1. Pot Bunga

vas bunga dari botol bekas

Pot bunga adalah salah satu benda yang bisa dihasilkan dari memanfaatkan barang bekas di rumah. Contohnya saja dengan menggunakan botol bekas minuman kemasan. Bahan plastik atau kaca transparan juga bisa disulap menjadi pot bunga tanpa mengurangi estetika hunian.

Dengan membuat kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat ini Anda juga ikut berpartisipasi mengurangi pencemaran tanah. Karena seperti yang kita tahu, plastik membutuhkan waktu ribuan tahun untuk benar-benar terurai dengan tanah.

2. Preloved

flea market

Pernah mendengar thrift shop atau toko yang menjual barang preloved? Jenis bisnis ini memanfaatkan barang bekas di rumah yang masih layak jual untuk ditawarkan kepada orang-orang yang berpotensi menjadi pembeli.

Misalkan Anda punya baju yang masih bagus tetapi sudah tidak dipakai lagi karena ukurannya yang terlalu kecil, Anda bisa menjualnya dengan membuka bisnis online thrifting pada Instagram. Kemudian, jika mempunyai barang elektronik seperti handphone second, bisa Anda tawarkan lewat e-commerce.

Baca juga: 12 Cara Menghemat Listrik di Rumah yang Bisa Kurangi Tagihan

3. Makeover Barang Lama

kotak bumbu dapur

Kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat selanjutnya merupakan bentuk makeover barang-barang lama/tua di rumah. Jika Anda punya rasa kreativitas tinggi, dengan memanfaatkan barang bekas di rumah Anda dapat memodifikasinya terlebih dahulu sebelum dijual atau digunakan kembali.

Misalkan saja kayu bekas renovasi yang menganggur bisa dijadikan tempat garam seperti yang ada pada gambar. Untuk membuat storage yang satu ini, Anda hanya perlu memotong kayu sesuai ukuran yang diinginkan dan mengeratkannya dengan lem kayu.

Selain itu, misalkan Anda punya banyak koran yang sudah dibaca di rumah. Cobalah membuat kreasi dengan memilin kertas koran tersebut, kemudian menyusunnya hingga menjadi tempat pensil atau storage kecil lainnya. Barang-barang yang telah dimakeover tersebut bisa Anda jual jika punya nilai unik dan beda dari produk secondhand lainnya.

4. Kotak Penyimpanan

storage jar

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan barang bekas di rumah menjadi kotak penyimpanan. Bagaimana caranya? Beberapa dari Anda mungkin pernah membeli barang elektronik dengan ukuran besar dan membiarkan kardus kemasannya di gudang begitu saja. Namun jangan salah, kotak tersebut bisa Anda fungsikan untuk menyimpan barang yang lain.

Contoh kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat lainnya adalah pot kaca bekas selai. Jika Anda membeli selai kemasan, bentuk package produk tersebut seringkali berupa jar berbahan kaca. Nah, kemasan tersebut bisa Anda gunakan kembali menjadi tempat bumbu dapur seperti yang ada pada contoh gambar.

5. Taplak Meja

taplak meja

Selain menjual baju tak terpakai menjadi barang preloved, barang ini juga bisa Anda kreasikan sebagai taplak meja. Hingga saat ini kita mengenalnya dengan kreasi kain perca. Potongan-potongan kain tidak terpakai yang umumnya memiliki motif berbeda bisa dikreasikan menjadi berbagai kerajinan seperti taplak meja. Dengan begitu Anda bisa menghasilkan karya yang unik.

6. Kotak Tisu

tempat tisu plastik bekas

Kotak tisu adalah barang lain yang biasanya langsung dibuang jika telah tidak dipakai lagi. Seperti yang kita tahu, kebanyakan kotak tisu kemasan berbahan kardus atau karton tipis. Banyak benda bermanfaat lain yang bisa dihasilkan dari kotak tisu ini.

Jika Anda mau memanfaatkan barang bekas di rumah yang satu ini, kardus yang telah selesai dipakai tersebut bisa dijadikan hiasan. Anda bisa mengkreasikan kertas kardus, lem, dan pensil warna menjadi tempat penyimpanan lainnya.

7. Kerajinan Tangan

kerajinan tangan barang bekas

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa memanfaatkan barang bekas di rumah bisa menghasilkan kerajinan tangan. Beberapa contoh handicraft yang umum dibuat dari barang bekas adalah gantungan kunci, tempat tisu, dan hiasan lainnya.

Seperti contoh sebelumnya, kerajinan tangan ini juga bisa jadi ajang mencari pendapatan tambahan. Sehingga selain sampah di rumah berkurang, uang pendapatan rumah tangga juga akan meningkat.

Baca juga: Praktis! 15 Cara Mengecat Tembok Mudah Anti Belepotan

8. Botol Bekas Sabun Cair

botol bekas sabun cair

Apakah Anda pengguna sabun cair di rumah? Botol kemasan sabun cair bekas pakai adalah salah satu barang yang bisa Anda manfaatkan kembali. Pada umumnya, masyarakat akan menggunakannya kembali dengan membeli refill sabun dan mengisinya pada botol tersebut. Namun jika sudah tidak digunakan kembali, Anda bisa mengalihkan fungsinya menjadi botol penyiram tanaman.

9. Kreasi Sisa Bongkahan Ubin

kreasi pecahan ubin

Setelah membuat rumah, seringkali ada ubin lantai yang tersisa. Pada umumnya, orang akan membuangnya begitu saja. Namun tahukah Anda sampah yang satu ini bisa menghasilkan karya yang mampu mengangkat estetika rumah, misalnya dengan menyusunnya bagai puzzle pada dinding rumah. Bentuk pecahan ubin yang cenderung abstrak bisa jadi pemanis tembok hunian yang unik.

10. Karton Tempat Telur

karton telur

Biasanya jika Anda beli telur pada tempat grosir, akan diberikan tempat karton telur itu juga. Tidak jarang orang yang memanfaatkan karton tempat telur ini menjadikannya beberapa kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat serta digunakan untuk beberapa keperluan seperti tempat penyimpanan atau sekedar dekorasi saja. Di samping itu, karton telur ini juga bermanfaat sebagai pupuk tanaman. Karena itu, usahakan untuk tidak langsung membuang barang bekas yang satu ini.