Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik Menurut Feng Shui

Bagi Anda yang mempercayai Feng Shui, pengaturan tata letak dapur dan kamar mandi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari arah hadap hingga pemilihan warna cat dinding. Berikut telah Prospeku rangkum beberapa tips tata letak posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut Feng Shui.

1. Perhatikan arah hadap kamar mandi

Tips pertama untuk tata letak posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut Feng Shui adalah dengan memperhatikan arah hadap kamar mandi. Agar aliran dan aura dari ruang tersebut berjalan baik, penataannya harus tepat.

Unsur-unsur dalam kamar mandi pun perlu diperhatikan arah hadapnya, seperti arah hadap kloset sebaiknya tidak menghadap atau membelakangi jalan. Hal tersebut ditujukan supaya tidak menghambat rezeki, jika menurut Feng Shui.

2. Hindari posisi dapur dan kamar mandi saling berhadapan

Menurut ilmu Feng Shui, hindari untuk meletakkan dapur dan kamar mandi saling berhadapan atau berdekatan, sebab kamar mandi memiliki unsur air yang bisa memadamkan unsur api pada dapur.

Jika Anda memiliki hunian 2 lantai, hindari pula area dapur yang langsung bersentuhan dengan kamar mandi atau kamar tidur di atasnya. Berikan jeda atau pembatas agar kedua ruang tersebut tidak berdekatan.

Hal tersebut dipercaya kurang baik untuk kesehatan dan keharmonisan keluarga. Namun, jika sudah terlanjur memiliki gambar posisi dapur dan kamar mandi berdekatan, Anda dapat menyiasatinya dengan selalu menutup pintu kamar mandi secara rapat.

Baca juga: Rumah yang Bagus Menghadap Kemana? Begini Menurut Feng Shui

3. Dapur tidak berhadapan langsung dengan pintu masuk

Hal lain yang dipercaya tidak baik untuk keharmonisan pasangan atau keluarga menurut Feng Shui adalah tata letak dapur di depan pintu masuk ruang utama. Itulah sebabnya saat ini banyak desain perumahan dengan letak dapur berada di area belakang rumah.

Selain dipercaya untuk menjaga keharmonisan, peletakan dapur tidak di depan pintu masuk juga akan mengurangi tampilan kurang baik dari dapur saat dipakai memasak.

Namun, pastikan dapur Anda tetap bersih ya, meskipun diletakkan di area belakang hunian. Karena menurut ilmu Feng Shui hal ini juga dipercaya akan lebih mendatangkan energi positif.

4. Dapur tidak berada di tengah hunian

Tips selanjutnya untuk mengatur tata letak posisi dapur dan kamar mandi yang baik adalah tidak menempatkan dapur di area tengah hunian. Sebab, menurut Feng Shui, area tengah rumah layaknya jantung pada manusia.

Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan area tengah rumah dengan ruang keluarga, sementara dapur bisa dipindah ke area belakang. Jika dipikir secara logika pun, penempatan dapur di tengah rumah relatif berbahaya karena identik dengan elemen api.

5. Pisahkan kedua elemen api dan air di dapur

Dapur memiliki dua elemen sekaligus, yaitu api dan air. Elemen air yang dimaksud adalah seperti tempat cuci piring atau kulkas, sedangkan elemen api yakni kompor. Menurut ilmu Feng Shui, sebaiknya kedua elemen tersebut dipisah.

Kalau memungkinkan, usahakan elemen api dan air membentuk segitiga. Bila ruangan terbatas, Anda bisa menyiasatinya dengan berseberangan atau memasang partisi. Hal ini dipercaya untuk menghindari adanya perselisihan di antara penghuni di dalamnya.

6. Gunakan warna cerah pada dapur

Selain pemisahan elemen api dan air pada dapur, Anda juga bisa memanfaatkan warna-warna cerah untuk interior dapur, seperti warna cat dinding, kitchen cabinet, peralatan masak, dan sebagainya.

Menurut Feng Shui, salah satu warna cerah terbaik yang disarankan adalah warna kuning, sebab dipercaya baik untuk kesehatan pencernaan dan kegembiraan.

Baca juga: 14 Model Dapur Minimalis Modern Terbaik, Sederhana nan Cantik

7. Jauhkan posisi kamar mandi dengan tempat tidur

Menurut ilmu Feng Shui, kamar mandi memiliki elemen air dan kamar tidur mewakili elemen udara. Maka dari itu, sebaiknya jauhkan posisi kamar mandi dengan kamar tidur Anda. Sebab bila berdekatan, ini dipercaya dapat mengganggu kenyamanan Anda.

Selain itu, kamar mandi yang mewakili elemen air cenderung membuat kamar tidur menjadi lembab dan akibatnya bisa mengganggu kualitas kesehatan kamar Anda.

8. Pahami ketentuan letak kamar mandi di bawah tangga

Tips berikutnya untuk tata letak posisi dapur dan kamar mandi yang baik adalah hindari meletakkan kamar mandi di bawah tangga, sebab menurut Feng Shui hal tersebut kurang baik.

Namun, jika Anda terlanjur memanfaatkan bawah tangga sebagai kamar mandi, maka Anda dapat menggunakan warna-warna cerah pada tangga serta dinding sekitarnya dan pastikan untuk selalu menutup pintu kamar mandi.

Pastikan juga sirkulasi udara serta sistem pencahayaan kamar mandi dan tangga benar-benar baik, ya.

9. Jauhkan posisi kamar mandi dengan tempat ibadah

Hampir semua agama menganggap kamar mandi sebagai ruang yang cenderung kotor dan mempunyai energi kurang baik. Oleh sebab itu, hindari meletakkan kamar mandi berdekatan bahkan bersebelahan dengan tempat ibadah.

Bagi Anda yang beragama Islam, sebaiknya hindari juga penempatan kamar mandi pada arah kiblat, sebab memang kurang sesuai kode etik. Pun menurut Feng Shui penempatan kamar mandi berdekatan dengan ruang ibadah perlu dihindari.

10. Perhatikan letak kamar mandi di lantai atas

Tips terakhir untuk tata letak posisi dapur dan kamar mandi yang baik menurut Feng Shui adalah memperhatikan penempatan kamar mandi di lantai atas, sebab hal ini dipercaya berpengaruh pada kesehatan dan keharmonisan keluarga Anda.