Inspirasi Gambar Desain Depan Rumah

Desain ini bisa Anda kreasikan dengan berbagai konsep, mulai minimalis hingga konsep klasik. Anda juga bisa membangun ruang ekstra untuk sekedar dijadikan lahan bersantai. Lihat referensi yang bisa Anda implementasi berikut ini!

Desain Depan Rumah Type 36

desain depan rumah type 36

Seperti yang kita tahu banyak type rumah yang dikategorikan berdasarkan ukurannya, salah satunya yaitu rumah type 36. Hunian tinggal yang punya luas bangunan 36 meter persegi ini bahkan menjadi salah satu jenis ukuran yang sangat umum di kalangan masyarakat Indonesia. Desain depan rumah type 36 bisa Anda model seperti yang ada pada gambar yaitu dengan menanam tanaman hias dan membangun tempat duduk kecil di sisi samping.

Ornamen Modern

desain depan rumah modern

Banyak konsep hunian yang bisa Anda tiru, salah satunya adalah modern. Dengan mengangkat konsep ini, rumah tinggal Anda bisa tampak kekinian. Salah satu desain depan rumah modern yang bisa Anda terapkan adalah dengan menambah perabot serba putih, aksen batu alam, dan pagar balkon dari kaca. Di samping itu buat atap dengan model flat roof untuk mempertegas bangun rumah.

Desain Depan Rumah ala Jepang

desain depan rumah gaya jepang

Hampir setiap negara di penjuru dunia punya ciri khas masing-masing dalam arsitektur tempat tinggal warga. Jepang merupakan salah satu negara yang punya ornamen khas seperti adanya zen (taman batu dan kolam ikan) pada halaman rumah, aksen kayu pada bangunan rumah, dan bentuk atap yang unik.

Tambahan Ruang Kaca untuk Bersantai

desain depan rumah dengan ruang tamu

Ada banyak model desain depan rumah yang bisa Anda modifikasi mulai dari pemilihan warna dinding hingga menambahkan ruang tambahan. Coba tiru inspirasi ruang kaca seperti gambar di atas. Dengan adanya ruang ini, Anda jadi punya lahan untuk menikmati waktu bersama keluarga. Selain itu, material kaca yang tampak modern juga bisa jadi nilai tambah estetika hunian.

Desain Depan Rumah Minimalis Modern

desain depan rumah minimalis modern

Konsep terbaik untuk dijadikan desain hunian adalah model rumah sederhana tapi indah dilihat. Salah satu aliran seni yang pas dengan penggambaran tersebut adalah konsep minimalis modern. Desain depan rumah minimalis modern bisa Anda terapkan dengan memperbanyak warna netral dan memainkan material kaca.

Bentuk Rumah ala Negeri Dongeng

desain depan rumah klasik

Apakah Anda penggemar cerita negeri dongeng? Bentuk bangunan hingga detail aksen bangunan tempat tinggal tokoh di negeri dongeng meninggalkan kesan spesial tersendiri bagi sebagian orang.

Jika Anda ingin menjadikannya inspirasi, coba terapkan permainan model atap kerucut. Selain itu, bangunan rumah bisa diberi aksen timbul menggunakan bata merah. Kombinasi yang pas seperti pada contoh di atas bisa membuat Anda dan keluarga serasa tinggal di istana fairytale.

Desain Depan Rumah khas Mansion

desain depan rumah mansion

Mansion adalah hunian yang mengutamakan kualitas terbaik pada pembangunan gedungnya. Segala komponen pelengkap rumah terlihat megah dan mewah. Model mansion tentu bisa Anda tiru, misalnya dengan membuat fountain atau kolam di depan rumah. Serta meninggikan plafon dan memperluas teras rumah demi memainkan ilusi agar rumah tampak lebih besar.

Veranda Depan Rumah

desain depan rumah dengan teras

Veranda atau beranda adalah ruang terbuka dengan atap yang biasanya dibangun di sisi samping atau depan rumah. Lahan tersebut bisa dijadikan tempat menikmati waktu senja bersama kerabat dan keluarga.

Model serupa juga bisa Anda temukan pada rumah adat suku Osing, Banyuwangi. Perlu diketahui, model ini tergolong langka. Sehingga pemerintah Banyuwangi setempat memutuskan desa Osing sebagai cagar budaya yang harus dilestarikan.

Rumah Bergaya Kontemporer

desain depan rumah kontemporer

Selain minimalis, seni arsitektur juga mengenal gaya kontemporer. Ciri dari konsep tersebut adalah adanya bukaan yang banyak demi mendapatkan pencahayaan alami. Model depan rumah kontemporer bisa Anda kreasikan dengan memperbanyak dan memperluas akses jendela. Selain itu gunakan warna yang netral demi mempertahankan nilai rapi dan bersih khas kontemporer.

Desain Depan Rumah 2 Lantai

desain depan rumah 2 lantai

Jika jumlah anggota keluarga banyak, hunian dua lantai mungkin lebih cocok bagi Anda. Sebab dengan adanya tambahan lantai tersebut, Anda bisa lebih leluasa menentukan penataan ruang dalam rumah.

Sedangkan desain depan rumah 2 lantai sendiri bisa Anda kreasikan dengan menambah teras seperti kebanyakan hunian lain. Jangan lupa juga untuk membangun balkon pada lantai dua. Jadi tidak perlu ke beranda di lantai bawah untuk sekedar mencari angin sambil duduk bersantai.

Trap Atap Rumah yang Unik

desain depan rumah unik

Cara lain untuk menerapkan desain depan rumah sederhana adalah bermain dengan trap atap. Modifikasi yang bisa dilakukan untuk pembuatan komponen atap rumah ini beragam. Salah satu contoh agar bentuknya tidak monoton, coba buat trap atap dengan model unik seperti pada gambar.

Gaya Mediteranian Cantik

desain depan rumah mediteranian

Konsep hunian yang satu ini mungkin cocok bagi Anda yang suka nuansa unik dari daerah Mediterania. Rumah tinggal klasik identik dengan dekorasi ukiran pada bangunan dan tambahan hiasan unik lainnya. Seperti pada gambar, Anda bisa membuat model yang sedikit berbeda pada dinding kusen pintu. Jangan lupa tambahkan pemanis lampu dan pohon peneduh agar nuansa negara tengah semakin terasa.

Desain Depan Rumah Sederhana

desain depan rumah sederhana

Sebagian orang mungkin tidak begitu peduli dengan eksterior depan hunian mereka. Namun bukan berarti pembuatannya bisa sembarangan hingga mengorbankan keindahan rumah sendiri. Desain depan rumah sederhana bisa diterapkan dengan memilih kusen jendela yang unik atau menambah tiang penyanggah pada pintu masuk. Selain itu, coba tuangkan kreativitas Anda dengan membuat halaman kosong di depan rumah menjadi taman yang lebih menarik.