasama dengan investor agar area tersebut dibangun menjadi rumah untuk ekspatriat di Jakarta.

Tak hanya Kemang, pengembangan akhirnya berlanjut ke area Pondok Indah. Sejak dikembangkan oleh Pondok Indah Group, kawasan ini memang dirancang sebagai wilayah pemukiman mewah kelas menengah hingga kelas atas. Coba lihat saja, berbagai rumah dijual di Jakarta Selatan, tepatnya Pondok Indah didominasi oleh hunian berukuran besar dan megah, bukan?

Pusat Hiburan yang Hits

Jakarta Selatan bukan hanya menjadi kawasan adem nan elit yang diminati banyak orang, mereka mencari rumah dijual di Jakarta Selatan juga karena dekat dengan hiburan mulai dari pusat belanja hingga kuliner.

Tahukah Anda? Jika Anda bernostalgia pada beberapa tahun lalu di era 1980-an hingga 1990-an, kawasan Blok M dan Melawai merupakan pusat hiburan dan pusat belanja “paling gaul” di Jakarta.

Pondok Indah sendiri pun pernah dibuat sinetron bertajuk “Pondok Indah I” dan “Pondok Indah 2” yang dibintangi oleh Wulan Guritno, Sultan Syah, Jovanka Mardova, dan model Indonesia lainnya yang berkibar di masa itu. Ceritanya pun menampilkan pergaulan anak muda di tengah kawasan elit Jakarta Selatan, tepatnya Pondok Indah.

Tak hanya Pondok Indah, pusat hiburan di area Jakarta Selatan pun berkembang ke area Cilandak yaitu Cilandak Town Square (Citos), Pacific Place SCBD, Plaza Festival di Kuningan, hingga Kota Kasablanka.

Bagaimana dengan Kemang? Kemang tetap menjadi area hiburan dan destinasi kuliner yang ditujukan bagi segmen eksekutif muda dan ekspatriat.

Banyak hal yang bisa dicari di area Jakarta Selatan, apalagi jika dikaitkan dengan hiburan. Tak heran rasanya jika banyak orang, terutama keluarga muda, mencari rumah dijual di Jakarta Selatan atau apartemen dijual di Jakarta Selatan.

Infrastruktur Jakarta Selatan yang Lebih Terbilang Lengkap

Banyaknya orang mencari rumah dijual di Jakarta Selatan juga disebabkan oleh adanya infrastruktur atau transportasi publik yang bisa dibilang cukup lengkap.

Tahukah Anda? Transportasi publik di Jakarta Selatan tergolong “ramah”. Sebut saja mulai dari jalur transportasi bus, angkot, jalur kereta api listrik, hingga jalur MRT yang baru saja beroperasi sejak tahun 2020 lalu. Semuanya bisa Anda temukan di Jakarta Selatan.