Contoh Desain Rumah 2 Lantai Modern Minimalis ala Skandinavia
Rumah Skandinavia Sumber: sustainable9.com

Desain 2 lantai modern juga bisa mengambil inspirasi dari gaya Skandinavia yang tetap membawa ciri elegan tanpa meninggalkan unsur minimalis. Gaya tersebut mengambil inspirasi dari rumah-rumah di negara Denmark dan Swedia.

Desain Skandinavia mementingkan langit interior yang terang menggunakan cahaya alami. Warna dan aksen yang lembut juga biasanya diciptakan melalui penggunaan warna netral seperti pastel, coklat atau warna putih. Penggunaan warna-warna tersebut juga membuat langit interior terasa luas dan lega.

Desain Skandinavia mementingkan aspek minimalis untuk segala aspek desain rumah, dari tata letak sampai perabotan. Perabotan ala Skandinavia bergaya modern dan fungsional. Dengan warna yang lembut, interior dan perabotan akan menyatu dengan bagus.

Untuk desain rumah 2 lantai minimalis ala Skandinavia, Anda bisa menata denah sesuai kebutuhan dan tanpa kelebihan. Gunakan jendela luas untuk memaksimalkan cahaya alami dan kayu untuk memberi dinamika visual di desain tempat tinggal 2 lantai Anda.

Contoh Desain Rumah 2 Lantai Terbaik dengan Gaya Kubus
Rumah 2 Lantai Sederhana dengan Gaya Kubus Sumber: pinterest.com

Desain rumah 2 lantai sederhana gaya kubus memiliki kelebihan karena dia tidak membutuhkan lahan yang luas. Oleh karena itu, sifat kubus cocok untuk desain rumah 2 lantai di lahan yang sempit.

Karena memiliki bentuk kotak, maka penataan ruangnya pun menjadi lebih mudah. Di mana jika dikonsep dengan baik, rumah kubus akan menjadi indah setara dengan desain-desain lainnya.

Rumah kubus memiliki keuntungan pencahayaan matahari dari depan dan belakang, serta sirkulasi udara yang baik sehingga mampu membawa hawa sejuk. Untuk desain rumah kubus 2 lantai yang menerapkan prinsip minimalis, penggunaan lantai dapat dibagi sesuai dengan fungsinya.

Lantai atas bisa dipakai untuk ruang pribadi dan lantai bawah dapat digunakan sebagai daerah umum. Namun, usahakan lantai bawah memiliki ukuran lebih besar dibanding lantai atas sehingga bisa disisakan untuk teras.

Seperti gaya rumah lainnya, desain rumah sederhana gaya kubus juga dapat memanfaatkan ruang terbuka. Bagian depan bisa ditambahkan carport dan di belakang bisa dibuat sebuah taman. Taman juga bisa menangkap udara yang akan membuat ruangan bawah lebih sejuk. Satu keuntungan lagi adalah desain kubus juga membuat rumah terlihat lebih lapang.

Contoh Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Gaya Jepang
Rumah 2 Lantai Minimalis Gaya Jepang Sumber: pinterest.com

Masyarakat Jepang terkenal memiliki sifat rapi dan teratur yang juga terlihat di karya arsitektur mereka. Desain tempat tinggal 2 lantai minimalis memang sering datang dari Jepang, karena lahan yang semakin sempit memaksakan para arsitek di sana untuk menjadi lebih kreatif.

Seperti gaya Skandinavia, gaya Jepang juga mengedepankan prinsip minimalisme. Dengan lahan yang sempit, penataan ruang harus dimaksimalkan dan dibuat sesuai fungsinya.

Selanjutnya, desain rumah 2 lantai di lahan sempit dengan gaya Jepang memiliki fitur-fitur yang simpel, namun tetap stand out dan rapi. Arsitektur gaya Jepang kerap menggunakan perpaduan sentuhan klasik untuk membawa kesan tradisional. Kombinasi material kayu dan beton ekspos sering dipakai untuk memperkuat struktur bangunan model ini. Secara bentuk, desain bergaya Jepang menyederhanakan bentuk rumah dengan detail yang minim dan pembangunan di lahan sempit.