Kolam Ikan Minimalis Modern

kolam ikan minimalis modern

Sumber: pinterest (architectureartdesigns.com)

Hingga saat ini, konsep hunian minimalis modern masih banyak diminati. Berbagai penerapan interior dan eksterior tempat tinggal banyak mengangkat konsep yang satu ini. Contoh kolam ikan minimalis modern bisa diterapkan dengan memilih bentuk kolam yang sederhana dan tidak menambahkan begitu banyak dekorasi lainnya lagi. Dalam arti lain, desain dibuat ‘sebersih’ mungkin.

Dekorasi Batu Alam

kolam ikan batu alam

Sumber: pinterest (sanvuonadong.vn)

Pada umumnya, orang-orang akan menambahkan berbagai penghias tambahan di pinggiran kolam untuk sekedar menonjolkan keberadaan kolam ikan. Berbagai dekorasi tersebut berasal dari macam-macam bahan konstruksi, salah satunya adalah batu alam. Dengan menambahkan aksen batu alam pada bingkai kolam, dijamin rumah terasa lebih asri. Karena harus terus beririsan dengan air kolam, maka ketahanannya harus diantisipasi dengan baik. Sehingga pastikan jenis batu yang digunakan bersifat tidak mudah lapuk.

Jembatan sebagai Pembatas Kolam

jembatan kolam ikan

Sumber: pinterest (tendencee.com.br)

Contoh kolam ikan minimalis yang itu-itu saja tentu dengan mudah meninggalkan kesan membosankan. Sebab itu, coba tambah aspek yang bisa mempercantik kolam seperti jembatan pembatas. Pada umumnya, jembatan terbuat dari bahan kayu. Namun jangan khawatir, Anda bisa memodifikasinya sesuai selera Anda agar senada dengan nuansa kolam pada hunian.

Kolam Ikan Minimalis berbentuk Akuarium

kolam ikan akuarium

Sumber: pinterest (sanvuonadong.vn)

Kolam ikan tidak melulu berupa cekungan air yang sejajar dengan tanah, Anda bisa mengubah bentuknya menjadi seperti akuarium. Seperti yang tertera pada contoh kolam ikan minimalis di atas, buat akuarium setinggi kurang lebih satu meter untuk jadi tempat tinggal ikan hias yang Anda pelihara.

Model kolam ikan minimalis yang satu ini terbilang unik. Karena material yang umum digunakan adalah kaca, jadi Anda bisa melihat ikan dari sisi tepi kolam. Jika dibandingkan kolam yang terbuat dari kerukan tanah, akuarium lebih tahan lama. Sebab kaca cenderung lebih mudah dibersihkan dan tidak akan mengalami pelapukan.

Dekorasi Halaman Samping Rumah

kolam ikan samping rumah

Sumber: pinterest (alleideen.com)

Contoh kolam ikan minimalis pada hunian tidak hanya dijadikan interior, tetapi juga bagian dari eksterior. Misalkan Anda bisa membuatnya sebagai dekorasi pada halaman samping rumah. Dengan begitu, tempat ini bisa dijadikan pojok bersantai dengan keluarga di sore hari sambil meminum segelas teh.

Baca juga: Desain Halaman Rumah Minimalis – Fungsi, Tips, dan Ide

Tambahan Kursi sebagai Tempat Bersantai

kursi kolam ikan minimalis

Sumber: pinterest (web.archive.org)

Masih sebagai tempat bersantai, akan lebih nyaman jika lahan di samping kolam diisi dengan sepasang kursi. Berbagai model kursi bisa Anda pilih seperti kursi pantai berbahan kayu atau sandbag sekalipun. Dengan adanya kursi, Anda dan anggota keluarga lain tidak perlu khawatir akan mengotori pakaian saat bersantai di tepi kolam.

Batu Tapakan Kaki

kolam ikan minimalis

Sumber: pinterest (architectureartdesigns.com)

Jika tidak ada lahan lebih namun ingin tetap ada akses ke tengah kolam, Anda bisa mengakalinya dengan menerapkan desain yang satu ini. Cara membuat kolam ikan minimalis sesuai contoh adalah dengan membangun tapakan kaki pada tengah kolam. Meskipun terlihat ‘melayang,’ ada pondasi yang berfungsi sebagai tatakan dasar batu penapak tersebut.

Kolam Ikan Minimalis Besar dan Abstrak

kolam ikan besar

Sumber: pinterest (nitrocdn.com)

Bulat atau bundar adalah bentuk yang umum muncul di benak kebanyakan orang ketika kita berbicara tentang kolam. Namun jangan salah, bahkan model kolam ikan minimalis bisa berbentuk apa saja bahkan abstrak sekalipun.

Seperti yang terlihat pada gambar, kolam berukuran besar tersebut punya bentuk yang tidak beraturan. Model ini mungkin cocok bagi Anda yang berkepribadian unik dan tidak ingin menerapkan desain yang monoton.

Dekorasi Tengah Rumah

kolam ikan tengah rumah

Sumber: pinterest (beautyandthemist.com)

Selain menjadi dekorasi halaman samping atau belakang rumah, Anda juga bisa menaruh kolam ikan pada bagian tengah rumah. Dengan begitu selain jadi tempat memelihara ikan, lahan kolam berada bisa jadi ruang terbuka tambahan yang memisahkan bagian depan dan tembok belakang hunian.

Baca juga: 11 Desain Taman dalam Rumah yang Minimalis, Buat Hunian Asri!

Kolam Ikan Persegi

kolam ikan minimalis simetris